Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 3
Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 3
Assalamualaikum, salam sukses
Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Akidah
Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban
sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik
(Pretest).
Sebenarnya Soal Pretest ini
terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa
soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu
hehe. Berikut ini soalnya Kerang bagikan.
61. Pendapat siapakah yang menyatakan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang
berisi alasan- alasan mempertahankan kepercayaan-kepercayaan
iman
dengan menggunakan
dalil fikiran
dan juga berisi tentang bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang mempunyai kepercayaan-kepercayaan menyimpang ?.
A. Raghib al-Asfahani
B. Quraisy Syihab
C. Ibnu Khaldun
D. Al Maraghi
E. Ibnu Arabi
62. Penjelasan berikut yang tidak
termasuk ajaran-ajaran
dalam Murji’ah adalah....
A. iman hanya membenarkan
(pengakuan)
di dalam hati
B. orang Islam yang melakukan dosa
besar tidak dihukumi kafir
C. seorang muslim
tetap mukmin
selama ia mengakui dua kalimat syahadat
D. hukum terhadap perbuatan
manusia ditangguhkan hingga hari
kiamat
E. al-Quran adalah qadim dan bukan
makhluk yang diciptakan
Allah
63. Berikut yang tidak
termasuk tokoh-tokoh khawarij terpenting adalah....
A. Abdullah bin Wahab al-Rasyidi
B. Abu Musa Al-Asyari
C. Urwah bin Hudair
D.
Mustarid
bin Sa’ad
E.
Hausarah
al-Asadi
64. Ajaran yang berdasarkan 5
Prinsip pokok ajaran
berikut:
Tauhid (keesaan Allah),
Al-
‘Adl (keadilan
Tuhan),
Al-Wa’d wa al-Wa’id (janji dan
ancaman), Al-Manzilah
baina al- Manzilatain
(posisi di antara posisi),
Amar Ma’ruf dan
Nahi Munkar, adalah
ajaran dari aliran….
A. Asy'ariyah
B. Ahlussunnal wal jamaah
C. Murjiah
D. Mu'tazilah
E. Jabariyah
65. .يب دبع نظ دتع انا Hadis
Qudsi tersebut menjelaskan tentang ….
A. syukur kepada Allah
B. cinta kepada Allah
C. tawadhu‘
D. husnuzzan kepada Allah
E. qana‘ah
66. Islam berpandangan
bahwa baik
dan buruk itu adalah
sesuai dengan kehendak
Allah dan yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw. Beberapa kalangan
pengkaji etika maupun akhlak menklasifikasi beberapa ukuran baik dan buruk menjadi
beberapa teori.
Berikut
salah satu dari teori -teori pengkaji etika maupun
akhlak tentang klasifikasi ukuran
baik dan buruk yang tidak sesuai
dengan pandangan Islam adalah….
A. Humanisme B.
Sosialisme, C. Vitalisme
D. Utilitarisme
E. Hedonisme
67. Dalam QS
Yunus: 22-23 Allah menggambarkan tentang perbuatan yang tidak terpuji dari
hamba-hamba-Nya. Akhlak mazmumah
seperti apa yang dilukiskan ayat
tersebut
adalah....
A. sering hasud
B. adu
domba
C. memfitnah
D. menjelekkan satu
kaum
E. tidak bersyukur
68. Akhlak madzmumah adalah tingkah laku tercela
atau perbuatan jahat yang merusak iman seseorang dan
menjatuhkan martabat
manusia.
Akhlak tercela dapat diartikan sebagi
sikap
dan perbuatan yang buruk
menurut pandangan agama
dan
buruk menurut masyarakat pada
umumnya.
Penilaian
suatu perbuatan harus
didasarkan dua kekuatan tersebut. Jika
salah satu saja yang dijadikan
ukuran, maka kemungkinan
apakah yang
akan
terjadi?
A. muncul banyak
kebohongan
B. muncul keragaman pemahaman
C. adanya kerancuan
dalil
D. akan muncul kedengkian
E. akan muncul sikap dan tingkah laku yang apologis
69. Judi termasuk
dari akhlak mazmumah. Larangan
Judi difirmankan Allah dalam surat….
A. al-Maidah
: 90-91
B. al-Isro':
23
C. al
mu'minum : 8
D. al-mumtahanah
:8-9
E. al
Baqarah
: 67
70. Salah satu
bahaya syirik yang dijelaskan
dalam surat Ar Ruum ayat 31-32 adalah….
A. memecah
belah
umat
B. menyebabkan
masuk
neraka
C. sumber
ketakutan dan kecemasan
D. sarang khurafat
dan
kebatilan
E. kedzoliman yang besar
71. Rasulullah menjelaskan
sesuatu yang paling dikhawatirkan
untuk para sahabat adalah syirik kecil.
Apakah yang dimaksud
dengan syirik
kecil itu?.
A. menyembah
patung
B. menjadi
munafiq
C. memfitnah
D. mengakui
kekuatan selain Allah
E. riya'
72. Berdasarkan
dimensi
tauhid, syirik terbagi dalam 3
bagian.
Salah
satu bentuk syirik tersebut adalah
syirik yang menyamakan sifat Allah dengan sifat
makhluk,
padahal Allah tidak
sama dengan
makhluk-Nya(laisa kamitslihi syaiun).
Syirik semacam ini disebut....
A. syirik dalam
Uluhiyah
B. syirik dalam
Rububiyah
C. syirik dalam Asma‘
dan
Sifat
D. syirik dalam
perbuatan
E. syirik dalam
perkataan
73. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada anak usia antara 7-17 tahun dapat dipilih
model pembelajaran berdasarkan teori perkembangan intelektual peserta didik adalah ….
A. fisik dan psikomotorik
B. kognitif dan
afektif
C. sensorik
dan motorik
D. kognitif dan
psikomotorik
E. afeksi dan psikomotorik
75.
Terjadi tawuran pelajar dewasa ini merupakan cerminan dari perilaku menyimpang anak. Perkembangan moral adalah perkembangan yang
berkaitan dengan aturan dan
konvensi mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam interaksinya
dengan orang lain.
Perilaku menyimpang tersebut disebabkan
oleh ….
A. lingkungan
sekitar yang mempengaruhi
B. perkembangan
moral anak yang tidak berhasil
C. orangtua yang
abai
terhadap
anaknya
D. pengakuan akan jati diri dan
idola
E. kurangnya perhatian dari sekeliling anak
76. Pendidikan tidak boleh menghasilkan manusia bermental benalu dalam
masyarakat,
yakni
lulusan
pendidikan formal yang
hanya menggantungkan
hidup
pada
pekerjaan formal
semata.
Pendidikan selayaknya menanamkan kemandirian, kerja keras dan kreatifitas yang
dapat membekali manusianya agar bisa survive dan
berguna dalam masyarakat.
Menurut teori
perkembangan emosional,
perilaku
peserta
didik yang
sesuai
di
masyarakat
adalah ….
A. merasa nyaman,
berkata sopan, berakhak karimah, dan
bersemangat
B. mandiri,
kreatif, memecahkan
masalah dan bersemangat
C. kreativitas,
problem solving, berpikir kritis dan berakhlakuk
karimah
D. suka
menolong, berkata sopan,
kratif
dan berpikir kritis
E. memecahkan
masalah, menganalisis,
evaluasi
dan
bersemangat
77. Menurut pada ahli, gaya belajar anak beragam. Hal ini dapat dipahami dari makna belajar. Belajar adalah proses interaksi antara
stimulus dan respon. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang
dapat diamati, atau tidak
kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati. Jenis teori belajar ini adalah
….
A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sosial
78. Para
ahli pendidikan
mengatakan
bahwa
belajar
tidak
sekedar melibatkan hubungan antara
stimulus dan respon. Belajar merupakan suatu bentuk teori belajar
yang sering disebut sebagai model perseptual. Tingkah laku seseorang
ditentukan
oleh persepsi serta
pemahamannya
tentang situasi
lainnya. Dengan
demikian,
belajar merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang
didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf. Hal ini sesuai dengan jenis teori
belajar ….
A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sosial
79. Proses belajar yang menekankan pada pemberian makna oleh siswa kepada
pengalamannya melalui proses asimilasi dan akomodasi yang
bermuara pada
pemutahkiran struktur kognitifnya, merupakan
jenis teori
belajar ….
A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sosial
80. Menurut Jurgen Habermas, belajar baru akan terjadi jika ada interaksi antara individu dengan lingkungannya. Lingkungan belajar yang
dimaksud di sini adalah lingkungan alam maupun lingkungan sosial, sebab antara keduanya tidak dapat
dipisahkan, sehingga dikenal dengan belajar teknis. Hal ini termasuk jenis teori belajar
….
A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sosial
81.
Dalam pembelajaran, guru harus memberikan rangsangan kepada anak sebagai
makhluk sosial. Dorongan rasa ingin tahu anak muncul dari fenomena
dan pengalaman hidup
bermasyarakat.
Hal
ini termasuk jenis teori
belajar ….
A. Behavioristik
B. Kognitif
C. Konstruktivistik
D. Humanistik
E. Sosial
82. Pembelajaran Abad 21 mengikuti model
pengembangan
kemampuan berpikir kritis, kreatif,
inovatif dan kolaboratif.
Guru bertugas mengembangkan rencana pembelajaran yang berbasis model tersebut. Upaya guru tersebut tertuang dalam
….
A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi
Dasar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Srategi
Pembelajaran
E. Media
pembelajaran
83.
Dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak, pengetahuan tentang kognisi yang merupakan
tindakan
atas dasar suatu
pemahaman, digunakan guru
dalam menjelaskan materi. Disamping
itu
kesadaran dan pengendalian berpikir, serta
penetapan keputusan tentang sesuatu juga dibelajarkan oleh guru. Sebagai contoh memperbaiki hubungan pertemanan yang rusak, membuat karya tulisan, berpikir
mengapa masih banyak orang yang
melakukan dosa, dan lain-lain. Model
pembelajaran ini menekankan pada pengembangan
kemampuan ….
A. berpikir
kritis
B. memecahkan
masalah
C. membangkitkan kreatifitas
D. berpikir
kreatif
E. berpikir
inovatif
84.
Jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial lebih dari 50%, maka tindakan yang
dilakukan
adalah
pemberian
pembelajaran
ulang secara
klasikal dengan model dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif
berbasis pada berbagai
kesulitan belajar yang
dialami peserta didik yang berdampak pada peningkatan kemampuan untuk mencapai kompetensi
dasar tertentu. Model
pembelajaran
ini menekankan pada pengembangan kemampuan ….
A. berpikir
kritis
B. memecahkan
masalah
C. membangkitkan kreatifitas
D. berpikir
kreatif
E. berpikir
inovatif
85.
Pengetahuan pendidik tentang teknologi, pedagogi dan konten yang integratif dapat menjadi salah satu kemampuan dahsyat dalam implementasi pendidikan
(kurikulum) masa kini (era digital). Ketika abai terhadap penggunaan teknologi, maka akan dipastikan pengembangan pendidikan akan stagnan dan tidak dapat menyesuaikan
dengan pengembangan
jaman. Upaya
mengetahui pelaksanaan
pembelajaran berbasis TPACK dapat ditempuh
melalui ….
A. penggunaan strategi yang tepat
B. pemanfaatn media yang sesuai
C. instrument implementasi
kurikulum dalam ekosistem pendidikan
D. pengembangan
sumber belajar yang memadai
E. dukungan metode dan
strategi yang sesuai dengan kompetensi
86. Implementasi TPACK di ruang kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, agak rumit dan membutuhkan kemampuan komputer. Beberapa cara yang bisa digunakan
adalah
….
A. memimjam
perpustakaan
B. memanfaatkan
sumber belajar
C. meminta siswa membawa dari rumah
D. menggunakan aplikasi yang bertebaran
di internet
E. mengundang jasa layanan internet
87. Pada abad 21 terjadi perubahan strategi pengajaran yang dilakukan oleh guru dari
cara yang
tradisional kini mengarah pada pendekatan digital yang dirasa lebih relevan dalam memenuhi kebutuhan siswa. Akan tetapi proses transisi dari lingkungan kelas yang menerapkan cara tradisional ke cara digital sangat
bervariasi tergantung
pada cara guru dan sekolah yang
bersangkutan dalam merespon dan
menyikapinya. Langkah-langkah
penentuan
pendekatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan tuntutan K-13 dan perkembangan abad 21 adalah ….
A. fokus pembelajaran
pada praktik belajar lebih
dalam dan belajar kemitraan baru
B. fokus pada materi yang ada dan mengembangkannya sesuai dengan KD
C. pembelajaran tidak langsung dan
bisa
dilakukan dengan berbasis web
D. pemanfaatan teknologi
untuk mengganti guru
dalam
pembelajaran
E. pembelajaran aktif, menarik, kreatif dan
menyenangkan
88. Dukungan infrastruktur pembelajaran berperan
penting
dalam pencapaian
kompetensi abad 21. Ruang
fisik dimana dan
kapan
siswa melakukan proses
belajar menjadi faktor
pendukung yang signifikan. Ruang fisik tidak mencakup
….
A. aspek desain yang fleksibel
B. fasilitasi keterhubungan yang
konstruktif
C. konfigurasi
perpustakaan yang menjadi pusat belajar
D. desain yang memudahkan berhubungan
dengan dunia
luar
E. desain komunitas yang lebih terbatas
89. Berdasarkan rumusan KI, KD dan IPK guru dapat menentuakan sumber belajar konvensional dan sumber
belajar berbasis IT. Sumber belajar yang berbasis IT
memerlukan … guru.
A. keterampilan
B. kemauan
C. kemampuan D. keberanian
E. komitmen
90. Model pembelajaran aktif yang mengarahkan siswa untuk
memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada
suatu kesimpulan adalah
model pembelajaran ….
A. Pembelajaran Kontekstual
B. Pembelajaran Inkuiri
C. Project Based Learning
D. Problem Based Learning
E. Discovery Learning
DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022
1.
Contoh
Soal Pretes Pedagogik 2022
2.
Contoh
Soal Pretes Tes Karakteristik Pribadi 2022
3.
Kisi-Kisi
Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas
4.
Kisi-Kisi
Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPA
5.
Kisi-Kisi
Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPS
6.
Contoh
Soal Pretes Pedagogik 2022
7.
Contoh Soal 1
Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
8.
Contoh Soal 2
Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
9.
Contoh Soal 1 Pretes Guru RA PPG KEMENAG
10.
Contoh Soal 2
Pretes Guru RA PPG KEMENAG
11.
Contoh Soal 1
Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG
12.
Contoh Soal 2
Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG
13. Contoh Soal 1
Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak
14. Contoh Soal 2
Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak
15. Contoh Soal 3 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah AKhlak
Post a Comment for "Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 3"