Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Olahraga
Contoh Soal 2 Pretes
PPG KEMENAG 2022 Guru Olahraga
Assalamualaikum, salam sukses Sahabat Kerang., pada
postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Olahraga 2022 dan Kunci
Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok
digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).
Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena
keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa soal dan akan repost kembali di
waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu hehe. Berikut ini soalnya
Kerang bagikan.
1.
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral
dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang
bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional.
Dengan demikian seyogyanya dalam tujuan pembelajaran penjas guru PJOK sebaiknya
lebih fokus pada .....
A.
Orientasi penilaian pada proses pembelajaran
B.
Orientasi penilaian pada Hasil pembelajaran
C.
Orientasi penilaian pada aktivitas gerak
D.
Orientasi penilaian pencapaian prestasi olahraga
E.
Orientasi penilaian pada sikap dan keterampilan
2.
Pendidikan jasmani merupakan bagian integral
dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani
sedangkan pendidikan olahraga adalah …
A.
Suatu Aktifitas yang besifat kompetitif
B.
Aktifitas pembelajaran jasmani
C.
Aktifitas motorik-motorik
D.
Pendidikan jasmani
E.
Pendidikan karakter yang mengutaman hasil.
3.
Pendidikan jasmani adalah disiplin yang
berorientasi tubuh atau fisik manusia, di samping berorientasi pada disiplin
mental dan sosial, hal ini sesuai dengan orientasi pendidikan jasmani sesuai
....
A.
Landasan sosiologis dalam pendidikan jasmani
B.
Landasan etimologis dalam pendidikan jasmani
C.
Landasan psikologis pendidikan jasmani
D.
Landasan biologis bagi pendidikan jasmani
E.
Landasan emosional bagipendidikan jasmani
4.
Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan
untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya
dalam aneka aktivitas jasmani, merupakan salah satu tujuan pendidikan jasmani. Berikut
contoh bentuk ativitas yang dapat diterapkan adalah ....
A.
Sebagai anggota tim sepak bola memberikan
kontribusi strategipermainan jika instrusikan.
B.
Melakukan latihan memanah dengan sungguh-sungguh
jika dimasukkandalam tim panahan.
C.
Sebagai anggota tim futsal, berpartisipasi
aktif, menggunakanketerampilan bermain, menerapkan strategi, dan semangat dalam
permainan kasti .
D.
Melaksanakan sungguh-sungguh kegiatan latihan
dalam tim sepak bola bila diamati oleh guru.
E.
Berpatisipasi aktif dalm kegiatan ektrakurikuler
bela diri pencak silat
5.
Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian
menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan
jasmani pada prinsipnya merupakan ….
A.
Pendidikan olahraga yang dilakukan oleh
masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai
dengan kondisi dan nilai budaya
B.
Pendidikan olahraga yang membina dan
mengembangkan olahragawan secara terencana berjenjang dan berkelanjutan
C.
Pendidikan olahraga yang dilakukan atas dasar
kecintaan atau kegemaran berolahraga
D.
Bagian intergral dari pendidikan secara umum,
yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan
meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan
emosional, dalam kerangka sisitem pendidikan nasional
E.
Bagian
intergral dari pendidikan
nasional, yang direncanakan
secara sistematik yang
berlangsung sepanjang hayat.
6.
Yang Menjadi ciri pembeda antara pendidikan
jasmani, dan olahraga kompetitif antara lain….
A.
Pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem
penilaian final score, sedangkan olahraga kompetitif gain score
B.
Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada
anak (child oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan
(subject oriented)
C.
Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai
dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif
tidak
D.
Olahraga kompetitif selalu dipertandingkan,
sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan
E.
Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada
gerak (movement), sedangkan olahraga kompetitif orientasi pada cabang olahraga
7.
Dalam PJOK kita kenal ada tiga konstruk yaitu;
pendidikan Jasmani, pendidikan olahraga, dan pendidikan kesehatan. Pernyataan
mengenai pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:
A.
Suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan
lingkungan
B.
Pendidikan yang mengutamakan kesehatan
C.
Upaya mempelajari bagaimana menciptakan
kesehatan diri
D.
Suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan
perilaku masyarakat (di sekolah, anak didik)
yang kondusif untuk kesehatan
E.
Pendidikan yang mengutamakan kesehatan fisik dan
mental.
8.
Olympism ditetapkan sebagai filosofi dan prinsip
dasar,dengan demikian diskriminasi atau perbedaan terhadap ras, suku, agama,
ideologi dan warna kulit harus dihindarkan dalam setiap gerakan olimpiade.
Dengan demikian sejatinya olimpism mengandung tiga makna yaitu;Living
excellence, Living Respect, dan Living Friendsip. Ungkapan sistem nilai yang
mengandung makna antara laian ; Persahabatan, Berempati dan bersimpati kepada
orang lain, Kerjasama, Saling memberi dan melayani, serta Saling mendukung
merupakan implementasi dari makna ....
A.
Living excellence
B.
Living Respect,
C.
Living Friendsip
D.
Visioner
E.
Peacefull
9.
Menurut Internasional olimpik komite (IOC), ada
tujuh nilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi, mengandung arti tidak
ada pembedaan dalam hal; ras, suku, agama, ideologi & warna kulit, serta
merupakan usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Komponen standar yang tidak
termasuk sasaran pembentukan moral dalam Olympism adalah; .....
A.
Kesempurnaan Dalam Performansi (Excellence in
performance),
B.
Berpartisipasi Dengan Kegembiraan &
Kesenangan (Joy and pleasure in participation).
C.
Mengutamakan prestasi dalam berkompetisi.
D.
Rasa Hormat Terhadap Sesama (Respect for other
nations, cultures, religions, races and individuals).
E.
Pengembangan Kualitas Manusia (Human quality
development).
10. Kegiatan
jasmani dilakukan mengandung unsur permainan, perjuangan atau kompetisi baik
dengan diri sendiri, orang lain maupun alam dan dilakukan secara sportif dan
fair, merupakan ciri umum dari….
A.
Pendidikan Olahraga
B.
Pendidikan Jasmani
C.
Penjasorkes
D.
Olahraga Kompetitif
E.
Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi
11. Yang
tidak termasuk tiga belas prinsip pokok dalam pendidikan jasmani menurut Zeigler
untuk dapat meningkatkan kualitas hidup manusia adalah:
A.
reversibility
B.
overload
C.
relaxation
D.
recreation
E.
bone density
12. Beberapa
prinsip umum dalam memberikan pembelajaran pendidikan jasmani adalah kecuali:
A.
Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses
pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik
B.
Model pembelajaran pendidikan
jasmani harus seimbang
antara terpusat pada guru dan pada siswa
C.
Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan
perkembangan anak, isi dan materi serta cara penyampaian harus menarik dan
menyenangkan
D.
Pendekatan holistik tubuh-jiwa ini termasuk pula
penekanan pada ketiga domain kependidikan: psikomotor, kognitif dan afektif.
E.
Model pembelajaran pendidikan jasmani tidak
harus terpusat pada guru tetapi pada siswa
13. Empat
konsep komponen dalam memberikan materi PJOK di sekolah, kecuali:
A.
Komponen an organik
B.
Komponen neuromuskuler
C.
Komponen intelektual
D.
Komponen emosional
E.
Komponen organik
14. Khusus
untuk materi teknik dan taktik dasar, saudara harus memperhatikan tiga prinsip
utama, adalah:
A.
memulai materi dari yang paling mudah menuju ke
yang paling berat
B.
memulai materi dari yang paling ringan menuju ke
yang paling berat
C.
memulai materi dari yang paling mudah menuju ke
yang yang paling kompleks
D.
memulai materi dari yang paling enteng menuju ke
yang paling kompleks
E.
memulai materi dari yang paling ringan menuju ke
yang sukar
15. Yang bukan
tujuan pendidikan jasmani
yang disampaikan Bucher’s adalah:
A.
Tujuan pengembangan memulai fisik, berkaitan
dengan kegiatan program yang membangun kekuatan fisik secara individu melalui
pengembangan dari berbagai sistem organ tubuh
B.
Tujuan pengembangan motorik, berkaitan dengan
menjadikan gagasan fisik bermanfaat dan dengan sedikit pengeluaran energi yang
mungkin, dan estetika dalam gerakan ini.
C.
Tujuan pengembangan mental, berkaitan dengan
akumulasi dari tubuh pengetahuan dan kemampuan berpikir untuk menafsirkan
pengetahuan
D.
Tujuan pengembangan sensorik, berkaitan dengan
membantu individu dalam membuat penyesuaian dengan lingkungannya.
E.
Tujuan pengembangan sosial, berkaitan dengan
membantu individu dalam membuat penyesuaian pribadi, kelompok sebagai anggota
masyarakat.
16. Tiga
orang siswa Bembeng, Bambang dan Bolang melakukan aktivitas jasmani. Bambang
berlari, Bembeng mengayunkan kedua tangannya di atas balok keseimbangan,
sedangkan Bolang lagi menggiring bola. Siapakah yang melakukan gerakan non
lokomotor menurut saudara.
A.
Bambang
B.
Bembeng
C.
Bolang
D.
Bambang dan Bembeng
E.
Bambang dan Bolang
17. Tatkala
seorang siswa belajar menguasai teknik sepakbola, maka urutan yang paling baik
dalam belajar adalah sebagai berikut:
A.
heading-shooting-passing-dribbling
B.
shooting-passing-dribbling-heading
C.
dribbling-heading-passing-shooting
D.
dribbling-passing-heading-shooting
E.
heading-passing,dribbling-shooting
18. Teknik
dasar dalam bermain bolavoli adalah, kecuali:
A.
passing bawah, smash, block, dan servis
B.
passing atas, smash, block, servis, passing
bawah
C.
servis, passing atas, jumping-block-tosser
D.
smash, block, servis, dan passing atas
E.
passing bawah, servis, block, dan smash
19. Tindakan
guru dalam memberikan pelajaran PJOK di sekolah yang paling tepat adalah:
A.
Menjalankan
pembelajaran sesuai dengan yang
tertera dalam kurikulum
B.
Memberikan pembelajaran sesuai dengan minat dan
keinginan peserta didik
C.
Memberikan
pembelajaran sesuai dengan
kebiasaan masyarakat sekitar
sekolah
D.
Memberikan
pembelajaran sesuai dengan
sarana dan prasarana, perkembangan peserta didik, dan
situasi serta kondisi di sekolah
E.
Memberikan pembelajaran sesuai dengan budaya
masyarakat
20. Mengajarkan
teknik dasar untuk olahraga permainan seperti sepakbola, bolavoli, bolabasket,
bulutangkis dan tenis meja adalah:
A.
Mutlak harus dilakukan karena sudah termaktub di
dalam kurikulum
B.
Tidak mutlak karena bukan untuk tujuan prestasi
dalam berolahraga
C.
Boleh dilakaukan asalkan disesuaikan dengan
kebijakan yang diambil oleh pimpinan sekolah
D.
Harus dilakukan
namun disesuaikan dengan
tingkat kemampuan peserta didik, situasi
dan kondisi yang ada di sekolah
E.
Harus dilakukan walaupun situasi dan kondisi
kurang memndukung
21. Suatu
aktivitas yang dilakukan dengan sukarela, tanpa paksaan dan dalam waktu luang
adalah definisi dari
A.
Olahraga
B.
Rekreasi
C.
Pendidikan jasmani
D.
Bermain
E.
Pendidikan Olahraga
22. Atletik
adalah olahraga yang sangat populer dan mendunia. Terjemahan dari atletik itu
sendiri adalah:
A.
Track and event
B.
Track and Field
C.
Action of Show
D.
Fitness and Fit
E.
Performance show
23. Dilihat
dari nomor dan gerak dari atletik sungguh komplek, sehingga atletik disebut
juga sebagai Mother of Sport, alasanya
adalah karena ....
A.
Atletik adalah olahraga yang paling unggul dan
bergengsi dimata dunia.
B.
Cabang olahraga atletik didalamnya terdiri dari
unsur jalan, lari, lompat dan lempar yang kesemuanya merupakan dasar yang
diperlukan dalam cabang olahraga lain
C.
Merupakan induk dari olahraga tertentu yang yang
diperlukan sebagai dasar atau fondasinya
D.
Unsur yang ada dalam olahraga atletik merupakan
refleksi dari olahraga yang dipertandingkan
24. Kemampuan
tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya
(dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang
berlebihan yang berarti disebut . . . .
A.
kebugaran jasmani
B.
ketahanan tubuh
C.
daya tahan tubuh
D.
kekuatan tubuh
E.
kekebalan tubuh
25. Pembelajaran
kebugaran jasmani berguna terutama untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang
berkaitan dengan kesehatan yakni . . .
A.
daya tahan kardiovaskular, komposisi tubuh,
kelentukan,kekuatan dan daya tahan otot
B.
kelentukan persendian, kelincahan, koordinasi
dan power
C.
kekuatan otot, dayatahan otot, kecepatan, dan
keseimbangan
D.
daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan
kelincahan
E.
kecepatan, daya ledak, kelincahan, koordinaso,
dan keseimbangan.
26. Kemampuan
fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh tingkat
kebugaran jasmani individu tersebut. Sedangkan daya ledak (power) ditentukan
oleh kemponen kebugaran berupa....
A.
kekuatan dan dayatahan otot
B.
kekuatan dan kecepatan
C.
kekuatan dan kelincahan jasmani
D.
kekuatan dan kelentukan
E.
kekuatan dan koordinasi
27. Gerak
dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan
terkendali, yang mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan, aspek tersebut
adalah ...
A.
mental spiritual, beladiri, olahraga, dan seni
budaya.
B.
mental spiritual, beladiri, kebugaran, dan aspek
seni budaya
C.
mental spiritual, beladiri, olahraga, dan
nasionalis
D.
mental spiritual, beladiri, olahraga, dan
religius
E.
mental spiritual, beladiri, olahraga, dan
karakter bangsa
28. Komponen
kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan dengan
kesehatan (physical fitness related health) dan kedua Kebugaran yang
berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skill). Berikut ini
adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A.
daya tahan jantung dan paru-paru
(cardiorespiratory)
B.
komposisi tubuh (body composition)
C.
daya tahan otot (muscle endurance)
D.
daya ledak (explosive power)
E.
Kekuatan otot (muscle streght)
29. Pencak
silat sebagai olahraga terlihat pada kompetisi. Aspek olah raga terlihat dari pertandingan
dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu. Oleh
karenannya aspek kebugaran jasmani yang dominan dalam pertandingan pencak silat
adalah...
A.
kekuatan dan kecepatan
B.
daya ledak dan kecepatan
C.
kekuatan dan kelentukan
D.
daya tahan dan kekuatan
E.
kelentukan dan kelincahan
30. ,
Dibawah ini yang bukan teknik serangan dalam bela diri adalah teknik. . . .
A.
pukulan
B.
guntingan
C.
tendangan
D.
tangkapan
E.
ungkitan
31. Gerakan
yang mengharuskan tubuh membentuk tubuh lurus adalah:
A.
Kayang dan split
B.
Split dan salto
C.
Sikap lilin dan guling ke belakang
D.
Handstand dan headstand
E.
Guling ke depan dan handstand
32. Macam-macam
guling adalah kecuali:
A.
Guling depan gulung, guling belakang gulung dan
guling depang kangkang
B.
Guling belakang lurus, guling depan kangkang dan
guling depan lurus
C.
Guling depan kangkang, guling belakang lurus dan
guling depan lurus
D.
Guling belakang gulung, guling belakang samping,
dan guling depan lurus
E.
Guling depan lurus, guling belakang kangkang dan
guling belakang gulung
33. Yang
termasuk gerakan split pada senam lantai adalah:
A.
Split depan dan split samping
B.
Split depan dan split belakang
C.
Split belakang dan split kangkang
D.
Split kangkang dan split depan
E.
Split depan dan split belakang
34. Alat
yang digunakan dalam senam irama (ritmit) adalah:
A.
Tali, gada, pita, bola, tongkat dan pedang
B.
Gada, simpai, tongkat, bola, dan pita
C.
Topi, tali, tongkat, bola dan pita
D.
Bola, simpai, tongkat, tali, dan pedang
E.
Tali, gada, bola, pita dan tongkat
35. Mengapa
dalam tahapan belajar renang pada setiap gaya urutannya adalah gerakan tungkai
terlebih dahulu
A.
Agar lebih mudah belajar renang
B.
Tungkai merupakan bagian yang paling penting
C.
Tungkai merupakan sumber penggerak utama yang
memiliki tenaga yang besar tetapi perlu waktu lama untuk dikembangkan
D.
Agar tungkai lebih maksimal
E.
Semua jawaban benar
36. Faktor-faktor
yang dapat mengakibatkan cedera pada waktu berenang adalah, kecuali:
A.
Kurangnya pendidikan (lack of education)
B.
Kurangnya saran keselamatan (lack of safety
advice)
C.
Kurangnya perlindungan (lack of protection)
D.
Kurangnya pengawasan (lack of supervision)
E.
Semua salah
37. Faktor
utama yang akan diperhitungkan ketika membentuk rencana tindakan bantuan waktu
terjadi kecelakaan dalam renang adalah sebagai berikut:
A.
Safety of rescuer (keselamatan penyelamat)
B.
Nature of area (daerah)
C.
Number of casualties (jumlah korban)
D.
Priorities of rescue (prioritas penyelamatan)
E.
Semua benar
38. Gaya
renang mana yang paling mudah dilakukan adalah:
A.
Gaya kupu-kupu dan dada
B.
Gaya dada dan bebas
C.
Gaya bebas dan kupu-kupu
D.
Gaya punggung dan kupu-kupu
E.
Gaya kupu-kupu dan punggung
39. Urutan
gaya renang yang digunakan pada nomor estafet 4 x 100 m gaya ganti putra adalah
A.
gaya punggung, gaya dada, gaya kupu-kupu, dan
gaya bebas
B.
gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya dada, gaya
punggung
C.
gaya bebas, gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya
punggung
D.
gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya dada, gaya
punggung
E.
gaya punggung, gaya kupu-kupu, gaya bebas, gaya
dada
40. Langkah
pertama dalam pembelajaran renang adalah pengenalan air kepada peserta didik,
yang mana yang tidak termasuk dalam langkah-langkah pengenalan air.
A.
Menginjak dan bernapas di air
B.
Berjalan atau berlari di air
C.
Nerjalan dan bernapas di air
D.
Mengapung dan bernapas di air
E.
Menyelam dan berbalik di air
41. Secara
umum, sungguh banyak manfaat pendidikan jasmani di sekolah. diantara manfaat
tersebut adalah sebagai berikut, kecuali ....
A.
Memenuhi kebutuhan anak akan gerak
B.
Mengenalkan anak pada lingkungan dan potensi
dirinya
C.
Menanamkan dasar-dasar keterampilan olahraga
prestasi yang berguna
D.
Menyalurkan energi yang berlebihan
E.
Merupakan proses pendidikan secara serempak baik
fisik, mental maupun emosional
42. Tiga
hal penting yang bisa menjadi sumbangan unik dari pendidikan jasmani terhadap
individu peserta didik, yaitu:
A.
Meningkatkan kebugaran jasmani dan kesehatan
peserta didik; Meningkatkan kekayaan penguasaan keterampilan fisik; serta
Meningkatkan pengertian peserta didik dalam prinsip-prinsip gerak serta
bagaimana menerapkannya dalam praktek
B.
Meningkatkan kebugaran jasmani; kesehatan; dan
keterampilan peserta didik
C.
Meningkatkan kebugaran jasmani; meningkatkan
derajat kesehatan; dan kecerdasan peserta didik
D.
Meningkatkan kebugaran jasmani; dan kesehatan
serta daya tahan kardivakular peserta didik
E.
Meningkatkan kebugaran jasmani; dan kesehatan;
serta kekuatan peserta didik
43. Secara
filosofi dalam pengembangan pembelejaran dan meneliti aspek penting dari
penjas, dasar-dasar pemikiran yang perlu menjadi pertimbangan sebagai guru
profesional adalah ....
A.
Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik,
terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kepekaan rasa,
keterampilan sosial, kepercayaan diri dan citra diri (self esteem)
B.
Kebugaran dan kesehatan, Keterampilan fisik,
Terkuasainya konsep dan prinsip gerak, serta sarana prasarana
C.
Keterampilan fisik, terkuasainya konsep dan
prinsip gerak, Kemampuan berpikir, Kepekaan rasa, Keterampilan sosial,
Kepercayaan diri dan citra diri (self esteem)
D.
Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik,
terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kepekaan rasa,
keterampilan sosial, dan kompetnsi guru
E.
Kebugaran dan kesehatan, keterampilan fisik,
terkuasainya konsep dan prinsip gerak, kemampuan berpikir, kemampuan manajemen
dan sarana prasarana.
44. Hal
penting yang menjadi ciri pembeda uatama antara pendidikan jasmani, dan olahraga
antara adalah….
A.
Pendidikan jasmani menitik beratkan pada sistem
penilaian final score, sedangkan olahraga kompetitif gain score
B.
Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada
anak (child oriented) sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject
oriented)
C.
Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai
dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif
tidak
2.
D. Olahraga
kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan
pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan
D.
Pendidikan
jasmani memiliki fokus
orientasi pada gerak
(movement), sedangkan olahraga kompetitif orientasi pada cabang olahraga
45. Salah
satu tujuan pendidikan jasmani adalah mengembangkan kepercayaan diri dan
kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong
partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani. Salah satu contoh bentuk ativitas
yang dapat diterapkan untuk implementasi tujuan tersebut adalah:
A.
Sebagai anggota tim sepak bola memberikan
kontribusi strategi permainan jika instrusikan.
B.
Melakukan latihan memanah dengan sungguh-sungguh
jika dimasukkan dalam tim panahan
C.
Sebagai anggota tim futsal, berpartisipasi
aktif, menggunakan keterampilan bermain, menerapkan strategi, dan semangat
dalam permainan kasti
D.
Melaksanakan sungguh-sungguh kegiatan latihan
dalam tim sepak bola bila diamati oleh guru
E.
Berpatisipasi aktif dalm kegiatan ektrakurikuler
bela diri pencak silat
46. Internasional
Olimpic Commite (IOC) mengemukakan nilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi,
mengandung arti tidak ada pembedaan dalam hal; ras, suku, agama, ideologi &
warna kulit, serta merupakan usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Komponen
standar yang tidak termasuk sasaran pembentukan moral dalam olympism adalah:
A.
Mengutamakan penampilan dan prestasi dalam
berkompetisi
B.
Kesempurnaan dalam performansi (excellence in
performance),
C.
Berpartisipasi dengan kegembiraan &
kesenangan (joy and pleasure in participation)
D.
Rasa hormat terhadap sesama (reshect for other
nations, cultures, religions, races and individuals)
E.
Pengembangan kualitas manusia (human quality
development)
47. Sejatinya
olimpism mengandung makna yaitu; living excellence, living respect, dan living
friendsip. Ungkapan sistem nilai yang mengandung memiliki maka saling
menghargai diri dan orang lain dalam hal: Perbedaan pendapat, Perbedaan
keyakinan, Perbedaan keragaman budaya, Perbedaan Suku/ras dan Bangsa, Hak- hak
sebagai manusia, dan pencapaian prestasi/kesuksesan seseorang, merupakan
implementasi dari makna .....
A.
Living excellence
B.
Living espectr
C.
Living friendsip
D.
Visioner
E.
Peacefull
48. Ada
ungkapan dalam sisitem nilai olimpism yakni; prestasi olahraga bukan yang utama
bagi atlet dalam suatu kompetisi, melainkan hasil dari proses keseluruhannya,
yaitu terbangunnya kemuliaan diri yang merupakan kombinasi & keseimbangan
antara ....
A.
Kualitas
& keterampilan fisik
(skill), sikap/kemauan (attitute),
dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai prinsip dasar hidup
B.
Kualitas
& keterampilan fisik
(skill), sikap/kemauan (attitute),
dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai tujuan hidup
C.
Kualitas
& keterampilan fisik
(skill), sikap/kemauan (attitute),
dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai Pola dasar hidup
D.
Kualitas
& keterampilan fisik
(skill), sikap/kemauan (attitute),
dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai pandangan dasar hidup
E.
Kualitas
& keterampilan fisik
(skill), sikap/kemauan (attitute),
dan kecerdasan pikiran (knowledge) sebagai visi misi hidup
49. Pada
prinsipnya di dalam melakukan pengembangan bentuk latihan kebugaran jasmani
yang akan digunakan pada pembelajaran penjas perlu memperhatikan beberapa hal
sebagai berikut, kecuali.....
A.
Tidak
menghilangkan tujuan pembelajaran
dan memuat prinsip
latihan komponen kebugaran
B.
Intensitas tetap mengacu pada 60-80% denyut nadi
maksimal sesuai umur
C.
Susunan menarik dan sesuai karakteristik siswa
D.
Resiko cidera yang minimum, tata cara
pelaksanaan mudah dipahami dan dapat dilakukan siswa
E.
Intensitas sesekali boleh lebih 80% denyut nadi
maksimal sesuai umur
50. Pembelajaran
kebugaran jasmani berguna terutama untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang
berkaitan dengan kesehatan dan keterampilan. Kebugaran yang berkaitan dengan
keterampilan yakni ...
A.
Kecepatan, daya ledak, kelincahan, koordinasi,
dan keseimbangan
B.
Dayatahan kardiovaskular, komposisi tubuh,
kelentukan, kekuatan dan daya tahan otot
C.
Kelentukan persendian, kelincahan, koordinasi
dan power
D.
Kekuatan otot, dayatahan otot, kecepatan, dan
keseimbangan
E.
Daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan
kelincahan
51. Komponen
kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan
dengan kesehatan (physical fitness related health) dan kedua Kebugaran yang
berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skill). Berikut ini
adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:
A.
Daya tahan jantung dan paru-paru
(cardiorespiratory)
B.
Komposisi tubuh (body composition)
C.
Daya tahan otot (muscle endurance)
D.
Daya ledak (explosive power)
E.
Kekuatan otot (muscle streght)
52. Olaharaga
atletik merupakan induk dari cabang olahraga. Karenanya atletik merupakan
olahraga yang sangat populer dan mendunia. Oleh karenanya ateltik diterjemahkan
juga sebagai cabang olahraga ....
A.
Track and event
B.
Track and field
C.
Action of show fitness and fit
D.
Performance show
E.
Track record
53. Dalam
pembelajaran teknik berlari seorang guru dapat dilakukan dengan memperkenalkan
poin-poin kunci keterampilan yang berkaitan dengan fase- fase (unsur unsur)
dalam lomba lari terutama lari sprint. Poin kunci sebagai fase tehnik lari
tersebut adalah ....
A.
Reaksi, akselerasi, kecepatan maksimum dan
pemeliharaan kecepatan
B.
reaksi, kecepatan maksimum, akselerasi, dan
pemeliharaan kecepatan
C.
akselerasi, reaksi, kecepatan maksimum dan
pemeliharaan kecepatan
D.
reaksi, akselerasi, pemeliharaan kecepatan dan
kecepatan maksimum
E.
kecepatan maksimum, reaksi, akselerasi, dan
pemeliharaan kecepatan
54. Dilihat
dari karakteristik seni bela diri pencak silat mengandung aspek; mental
spiritual, seni budaya, beladiri, dan olahraga. Pencak silat membangun dan
mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang meruapakan karakter pada
aspek...
A.
Mental spiritual
B.
Seni budaya
C.
Beladiri,
D.
Olahraga
E.
Mental spiritual dan seni budaya.
55. Pencak
silat dari aspek olahraga terlihat pada kompetisi, terlihat dari pertandingan
dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu. Oleh
karenannya aspek kubugaran jasmani yang dominan dalam pertandingan pencak silat
adalah...
A.
Kekuatan dan kecepatan
B.
Kecepatan dan power
C.
Kekuatan dan kelentukan
D.
Daya tahan dan kekuatan
E.
Kelentukan dan kelincahan
56. Empat
tujuan pendidikan jasmani yang disampaikan Bucher’s adalah sebagai berikut:
A.
Pengembangan fisik, motorik, mental dan sosial
B.
Pengembangan motorik, psikis, sosial dan fisik
C.
Pengembangan mental, motorik, sosial dan psikis
D.
Pengembangan sosial, mental, fisik dan psikis
E.
Pengembangan fisik, mental, sosial dan psikis
57. Yang
tidak termasuk empat komponen dalam memberikan materi PJOK di sekolah adalah:
A.
Komponen organik,
B.
Komponen cardiovaskuler
C.
Komponen intelektual
D.
Komponen sosial
E.
Komponen neuromuskuler
58. Yang
bukan menjadi tujuan pendidikan jasmani adalah sebagai berikut:
A.
Meletakkan landasan karakter yang kuat melalui
internalisasi nilai dalam pendidikan jasmani
B.
Membangun landasan kepribadian yang kuat, sikap
cinta damai, sikap sosial dan toleransi dalam konteks kemajemukan budaya, etnis
dan agama
C.
Menumbuhkan kemampuan berpikir kritis melalui
tugas-tugas pembelajaran pendidikan jasmani
D.
Mengembangkan sikap sportif, jujur, disiplin, bertanggung
jawab, kerjasama, percaya diri, dan demokratis melalui aktivitas jasmani
E.
Mengembangkan keterampilan gerak dan
keterampilan teknik serta strategi berbagai permainan dan olahraga, sebagai
landasan untuk anak dalam meraih prestasi dalam bidang olahraga
59. Gerakan-gerakan
berpindahnya seluruh tubuh dari suatu posisi ke posisi lain, dibedakan atas
beberapa bahagian, yaitu kecuali:
A.
Menggerakkan tubuh secara keseluruhan dengan
tumpuan permukaan yang padat
B.
Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada suatu
alat yang bisa bergerak
C.
Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada
bidang yang keras
D.
Menggerakkan tubuh secara keseluruhan di air
E.
Menggerakkan tubuh secara keseluruhan pada
bidang yang miring
60. Dua
orang anak melakukan gerakan berlari dan salto, Renggo berlari sejauh 10 meter
dan Randa melakukan gerakan salto. Gerakan dua orang ini termasuk gerakan:
A.
Renggo melakukan gerak diskret dan Randa gerakan
serial
B.
Renggo melakukan gerak serial dan Randa diskret
C.
Renggo melakukan gerak diskret dan Randa gerakan
continous
D.
Renggo melakukan gerak continous dan Randa
gerakan serial
E.
Renggo melakukan gerak serial dan Randa gerakan
countinous
61. Faktor
pribadi yang sangat berhubungan dengan upaya pencapaian keterampilan,
faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut.
A.
Ketajaman indra, persepsi, dan intelegensi
B.
Persepsi, ukuran fisik, dan pengalaman masa lalu
C.
Kesanggupan, emosi, dan motivasi,
D.
Sikap, kejujuran, jenis kelamin
E.
Usia, jenis kelamin, dan ukuran fisik
62. Hasil
riset terakhir menyatakan Teaching Game For Understanding (TGFU) adalah model
pembelajaran yang cocok diterapkan dalam materi yang tergolong permainan dan
olahraga di sekolah. Hal ini dikarenakan, kecuali:
A.
Pendekatan TGFU adalah penggunaan taktik-taktik
kewaspadaan
B.
Pendekatan TGFU fokus pada pengembangan kemampuan
permainan
C.
Pendekatan TGFU adalah mudah diimplementasikan
oleh guru
D.
Pendekatan TGFU melibatkan unsur, teknik, taktik
dan fisik
E.
Pendekatan TGFU sesuai dengan realita gerakan
dalam olahraga permainan
63. Yang
tidak termasuk pada keterampilan dasar dalam permainan sepakbola adalah:
A.
Passing, dribbling, dan shooting
B.
Dribbling, heading dan passing
C.
Heading, shooting dan dribbling
D.
Shooting, dribbling dan passing
E.
Shooting, dribbling, dan marking
64. Yang
tidak termasuk dalam gerakan senam lantai adalah:
A.
Guling, handstand dan meroda
B.
Kayang, tigersprong dan lompat tali
C.
Sikap lilin, meroda dan kiep
D.
Headstand,
guling dan kayang
E.
Flip-flap, kayang dan tigersprong
65. Olahraga
yang tidak termasuk permainan bola besar dan bola kecil adalah:
A.
Sepakbola, bolabasket dan hockey
B.
Bolavoli, bulutangkis dan tenismeja
C.
Bolabasket, sepakbola dan bulutangkis
D.
Tenismeja, bolabasket dan bolavoli
E.
Sepakbola, bulutangkis dan tenismeja
66. Gaya
renang mana yang menjadi dasar untuk belajar ke gaya renang berikutnya
A.
Gaya kupu-kupu dan bebas
B.
Gaya dada dan punggung
C.
Gaya bebas (crawl) dan dada
D.
Gaya punggung dan kupu-kupu
E.
Semuanya benar
67. Urutan
renang gaya ganti perorangan dalam perlombaan adalah:
A.
Bebas, dada, punggung, dan kupu-kupu
B.
Dada, punggung, bebas, dan kupu-kupu
C.
Kupu-kupu, punggung, dada dan bebas
D.
Punggung, dada, kupu-kupu dan bebas
E.
Bebas, dada, kupu-kupu dan punggung
68. Apa
saja tahap pertama
yang perlu dilakukan pada saat akan melakukan pertolongan orang
tenggelam
A.
Pilih alat bantu pelampung yang sesuai
B.
Masuk ke air dengan aman secara perlahan
C.
Pendekatan dan meyakinkan korban
D.
Menjaga jarak aman dari korban dan menjelaskan
hal yang akan dilakukan.
E.
Semua jawaban benar
69. Mengapa
olahraga renang salah satu olahraga yang sangat mendukung untuk pertumbuhan
tinggi badan pada masa pertumbuhan dan perkembangan
A.
Karena pada saat berenang semua anggota tubuh
melakukan pergerakan
B.
Karena ada daya dorong tubuh ke atas oleh air
C.
Karena dalam berenang menimbulkan kesenangan
sehingga baik untuk psikis peserta didik
D.
Karena bidang
horizontal lebih dominan
sehingga lebih memberikan keleluasaan tulang untuk tumbuh
E.
Karena aman dari cidera
70. Urutan
penyelamatan pertama dan terakhir dalam kecelakaan renang adalah:
A.
Shout signal and swim and aid
B.
Reach, row and aid
C.
Throw and reach
D.
Row, swim and aid
E.
Reach, swim and aid
Selamat belajar teman Kerang, Kerang sudah posting Soal
Pretest PJOK 2022 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan
dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin.
Silahkan Share dan subcribe biar mempermudahkan sahabat
Kerang dapat notififikasi terkait info baru soal-soal PPG tahun ini..
Sebelum Kerang akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya
mengajak sahabat-sahabat Kerang untuk terus memberikan dukungan kepada situs
https://kerang11-bio.blogspot.com/ dengan cara bagikan atau share postingan
ini. Terima kasih.
Salam Guru Profesional.
DAFTAR POSTINGAN
TERKAIT PPG KEMENAG 2022
1.
Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022
2.
Contoh Soal Pretes Tes Karakteristik
Pribadi 2022
3.
Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022
untuk Guru Kelas
4.
Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022
untuk Mapel IPA
5.
Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022
untuk Mapel IPS
6.
Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022
7.
Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
8.
Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
9.
Contoh Soal 1
Pretes Guru RA PPG KEMENAG
10.
Contoh Soal 2 Pretes Guru RA PPG KEMENAG
11. ContohSoal 1 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG
12. Contoh
Soal 2 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG
Post a Comment for "Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Olahraga"