Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak
Contoh
Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak
Assalamualaikum, salam sukses
Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Akidah
Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga
sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).
Sebenarnya Soal Pretest ini
terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa
soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu
hehe. Berikut ini soalnya Kerang bagikan.
1. Defenisi akhlak merupakan mediator yang
menjembatani komunikasi antar Khaliq (pencipta) dengan makhluk (yang diciptakan) secara
timbal balik yang kemudian disebut
sebagai hablum minallah. Dari produk hablum minallah yang benar, biasanya lahirlah pola hubungan antar sesama manusia yang disebut dengan hablum minannas (pola hubungan antar sesama makhluk). Dalam
perspektif lain,
akhlak dapat dipandang sebagai ilmu.
Berikut adalah pernyataan yang tidak
mencerminkan makna
akhlak sebagai
ilmu:
A. ilmu
tentang kebiasaan
B. ilmu
tentang manusia
C. ilmu
tentang baik
dan buruk.
D.
ilmu tentang
keutamaan atau
sifat-sifat utama
E.
ilmu tentang
tingkah laku
buruk
2. Akhlak
merupakan
salah satu
realisasi
tauhid.
Seorang
yang bertauhid
dan baik
akhlaknya berarti ia adalah sebaik-baik manusia. Semakin sempurna tauhid seseorang,
maka semakin baik akhlaknya. Sebaliknya, jika seseorang memiliki akhlak yang
buruk, maka berarti
tauhidnya lemah.
Pernyataan di atas menunjukkan bahwa….
A. tauhid adalah keyakinan, sedangkan akhlak adalah perilaku
B. antara tauhid
dan
akhlak memiliki hubungan yang erat
C. akhlak
adalah
bukti dari kuat atau
lemahnya tauhid seseorang
D.
akhlak dan
tauhid memiliki kedudukan yang penting
E.
manusia yang mulia
adalah yang baik
akhlaknya
3.
Salah satu
pondasi terbentuknya akhlak
mulia adalah
kemampuan seseorang menggunakan akalnya secara maksimal. Sebab, dengan akal manusia dapat membedakan
yang baik dan buruk, dan selanjutnya menentukan pilihan yang tepat. Hal ini termasuk
salah satu potensi terbentuknya akhak al karimah yang disebut….
A.
Quwwah
al ghadab
B. Quwwah al ‘ilmi
C. Quwwah al ‘adl
D.
Quwwah
al syahwah
E.
Quwwah
al khuluq
3. Akhlak mulia terbentuk ketika seseorang dapat melakukan penolakan terhadap sesuatu
yang tidak disenangi dan mendapatkan kenikmatan yang bersifat batiniyah. Kemampuan
ini disebut….
A. Quwwah al ghadab
B. Quwwah
al ‘ilmi
C. Quwwah
al ‘adl
D. Quwwah al syahwah
E. Quwwah al khuluq
4. Seseorang yang beramal shalil selalu melakukan perbuatan baik sesuai dengan tuntunan
Al-Qur’an dan
Sunnah, ditujukan
semata-mata untuk menunjukkan
kepatuhan
dan ketundukan kepada Allah, dilakukan secara terus menerus sekalipun dalam jumlah yang
sedikit. Berdasarkan
narasi tersebut
tujuan utama amal shalih adalah….
A.
melaksanakan
perintah Allah
B. dilakukan
secara kontinyu
C. merujuk
kepada Al-Qur’an dan
Sunnah
D.
memperoleh
pahala dari
Allah
E.
melakukan
perbuatan baik
6.
Amal shalih adalah amalan yang dilakukan dalam bingkai dengan iman, diawali dengan
rencana (niat), dilakukan dengan sabar, serta akhirnya dapat menerima dengan ridha apapun hasilnya
sebagai keputusan dari Allah s.w.t. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa dasar
pokok amal shalih adalah…
A.
niat
B. sabar C.
ridha
D. iman
E. taqdir
7.
Asa, dulunya merupakan seorang
guru
honorer yang pada akhirnya ia berhasil mendirikan sebuah yayasan. Lewat yayasan yang didirikan tersebut, ia berhasil membiayai ratusan
siswa yang
kurang mampu dengan beasiswa penuh. Tidak hanya itu, lewat yayasannya
juga ia telah mendirikan beberapa
lembaga pendidikan. Keberhasilannya tersebut tidak serta
merta terjadi begitu saja, Asa terus menyandarkan usahanya
tersebut kepada
Allah swt. Asa juga selalu giat bekerja
dan memperbanyak jaringan sehingga bisa
mewujudkan impiannya
mendirikan yayasannya. Asa
terkenal dengan sosok pribadi pekerja
keras. Dalam
proses mewujudkan
impiannya,
Asa
sering mengalami jatuh bangun, namun
karena tekad kuat akan impiannya ia tidak pernah patah semangat. Ia berusaha dan terus
berusaha.. Berkat ketekunan dan ketelatenannya akhirnya ia dapat mewujudkan
impiannya selama ini. Tidak hanya itu ia juga suka menolong kepada sesamanya dan sering bersedekah kepada orang yang
kurang mampu.
Dari kisah inspiratif di atas manakah yang merupakan
perwujudan pengamalan dari
sikap tawakal dari Asa?
A. Asa terkenal
dengan sosok
pribadi pekerja keras.
B. Asa orang yang tekun
dan telaten dalam membangun usahanya
C. Asa orang yang suka bersedekah kepada sesama
D. Asa terus menyandarkan usahanya tersebut
kepada Allah swt.
E. Asa tidak pernah
patah semangat Pantang menyerah dalam
mewujudkan impiannya
8. Nabi Saw bersabda ءايحلا ملَسلْا قلخو ،اقلخ نيد
لكل نإ hadits ini memiliki makna “Setiap
agama mempunyai ciri khas akhlak,
dan ciri khas akhlak Islam itu rasa
malu” (H.R. Ibnu Majah). Dalam riwayat lain Nabi Saw juga bersabda
ريخب لاإ يتأي لا
ءايحـلا
hadits ini
memiliki makna “Malu tidak mendatangkan sesuatu kecuali kebaikan.” (Shahîh: HR.al-
Bukhâri (no. 6117).
Dari kedua hadits tersebut jika diilustrasikan, manakah di antara
pernyataan-pernyataan di bawah ini yang menggambarkan manfaat perilaku al-haya’ (malu)
dalam kaitannya dengan
pembentukan akhlak
pribadi?
A. Ainun
adalah
seorang
santri di Pondok
Pesantren Nurul
Islam. Ainun
dikenal sebagai salah satu santri yang alim dan beprestasi di pondok tersebut. Seperti fitrah manusia pada umumnya Ainun jatuh cinta kepada Yusuf, namun karena rasa
takut berbuat maksiat yang lebih besar, dibanding rasa cintanya, Ainun memilih untuk memendam perasaannya tersebut.
B. Ketika ujian akhir semester Rohma memilih untuk mengerjakan sendiri dan tidak
mencontek temannya meskipun dia sadar akan
kemampuan akademisnya
biasa- biasa
saja, karena dia malu
kalau dianggap temannya tidak pintar.
C. Wilda belajar saat ada orangtuanya saja, namun ketika orangtuanya tidak ada di rumah
Wilda bermalas-malasan.
D. Ida anak seorang buruh tani. Penghasilan kedua orangtuanya hanya cukup untuk memenuhi kehidupan
hidup sehari-hari saja. Di sekolah Ida bergaya layaknya anak
seorang yang
kaya raya karena malu jika teman-temannya tahu bahwa ia hanyalah
anak
seorang buruh
tani.
E. Andi, seorang mahasiswa rantau yang kuliah di sebuah Perguruan Tinggi. Pada akhir bulan jatah uang
sakunya habis. Andi berpikir bagaimana cara mencari uang
agar
kehidupannya
tetap berlangsung. Daripada mencuri akhirnya Andi tidak malu mengamen di jalanan.
9. Nabi saw. bersabda “Allah swt. berfirman, ‘Demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku
tidak menghimpun 2 macam rasa
takut pada diri hamba-Ku, dan Aku juga
tidak
menghimpun 2 macam rasa aman
bagi dirinya. Jika
dia merasa aman dari-Ku di dunia,
maka Aku membuat takut
pada hari kiamat, dan jika dia merasa takut kepada-Ku di dunia,
maka Aku membuatnya merasa aman pada hari kiamat.” (Diriwayatkan Ibnu
Hibban).
Apabila hadis
di
atas diilustrasikan, jawaban yang
menggambarkan perbuatan
khauf/takut adalah….
A. Rijal, seorang ilmuwan yang mampu menciptakan alat yang diklaim mampu
menyelamatkan
manusia saat kiamat tiba, sehingga dia menjadi sombong
dan tidak memiliki khawatir terhadap takdir masa depan.
B. Wisnu merupakan pekerja kantoran namun memiliki konflik batin yang luar biasa. Ia
memiliki kecemasan yang tinggi, sehingga ia
selalu
was-was
dan
khawatir berlebihan
terhadap semua pekerjaannya. Setelah ditelusuri
ternyata
ia seorang yang
mudah iri/tidak senang apabila temannya sedang mendapat kebahagiaan.
C. Ali adalah tipe suami yang takut pada istrinya. Suatu hari ia terlilit hutang yang
menjadikan ia semakin
tertutup
dengan istrinya. Ketika sudah jatuh tempo pelunasan, pihak bank terpaksa menyita beberapa barang berharganya yang
mereka punya. Pada akhirnya sang
istri sadar bahwa keterbukaan dengan pasangan sangat dibutuhkan untuk memecahkan
masalah bersama.
D. Syauqi seorang mahasiswa yang taat pada
nasihat orang tuanya. Salah satu nasihat yang ia selalu
pegang adalah bahwa
Allah swt. selalu mengawasi setiap gerak- geriknya. Oleh karena
itu
ia selalu berhati-hati dalam bertindak dan terus berusaha
memperbaiki diri.
E. Dono mengikuti
organisasi ke-Islam-an dengan
alasan
takut kepada Allah dan cinta
kepada Rasul,
padahal
organisasi tersebut termasuk ilegal karena tidak
mendapat izin
pemerintah dan
dapat membahayakan
persatuan negaranya.
Namun ia tetap mantapdan bertahan karena menurutnya ia bisa mengembalikan kejayaan Islam
dengan wadah organisasi tersebut, meskipun sudah banyak nyawa menjadi
taruhan.
10. Suatu hari,
ada seorang wanita
yang melakukan
donor darah. Selesai
donor wanita tersebut langsung
pulang menaiki bus ke rumahnya. Namun dalam perjalanan, dirinya merasakan ada sesuatu hal yang
aneh. Wanita tersebut merasa pusing
dan dia langsung
pingsan tak tersadarkan diri di dalam bus. Karena
pingsan tersebut, uang serta
barang- barang
berharga miliknya keluar dan berhamburan kemana-mana. Tetapi situasi ini tidak
membuat penumpang bus lainnya bertindak jahat dengan mengambil barang-barangnya.
Semua
barang wanita itu dikembalikan
tanpa ada yang kurang sedikitpun.
Dari kisah di atas, pelajaran
apakah yang dapat
kita petik?
A.
Jika orang itu
berbuat kebaikan
akan
mendapat
pahala berlipat dari Allah swt.
B. Mendonorkan
darah adalah perbuatan yang mulia.
C. Mendonorkan
darah akan mendapat
perlindungan dari
Allah swt. D. Berbuat
kebaikan kepada sesama
akan berbuah
kebaikan
pula.
E. Jika
kita selesai mendonorkan darah,
harus berhati-hati agar
tidak terjadi kasus seperti
dalam kisah di atas.
11. Karena perceraian orangtuanya, Zakaria hidup dalam keadaan kondisi batin yang selalu tidak baik. Ia memutuskan untuk tidak lagi bertemu dengan ayahnya. Namun, ketika
hendak menikah, Zakaria
berfikir sebaliknya, Zakaria menemui ayahnya untuk dapat hadir
dipernikahannya. Zakaria
berfikir bahwa anak-anaknya kelak
harus
melihat ayahnya
memiliki hubungan baik dengan kakeknya. Dan ketika telah memiliki anak,
Zakaria pun senang melihat hubungan mesra
anak-anaknya dengan kakeknya. Kisah di
atas menunjukkan manfaat
dari bersikap…
A.
Optimis
B. Memaafkan
C. Tenggang rasa
D.
Hormat pada orangtua
E.
Berperasangka baik
12. Pak Mahmud memiliki banyak teman dari
berbagai agama,
mulai dari
Kristen,
Katolik, Hindu dan Budha. Suatu saat salah seorang
temannya yang berbeda agama dengannya
meminta diberi pekerjaan oleh Pak Mahmud. Pak Mahmud pun memberikan sebuah pekerjaan kepada temannya itu sesuai dengan kompetensinya. Sikap Pak Mahmud di
atas mencerminkan
pengamalan
nilai-nilai yang sesuai
dengan sifat Allah….
A.
Al-Basith
B. Al-Rahman C.
Al-Rahim
D. Al-Malik
E.
Al-Ghaffar
13. Pak Ahmad adalah seorang
kepala sekolah.
Suatu hari ada salah satu guru yang membutuhkan pertolongan beliau. Dengan senang hati Pak Ahmad membantunya. Pada
hari yang
lain tiba-tiba sekolah mengalami masalah yang cukup pelik. Sebagai kepala sekolah, Pak Ahmad berusaha mencari jalan keluar mengatasi masalah yang
sedang
terjadi. Walaupun badan
lelah, kurang
istirahat, dan
masalah yang
dihadapi
tidakkunjung
usai, Pak Ahmad
tidak
pernah
mengeluh dan berputus
asa, Pak Ahmad
menjalankan tugasnya dengan ikhlas dan sepenuh hati.
Perilaku Pak Ahmad seperti di atas, menunjukkan perilaku yang meneladani nilai-nilai asmaul
husna yang mana?
A. Ar-Rahim
B. Al-Quddus
C.
Al-Malik
D. Ar-Rahman
E. Al-
Ghaffar
14.
Di dalam
Al-Qur’an diungkapkan begitu
banyak
hal
yang bersifat ghaib serta
mengungkap kajadian yang terjadi pada masa lampau. Seperti halnya peristiwa
ditenggelamkannya Raja Fir’aun
di
laut
merah dan
diselamatkan badannya
dengan tujuan untuk memberi
pelajaran kepada umat sesudahnya terkait sifat keji dan kesombongan Fir’aun karena silau dengan kekuasaannya. Sesuai dengan firman Allah,
“Maka
hari ini Kami selamatkan
tubuhmu supaya kamu menjadi pelajaran
bagi orang- orang yang datang sesudahmu dan
sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari
tanda-tanda kekuasaan Kami.”
(QS. Yunus [10]: 92).
Dari pemaparan kisah Fir’aun yang sesuai dengan firman Allah tersebut berarti termasuk bukti keotentikan Al-Qur’an ditinjau
dari…
A.
Kebenaran
sejarahnnya
B. Keindahan bahasanya C.
Kemukjizatannya
D. Keunikan
redaksinya
E.
Isi kandungannya
15. Pada suatu hari yang cerah, telah dilaksanakan acara pengajian Maulid Nabi Muhammad
saw. dengan pembicara seorang kyai yang
tersohor yang akrab di sapa Mbah Sholeh. Di luar
prediksi panitia, saat pengajian
berlangsung tiba-tiba awan mulai gelap yang tak lama
kemudian hujan turun dengan lebat sehingga membuat para jamaah berhamburan untuk
mencari tempat berteduh. Mengetahui hal tersebut, kemudian Mbah Sholeh mengajak
para jamaah untuk mengaminkan doa yang
di bacanya. Seketika itu juga hujan yang
tadinya sangat lebat pelan-pelan reda dan berhenti tidak lama
setelah Mbah Sholeh
selesai berdoa.
Peristiwa seperti diuraikan pada kisah di atas dapat
diidentifikasi sebagai ….
A. Mukjizat B. Karomah C.
Maunah
D.
Irhas
E.
Sihir
16. Sihir telah ada pada budaya masyarakat zaman lampau. Praktik sihir pun pernah marak
pada masa Arab jahiliyah. Para tukang sihir masih ditemukan bahkan saat kenabian.
Rasulullah SAW juga pernah diserang tukang
sihir. Dalam hadis riwayat Imam Ahmad disebutkan, Zaid bin Arqam pernah mengisahkan jika seorang
lelaki Yahudi menyihir
Nabi SAW. Nabi pun mengeluh sakit beberapa
hari. Kemudian, Jibril mendatangi Nabi
dan
berkata, "Seorang Yahudi telah menyihirmu. Dia membuat buhul di sumur ini. Utuslah seseorang untuk mendatangi sumur itu dan mengambilnya." Rasulullah pun mengutus seorang untuk
mengeluarkan buhul itu. Orang
itu
lantas mendatangi Rasulullah SAW. Lalu, Nabi SAW mengurainya. Rasulullah berdiri seakan-akan bangkit dari
ikatan. Beliau
tidak menyebutkannya kepada orang Yahudi
itu, tidak pula melihatnya sampai Nabi SAW meninggal dunia.
Oleh karena itu Islam melarang
umat mempraktikkan sihir.
Dalam pandangan Islam orang yang mempraktikkan sihir termasuk
syirik
karena….
A. Sihir itu dapat membahayakan
orang lain, membuat orang terkenan
sihir dapat sakit badanya bahkan sampai meninggal dunia.
B. Orang yang melakukan sihir itu menyalahi syariat Islam
C. Sihir itu merupakan
sebuah tipuan pandangan mata
D. Orang melakukan sihir itu mendapat dosa besar
E. Orang yang melakukan sihir mengaku mengetahui perkara yang
ghoib.
17. Perhatikan
pernyataan di bawah
ini!
1. Banyak orang belomba-lomba meninggikan bangunan.
2. Banyak wanita yang memakai
pakaian tetapi tidak
menutup aurat.
3. Di masyarakat
banyak terjadi kasus pembunuhan.
4. Datangnya Dadjal
5. Sering terjadi bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan
tanah lonsor,
6. Semakin
maraknya praktik
riba di masyarakat.
7. Munculnya matahari
dari arah matahari
terbenam.
8. Turunnya Nabi Isa ke bumi.
9. Tenggelamnya bumi bagian
barat,
timur
serta jazirah Arab.
Manakah di antara penyataan-pernyataan di atas yang merupakan tanda-tanda kiamat sughra?
A.
1,2,3,4
dan 6
B. 1,2,3, 5, dan 6
C. 2,5,6,7 dan 8
D.
4,5,6,7
dan 8
E.
3,4,5,6,
dan 9
18. Perhatikan
pernyataan di bawah
ini!
1. Banyak wanita yang memakai
pakaian tetapi tidak
menutup aurat.
2. Semakin
meluasnya kebodohan
di tengah-tengah masyarakat.
3. Sering terjadi bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan
tanah lonsor,
4. Munculnya asap
di timur dan barat.
5. Datangnya Dadjal.
6. Turunnya Nabi Isa ke bumi.
7. Munculnya matahari
dari arah matahari terbenam.
8. Tenggelamnya bumi bagian
barat,
timur
serta jazirah Arab.
Manakah di antara penyataan-pernyataan di atas yang merupakan tanda-tanda kiamat kubra?
A.
1,2,3,5
dan 6
B. 2,3,4,7 dan 8
C. 2,5,6,7 dan 8
D.
4,5,6,7
dan 8
E.
3,4,5,6,
dan 7
19. Perhatikan
kutipan ayat-ayat
di bawah ini!
A. Problematika
kehidupan manusia di dunia
B. Gambaran
kehidupan
manusia di alam barzah
C. Kehidupan menjelang hari
kiamat
D. Kedahsyatan peristiwa hari kiamat
E. Gambaran
kehidupan
di surge dan neraka
20. Seorang mahasiswi di sebuah Perguuruan Tinggi di Yogyakarta akan mengikuti wisuda priode Agustus 2019. Segala macam keperluan
wisuda telah
ia persiapkan
dengan matang, mulai dari atribut wisuda, studio untuk
berfoto dan acara
tasyakuran. Keesokan harinya ketika ia hendak menyebrang
jalan menuju gedung tempat diselenggarakannya
wisuda, tiba-tiba sebuah mobil melaju dengan kencang
dan
menabrak mahasiswi tersebut
hingga tewas. Pelajaran apa yang dapat
kita ambil dari kisah tersebut?
A.
Manusia hanya bisa berencana,
tapi Allahlah yang berkehendak
B. Maut
merupakan takdir mubramnya Allah yang tidak
dapat
dirubah oleh manusia
C. Kejadian
tersebut merupakan
merupakan takdir
muallaq Allah
D. Hidup
harus selalu kita pasrahkan kepada Allah
sebagai pengatur
kehidupan
E. Kita
harus selalu bersikap ikhlas dalam
menerima takdir Allah
21. Nasehat ini selalu diajarkan Pak Ahmad kepada anak-anaknya. Agar seseorang menjadi pandai, sehat, dan hidup makmur maka
harus berusaha meraihnya, bukannya pasrah
menunggu nasib. Tidak mungkin seseorang menjadi pandai kalau
malas belajar, tidak
mungkin seseorang menjadi sehat kalau
tidak mengkonsumsi
makanan sehat dan berolahraga, dan tidak mungkin seseorang menjadi kaya kalau malas bekerja, namun ketiga hal tersebut belum menjadi hal mutlak karena adanya kehendak Allah Yang Maha Kuasa. Jadi, meskipun
Allah swt.. telah menentukan
segalanya, manusia
tetap harus berusaha mengubah nasibnya. Nasihat Pak Ahmad kepada anak-anaknya tersebut didasarkan pada keyakinan
akan adanya ….
A. Ketentuan nasib
B. Takdir Muallaq
C. Takdir Mubram
D. Qada
E. Qodar
22. Allah swt. berfirman, “Siapa saja yang diberi petunjuk oleh Allah, maka ia adalah pihak
yang mendapat petunjuk; dan siapa saja yang
disesatkan-Nya, maka kalian tidak akan mendapatkan seorang
pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya,” (QS Al- Kahfi:
17). Allah swt. memberi manusia anugerah
berupa akal, pikiran, dan kehendak.
Selain itu, Allah swt. juga memberi dua petunjuk. Ada yang baik, dan ada pula yang buruk. Kemana
pun ia hendak pergi, maka
ia boleh memilihnya dari salah satu di antara
kedua petunjuk itu.Manakah sikap hidup yang seharusnya dimiliki seseorang mensikapi ayat
di atas?
A. Pak Roy menjalani hidup secara “mengalir” apa adanya karena ia yakin bahwa
segala
sesuatu yang terjadi
di dunia ini sudah takdir Allah.
B. Nenek Qariah tidak dapat menerima kenyataan bahwa cucu kesayangannya lebih
dulu meninggal daripada dirinya yang sudah
tua.
C. Dokter tidak bisa menyelamatkan nyawa Amin meskipun sudah berusaha yang
terbaik.
D. Ibu Meli melahirkan seorang bayi perempuan meskipun ia berharap bisa melahirkan
bayi
laki-laki.
E. Bu Fatimah suka mendengarkan nasihat-nasihat
yang baik, atau membaca buku- buku agama dan
terus
berdoa kepada Allah, sehingga ia hidupnya lebih terarah.
23. Di dalam Al-Qur’an kata Al-Qadar muncul
dalam beberapa bentuk dan makna. Berikut beberapa bentuk dan makna tersebut,
kecuali ….
A. at-Tadyiq (menyempitkan)
B. at-Ta’dhim (mengagungkan)
C. at- tathwir ( mengembangkan)
D. at-Tadbir (mengatur).
E. at-Tahdid (membatasi).
24. Manusia bebas mempergunakan
pikiran dan berbuat
sendiri. Buruk dan baik nasib
manusia, janganlah selalu
dipertanggungjawabkan
kepada Tuhan. Nasib manusia
adalah di tangan
mereka sendiri. Ha ini termasuk
pemahaman ….
A. Mu'tazilah
B. Jabariyah
C.
Qadariyah
D. Al-
maturidiyyah
E.
Asyaariyyah
25. Makna al-Karîm
adalah
apabila berkuasa akan mengampuni, apabila berjanji akan menepati,
apabila memberi
akan
memberi
lebih dari yang diminta.
Allah tidak pernah berhitung berapa dan kepada siapa yang diberi.
Penjelasan tersebut
merupakan pendapat….
A.
M.
Quraish Shihab
B. Umar
Sulaiman al-Asyqar
C. Imam
Al_Ghazali
D.
Ibn Katsir
E.
Imam An-Nawawi
26. Penyingkapan
hakikat kebenaran atau
ma’rifah kepada Allah tidak diperoleh melalui
logika tetapi melalui hati yang bersih (suci). Konsep
tersebut termasuk penjelasan tentang tasawuf….
A. Akhlaqi
B. Falsafi
C. Irfani
D.
Salafi
E.
Amali
27. Tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan
antara visi mistis dan
visi rasional merupakan
tasawuf….
A.
Akhlaqi
B. Falsafi
C. Irfani
D.
Salafi
E.
Amali
28. Pendapat
siapakah yang menyatakan bahwa tiada sesuatupun yang wujud kecuali Allah, sehingga manusia dan alam
semesta semuanya adalah
Allah ?.
A.
Abu
Yazid Albusthami
B. Al-Kindi
C. Imam
Al Ghazali
D.
Ibnu Arabi
E.
Alhallaj
29.
Berikut
adalah argumentasi yang menyatakan mengapa kata tasawuf diambil
dari kata
“Ahlu suffah” (ةفصلا لها ):
A.
karena orang-orang yang ketika shalat selalu
berada di shaf paling depan
B. karena kelompok orang yang
ahli hikmah dan
suka mengasingkan
diri dari masyarakat
C. karena sekelompok
orang pada masa Rasulullah yang hidupnya diisi dengan
banyak
beribadah dan
berdiam diri di serambi-serambi masjid
D.
karena sekelompok orang yang meninggalkan dunia
mementingkan akhirat
E.
karena kelompok
orang sufi yang memakai
baju dari wol
30. Akhlak adalah Keadaan
jiwa
yang mendorongnya untuk melakukan
perbuatan- perbuatan tanpa melalui pertimbangan pikiran (lebih
dulu). Definisi akhlak
tersebut merupakan pendapat
dari ….
A.
Imam Ghazali
B. Ibnu
Miskawaih
C. Ahmad
Amin
D.
Abdullah
Darroz
E.
Abd.
Hamid
Yunus
Selamat belajar teman Kerang,
Kerang sudah posting Soal Pretest Akidah Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, semoga
bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun
ini, aamin.
Silahkan Share dan subcribe biar
mempermudahkan sahabat Kerang dapat notififikasi terkait info baru soal-soal
PPG tahun ini..
Sebelum Kerang akhiri postingan
ini kami tak henti-hentinya mengajak sahabat-sahabat Kerang untuk terus
memberikan dukungan kepada situs https://kerang11-bio.blogspot.com/ dengan cara
bagikan atau share postingan ini. Terima kasih.
Salam Guru Profesional.
DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022
Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022
2. Contoh Soal Pretes Tes Karakteristik Pribadi 2022
3.
Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas
4.
Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel
IPA
5.
Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPS
6.
Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022
7.
Contoh
Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
8.
Contoh
Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
9.
Contoh Soal 1 Pretes Guru RA PPG KEMENAG
10. Contoh Soal 2 Pretes Guru RA PPG KEMENAG
11. Contoh Soal 1 Pretes Guru PJOK PPG
KEMENAG
12. Contoh Soal 2 Pretes Guru PJOK PPG
KEMENAG
13. Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak
Post a Comment for "Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak"