KISI-KISI MATERI PPG DALAM JABATAN KEMENAG TAHUN 2022 MATA PELAJARAN IPA
KISI-KISI MATERI PPG DALAM JABATAN KEMENAG TAHUN 2022MATA PELAJARAN IPA
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
a |
b |
c |
d |
e |
1. |
Pedagogi |
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual. |
Memahami karakteristik
peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya. |
Mengaitkan aspek intelektual peserta didik dengan pemilihan skenario pembelajaran IPA. |
2. |
Pedagogi |
|
Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu |
Menentukan bekal ajar awal peserta didik untuk membelajarkan salah satu topik IPA. |
3. |
Pedagogi |
|
Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu |
Menentukan kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA berdasarkan contoh kasus. |
4. |
Pedagogi |
Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik. |
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu. |
Menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat pada salah satu topik IPA. |
5. |
Pedagogi |
|
|
Menerapkan strategi pembelajaran yang yang tepat pada salah satu topik IPA. |
6. |
Pedagogi |
|
|
Menerapkan metode pembelajaran yang tepat pada salah satu topik IPA. |
7. |
Pedagogi |
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan
mata pelajaran yang diampu. |
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu. |
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai berdasarkan kegiatan pembelajaran IPA yang dilakukan. |
8. |
Pedagogi |
|
Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. |
Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran. |
9. |
Pedagogi |
|
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian |
Menganalisis kebutuhan bentuk instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator salah satu Kompetensi Dasar (KD). |
10. |
Pedagogi |
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik. |
Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. |
Mengaplikasikan salah satu prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik. |
11. |
Pedagogi |
|
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap,
baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. |
Merancang langkah pembelajaran yang lengkap dan baik dengan menggunakan salah satu model pembelajaran. |
12. |
Pedagogi |
|
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu |
Menentukan jenis media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik salah satu materi pelajaran IPA. |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
a |
b |
c |
d |
e |
|
|
|
untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh |
|
13. |
Pedagogi |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu. |
Menerapkan salah satu jenis teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan
dalam pembelajaran IPA. |
14. |
Pedagogi |
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan
berbagai potensi yang dimiliki. |
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya |
Merancang kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan
kreativitas peserta didik. |
15. |
Pedagogi |
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. |
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun
secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru terhadap respons peserta didik, dan seterusnya. |
Mengaplikasikan langkah pembelajaran yang membangun kondisi psikologis peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. |
16. |
Pedagogi |
|
|
Mengaplikasikan langkah pembelajaran sesuai respons peserta didik terhadap ajakan guru. |
17. |
Pedagogi |
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. |
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu. |
Mengaplikasikan salah satu prinsip penilaian dalam pembelajaran IPA. |
18. |
Pedagogi |
|
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu |
Menentukan aspek-aspek keterampilan yang penting untuk dinilai sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan. |
19. |
Pedagogi |
|
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar. |
Mengembangkan instrumen penilaian aspek sikap sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan. |
20. |
Pedagogi |
|
|
Mengembangkan instrumen penilaian aspek keterampilan sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan. |
21. |
Pedagogi |
|
|
Mengembangkan instrumen penilaian aspek pengetahuan sesuai dengan tujuan pembelajaran. |
22. |
Pedagogi |
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan |
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. |
Merancang program remedial berdasarkan data hasil penilaian yang diperoleh peserta didik. |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
a |
b |
c |
d |
e |
|
|
pembelajaran. |
|
|
23. |
Pedagogi |
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas
pembelajaran. |
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. |
Merumuskan masalah
penelitian tindakan kelas berdasarkan hasil penilaian pembelajaran. |
24. |
Pedagogi |
|
Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu. |
Merancang prosedur penelitian tindakan
kelas berdasarkan contoh permasalahan. |
25. |
Profesional |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai
bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran |
Menjelaskan prosedur pengukuran berbagai besaran turunan. |
26. |
Profesional |
|
Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai
bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar (baku) dalam pengukuran |
Mengklasifikasikan besaran fisika yang termasuk kelompok besaran vektor. |
27. |
Profesional |
|
Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup sebagai bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati. |
Menentukan kriteria pengelompokkan makhluk hidup. |
28. |
Profesional |
|
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel. |
Mengidentifikasi komponen penyusun sel |
29. |
Profesional |
|
Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel |
Membedakan struktur sel prokariotik dan eukariotik. |
30. |
Profesional |
|
Memahami karakteristik
zat, serta perubahan fisika dan kimia pada zat yang dapat dimanfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. |
Mengklasifikasikan zat berdasarkan
sifatnya. |
31. |
Profesional |
|
|
Menentukan sifat asam basa dari bahan-bahan kimia sehari-hari menggunakan indikator alam atau buatan. |
32. |
Profesional |
|
|
Menjelaskan gejala-gejala yang menyertai reaksi kimia. |
33. |
Profesional |
|
Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan,
transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan,
dan fotosintesis |
Menganalisis transformasi energi yang terjadi pada suatu benda |
34. |
Profesional |
|
|
Menjelaskan tahapan proses respirasi
sampai menghasilkan |
Post a Comment for "KISI-KISI MATERI PPG DALAM JABATAN KEMENAG TAHUN 2022 MATA PELAJARAN IPA"