Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 4
Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 4
Assalamualaikum, salam sukses
Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Akidah
Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban
sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik
(Pretest).
Sebenarnya Soal Pretest ini
terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa
soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu
hehe. Berikut ini soalnya Kerang bagikan.
91. Perhatikan pernyataan ciri pembelajaran holistik berikut ini!
(1) Tujuan pembelajaran holistik
adalah
terbentuknya manusia seutuhnya dan masyarakat seutuhnya.
(2) Materi pembelajaran holistik mengandung kesatuan pendidikan jasmani-ruhani, mengasah kecerdasan intelektual-spritual-emosionalkesatuan materi
pendidikan pribadi-sosial-ketuhanan.(3) Proses pendidikan holistik mengutamakan kesatuan kepentingan anak didik dan
masyarakat.
(4) Evaluasi Pendidikan holistik mementingkan tercapainya perkembangan anak
didik dalam bidang penguasaan
ilmu.
(5) Media pembelajaran menekankan aspek
psikomototik
Dari pernyataan tersebut yang merupakan pembelajaran holistik ditunjukkan nomor
…
A. (1), (2)
dan (3)
B. (1), (2) dan
(4)
C. (1), (3) dan (4)
D. (2), (4) dan (5)
E. (3), (4) dan (4)
92. Perhatikan konsep
pembelajaran kontekstual dan futuristik berikut ini!
(1) Materi pembelajaran tidak hanya tekstual melainkan
dikaitkan dengan
penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari siswa
(2) Lingkungan keluarga, masyarakat, alam sekitar, dan dunia kerja menjadi basis pembelajaran
(3) Pembelajaran menjadi bermakna bagi
siswa.
(4) Pengetahuan
menjadi dasar perubahan
(5) Anak lebih menyukai belajar
sendiri dengan menggunakan alat komunikasi yang
bisa menjangkau dunia
yang tak
terbatas.
(6) Anak harus diberi kebebasan untuk memilih metode
dan
teknik-tekniknya, untuk mereka jalani dan pada akhirnya akan mampu
menyiapkan laporanDari pernyataan tersebut yang
merupakan pembelajaran kontekstual dan futuristik
ditunjukkan nomor …
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (1) dan
(5)
D. (4) dan (5)
E. (4) dan (6)
93. Rancangan pembelajaran yang menggunakan teknologi dan informasi abad 21
digunakan
media ….
A. alat peraga
B. komputer
C. android
D. smartphone
E. web
94. Perhatikan
aplikasi kegiatan
belajar (learning
event) berikut
ini!
Dalam kegiatan ini, guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta
didik untuk
melakukan
pengamatan melalui kegiatan:
melihat, menyimak,
mendengar, dan membaca. Guru memfasilitasi peserta
didik untuk melakukan
pengamatan, melatih mereka untuk memperhatikan (melihat, membaca, mendengar) hal hal yang penting dari suatu benda atau objek pendidikan agama Islam, misalnya, menyimak video qiraah atau
film Islami.
Learning event ini termasuk
pada unsur ….
A. mengamati
B. menanya
C. mengumpulkan
informasi D. mengasosiasikan informasi E. mengkomunikasikan hasil
95. Perhatikan
aplikasi kegiatan
belajar (learning
event) berikut
ini!
Dalam kegiatan ini, guru membuka kesempatan secara luas kepada peserta didik
untuk bertanya mengenai apa yang
sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat. Guru
perlu membimbing peserta didik untuk dapat mengajukan pertanyaan: pertanyaan
tentang hasil pengamatan objek yang konkret sampai kepada yang abstrak berkenaan dengan fakta, konsep, prosedur, ataupun hal lain yang lebih abstrak. Pertanyaan yang bersifat faktual sampai kepada pertanyaan yang bersifat
hipotetik.
Learning event ini termasuk
pada unsur ….
A. mengamati
B. menanya
C. mengumpulkan
informasi D. mengasosiasikan informasi E. mengkomunikasikan hasil
96. Guru melaksakan aktivitas pembelajaran
yang menekankan pada proses mengasosiasi atau memproses
informasi. Tujuannya untuk
menemukan keterkaitan
satu informasi dengan
informasi lainnya serta menemukan pola dari
keterkaitan informasi dan bahkan mengambil berbagai kesimpulan dari kumpulan
data yang telah
ditemukan.
Learning event ini termasuk
pada unsur ….
A. mengamati
B. menanya
C. mengumpulkan
informasi D. mengasosiasikan
informasi E. mengkomunikasikan hasil
97. Diantara upaya guru untuk mengatasi masalah pembelajaran Aqidah Akhlak dengan pendekatan saintifik adalah
melalui penerapan TPACK. TPACK
memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara langsung
dan
tidak langsung. Peserta
didik tidak hanya bisa belajar melalui tatap muka, tetapi juga bisa belajar di
mana
saja melalui fasilitas teknologi yang memadai.
Dalam rangka
mengajarkan materi-materi yang gaib dalam bidang Aqidah Akhlak, maka fokus
yang dipelajari bisa merujuk pada objek-objek yang
dapat dikaitkan dengan keberadaan yang
gaib itu. Misalnya, mengajar materi tema Tuhan (Allah), maka pendekatannya tidak langsung menghadirkan Allah secara empirik, tetapi bisa membuat analogi-analogi yang bisa dikaitkan
dengan keberadaan Tuhan.
Langkah yang tepat
dalam penerapan
TPACK pada pembelajaran adalah ….
A. menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi,
mengkomunikasikan hasil
B. mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan
informasi, mengkomunikasikan
hasil
C. mengamati, menanya, mengasosiasikan informasi,
mengumpulkan informasi,
mengkomunikasikan
hasil
D. mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan hasil, mengasosiasikan
informasi,
E. menanya, mengamati, mengumpulkan informasi, mengkomunikasikan hasil,
dan mengasosiasikan informasi.
98. Dalam pembelajaran tahap ini, aktivitas guru bertumpu
pada penyampaian informasi sebagai dasar bagi kegiatan
berikutnya yaitu mengasosiasi atau
memproses informasi. Tujuannya untuk menemukan keterkaitan
satu informasi dengan informasi
lainnya, menemukan
pola dari keterkaitan
informasi
dan bahkan mengambil berbagai kesimpulan
dari kumpulan data yang telah
ditemukan. Langkah ini termasuk dalam
penerapan pembelajaran abad 21
pada tahap ….
A. mengamati
B. menanya
C. mengumpulkan informasi
D. mengasosiasikan informasi E. mengkomunikasikan hasil
99.
Pak Rusdi selaku guru Akidah Akhlak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran materi makna iman kepada malaikat pada kelas 7 SMP.
Selepas melaksanakan
pembelajaran Pak Rusdi memberikan
tes dengan menggunakan
bentuk soal uraian kepada peserta didik. Setelah para
peserta didik selesai mengerjakan soal-
soal yang
diberikan, Pak Rusdi kemudian
mengumpulkan pekerjaan para peserta didik
tersebut, lalu ia mengoreksi dan memberikan
skor atas jawaban
para peserta didik
sesuai dengan pedoman penskoran yang
telah disiapkan. Kegiatan yang
dilakukan Pak Rusdi
termasuk termasuk kegiatan ….
A. pengukuran
pembelajaran
B. penilaian pembelajaran C. asesmen pembelajaran D.
evaluasi pembelajaran
E. appraisal pembelajaran
100. Pak Salman setelah mengoreksi hasil ulangan harian yang ia lakukan pada kelas
11 SMA, ia mendapati salah seorang peserta didiknya mendapat skor 70.
Berdasarkan hasil tersebut kemudian Pak Salman memberikan kegiatan
remidial
karena skor tersebut masih di bawah KKM yang telah ditetapkan yakni 80.
Kegiatan yang dilakukan Pak Salman dengan tahapan seperti itu termasuk
kegiatan….
A. pengukuran
pembelajaran
B. penilaian pembelajaran
C. asesmen
pembelajaran
D. evaluasi
pembelajaran
E. appraisal
pembelajaran
101. Pak Usman
baru
saja
melaksanakan kegiatan pembelajaran tentang akhlak terpuji.
Kemudian ia hendak melakukan penilaian
hasil belajar peserta didik untuk mengetahuai sejauhmana kemampuan mereka
dalam mempraktikkan tata cara menghormati orang tua yang baru saja dibelajarkan
tersebut. Teknik penilaian yang paling
cocok
digunakan oleh Pak Usman adalah….
A. Tes unjuk kerja
B. Penugasan
C.
Tes
lisan
D. Proyek
E. Portofolio
102. Melalui pola
pembelajaran hibrida yang memanfaatkan IT, seperti penggunaan perangkat komputer atau
smartphone yang
terkoneksi
pada
jaringan
internet memberikan peluang seluas- luasnya bagi guru dan siswa
untuk melakukan aktivitas belajar sambil melakukan aktivitas yang lainnya,
termasuk rekreatif secara bersama-sama. Inilah yang dimaksud dengan
pembelajaran...
A. Multidimensi
B. Multitasking
C. Multidisipliner
D. Multiinterdisipliner
E. Multilearner
103. Hasil uji validitas soal tes hasil belajar yang dilakukan Bu Siti Aminah diperoleh data sebagai berikut.
No.
Soal |
Koefisien Korelasi |
1 |
.036 |
2 |
.314 |
3 |
.267 |
4 |
.091 |
5 |
.259 |
6 |
.166 |
7 |
.421* |
8 |
.158 |
9 |
.224 |
10 |
.306 |
Berdasarkan
data di atas soal-soal yang dinyatakan valid menurut
kriteria umum
adalah…..
A. soal nomor
3, 5, 9
B. soal
nomor 2, 7, 10
C. soal nomor
2, 5, 7
D. soal nomor
3, 8, 10
E. soal nomor
5, 9, 10
104. Pada ulangan harian, Aminah mendapat skor 74 dari skor maksimum
80. Dengan
menggunakan pendekatan penilaian beracuan patokan (PAK) dan dengan skala 0-
100. Berapa nilai yang diperoleh
Aminah tersebut? A. 74
B. 83,5
C. 87,5
D. 92,5
E. 96,5
105. Implementasi teori belajar sosial dalam pembentukan akhlak anak dapat dilihat dari proses
belajar, dimana
proses belajar menekankan pada konsep modelling. Umpan balik yang bersifat memperbaiki memiliki peran penting
untuk membentuk perilaku yang diinginkan.
Umpan balik ini bukan hanya ditujukan pada aspek-aspek yang benar pada penampilan, tapi
yang lebih penting ialah ditujukan pada aspek-aspek yang salah pada penampilan. Secara cepat memberi tahu siswa tentang
respon yang
tidak tepat sebelum berkembang
menjadi kebiasaan yang
tidak
diinginkan merupakan
pengajaran yang
baik.
Model belajar
ini termasuk belajar pada fase....
a. Perhatian b.
Retensi
c. Reproduksi
d. Penguatan e. Motivasi
106. Di bawah ini, contoh implementasi penggunaan Technological Pedagogical and Content
Knowledge (TPACK) yaitu....
A. Guru memasukkan nilai siswa menggunakan microsoft exel agar sistematis dan mudah
dalam proses pengolahannya
B. Guru menyampaikan materi Akidah
Akhlak menggunakan tayangan
video pada slide
power point
C. Guru membuat soal evaluasi menggunakan microsoftword agar tertata rapi dan mudah
digandakan
D. Guru
memberikan rangkuman
materi pecahan
dalam
bentuk modul
E. Guru
mencatatkan materi
keanekaragaman
hayati dengan
metode dikte
107.
Peserta didik diera digital dapat
menggunakan perangkat
nirkabel
bergerak (internet) sebagai media peralatan
interaktif
kapanpun dan
dimanapun
saat diperlukan.
Hal ini merupakan
salah
satu bentuk kegiatan
belajar yang dapat dilakukan dengan
memanfaatkan
media digital berbasis komputer yang disebut
..
A. Interactive tools
B. Situational
tools
C. Interacting with
others
D. Media
tools
E. Alternative tools
108.Pak Agus
melaksanakan
pembelajaran yang mengakomodasi
semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan
tanggapan
terhadap skenario secara bebas sehingga dimungkinkan muncul berbagai
alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan Pak Agus
tersebut merupakan
implementasi model pembelajaran….
A.
Contextual Teaching and Learning
B. Cooperative Learning
C. Problem Based Learning
D.
Project
Based Learning
E. Role Playing
109. Kemampuan untuk menciptakan, memiliki daya cipta atau mampu
menciptakan
sesuatu yang baru baik
berupa gagasan maupun alat yang relatif
berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran
merupakan sikap
kreatif guru ketika
menyampaikan ilmu
kepada siswa.
Model yang sesuai dengan
sikap kreatif
memanfaatkan
lingkungan
sekitar sebagai sumber belajar adalah….
A. Contextual Teaching
and Learning
B. Cooperative Learning
C. Problem Based Learning
D. Project Based Learning
E. Role Playing
110. Perhatikan pernyataan
berikut
ini:
1. Pembelajaran kontekstual peserta
didik bersentuhan
langsung dengan obyek belajar,
sedangkan pembelajaran futuristik
tidak bersentuhan langsung dengan obyek
belajar
2. Pembelajaran
kontekstual
sumber belajar menggunakan
media
elektronik,
pembelajaran futuristic sumber
belajar menggunakan
internet
3. Pembelajaran kontekstual menggunakan model probelm based learning, sedangkan
pembelajaran futuristik menggunakan model blended learning
4. Pembelajaran kontekstual mengutamakan keaktifan peserta didik, sedangkan pembelajaran
futuristik mengutamakan keaktifan peserta didik
dan
guru
5. Pembelajaran kontekstual menggunakan pendekatan inquiry, pembelajaran futuristik
menggunakan pendekatan
problem solving
Dari
pernyataan di atas, manakah
perbedaan
pembelajaran kontekstual dengan futuristik yang
benar....
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
E. 5
111.
Disajikan
beberapa pernyataan
sebagai berikut:
1. Memotivasi
siswa untuk memperbaiki meningkatkan prestasi
2. Mencari
faktor-faktor
keberhasilan dan
kegagalan seorang guru
3. Mendapatkan data-data
pembuktian tentang kemajuan siswa
4. Mengetahui
tingkat
efektivitas metode
pembelajaran
5. Mengetahui
kualitas kompetensi seorang guru
Dari pernyataan di atas yang termasuk
tujuan evaluasi
adalah...
A.
1,
2, 3
B. 1, 3, 4
C. 3,4, 5
D. 1,2,5
E. 2,3,4
113.Guru Aqidah Akhlak ditekankan untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas, karena dengan melaksanakan
penelitian
tindakan kelas banyak manfaat yang
akan dirasakan oleh guru.
Di antara manfaat tersebut adalah guru dituntut banyak
membaca buku/literatur ataupun artikel-artikel hasil penelitian dan yang lainnya.
Disamping itu, dengan melaksanakan penelitian tindakan
kelas, guru juga terbiasa untuk menulis karya ilmiah
dan mempublikasikannya.
Apa yang akan diperoleh guru Aqidah Akhlak seperti
diuraikan di atas berarti penelitian
tindakan kelas memberikan
manfaat bagi guru, yaitu
….
A. |
membangun budaya akademik |
|
|
B. |
meningkatkan
mutu pendidikan/pembelajaran |
||
C. |
guru
terbiasa menyelesaikan
persoalan-persoalan yang |
dihadapi |
dalam |
|
melaksanakan proses pembelajaran
di kelas |
|
|
D. |
guru
akan terbantu dalam proses
kenaikan pangkatnya |
|
|
E. |
guru
akan mengembangkan profesinya secara berkelanjutan |
|
|
114. Model rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) terletak pada alur pelaksanaan
tindakan yang dilakukan. Hal
ini sekaligus
menjadi penanda atau ciri khusus yang
membedakan PTK dengan jenis
penelitian
lain. Adapun alur penelitian
tindakan yang dimaksud adalah
….
A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B. observasi --> perencanaan -->
pelaksanaan tindakan --> refleksi
C. refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
D. perencanaan --> observasi -->
pelaksanaan tindakan -->
refleksi
E. perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi -->
refleksi
115. Bu Zulaika hendak mengajukan proposal penelitian tindak kelas (PTK) dalam
rangka memperoleh dana bantuan yang diberikan oleh pihak sekolah, Langkah pertama yang ia lakukan adalah merumuskan judul PTK, yaitu: “Peningkatan
Hasil Belajar Peserta
Didik
Kelas XII dalam Materi Pernikahan melalui Penerapan
Metode Diskusi”. Kemudian ia
menyusun
proposal lengkap dan mengajukannya ke sekolah.
Setelah proposal diseleksi dan dinyatakan diterima, serta dana
penelitian sudah
dicairkan,
ia bermaksud akan melaksanakan
penelitian
sesuai
dengan
proposal yang telah disusunnya. Tetapi ia mengalami masalah serius karena ia
tidak dapat melaksanakan penelitiannya
dikarenakan ia tidak menemukan masalah
seperti yang dimunculkan
dalam proposal penelitiannnya tersebut.
Manakah pernyataan-pernyataan di bawah
ini
yang diduga kuat sebagai penyebab
masalah yang dihadapi oleh Bu Zulaika di
atas?
A.Jumlah dana
penelitian yang
diberikan sekolah ternyata tidak sesuai
dengan
kebutuhan dana yang diajukan.
B. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan Bu Zulaikha tersebut tidak dilakukan secara
berkolaborasi dengan
mitranya.
C. Penyusunan proposal penelitian
tindakan kelas tersebut tidak diawali dengan identifikasi dan perumusan
permasalahan
penelitian.
D. Judul
penelitian tindakan kelas
tersebut tidak menarik dan
menantang.
E. Sampel
yang dipilih dalam penelitian tersebut kurang tepat dan kurang memadai jumlahnya.
116.Peneliti tindakan
kelas setelah melakukan proses pengumpulan
data melalui observasi, wawancara dan telaah dokumen-dokumen yang
relevan dengan
penelitiannya akhirnya
memperoleh
data yang
sangat banyak. Dari
data
yang banyak tersebut kemudian dipilah-pilah dan dipilih mana data yang yang
relevan dengan masalah yang diteliti dan mana yang tidak relevan. Data kuantitatif disusun dalam bentuk tabel sedangkan data kualitatif dinarasikan
agar memudahkan pembaca membaca data-data tersebut. Kegiatan terakhir yang
dilakukan peneliti
tersebut dalam analisis data penelitian
tindakan kelas dikenal dengan istilah….
A. reduksi data
B. display data
C. uji validitas data
D. verifikasi
data
E. uji reliabilitas data
117.
Karya Ilmiah
merupakan karya tulis yang dibuat
untuk
memecahkan suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya berisikan
data, fakta dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Pernyataan di bawah ini
merupakan ciri
karya tulis ilmiah, kecuali….
A.
Menggunakan
pola pikir ilmiah
B. Bersifat persuasif
C. Disusun
secara sistematis
D. Berdasarkan fakta hasil pengamatan/penelitian
E. Menggunakan bahasa indonesia ilmiah
118.
Bu Retno selaku guru Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti kegiatan pelatihan menulis di berbagai media
koran, mencoba menuliskan pengalaman-pengalamannya yang
menarik berkaitan dengan
mengatasi perilaku bullying (perundungan) di kalangan
para siswanya di sekolah. Hasil tulisannya
ternyata dimuat di sebuah media koran yang
ada di kota tempat ia mengajar. Betapa
senang dan bangganya tulisannya dimuat di
media koran tersebut. Berdasarkan pengalamannya tersebut Bu Retno terus mencoba menulis dan banyak di antara tulisannya
yang kemudian
di
muat
di media koran,
majalah dan tabloid. Ragam tulisan yang dihasilkan
bu Retno tersebut taermasuk
….
A. artikel
ilmiah
populer
B. artikel
ilmiah
C. makalah ilmiah
D. paper
ilmiah
E. opini ilmiah
119.Karya tulis dari suatu hasil penelitian atau ulasan tentang topik tertentu yang diterbitkan melalui jurnal ilmiah atau menjadi bagian
dari
prosiding. Termasuk dalam karya
tulis ilmiah jenis....
A. Artikel
B. Buku
C. Makalah
D.
Paper
E.
Skripsi
120. Segala keterangan yang dikemukakan dalam tulisan karya ilmiah adalah benar dan apa adanya sesuai dengan data dan fakta yang
diperoleh, hal ini merupakan salah satu ciri
karya ilmiah….
A. Bernas
B. Logis
C. Mendalam
D. Objektif
E. Sistematis
Selamat belajar teman Kerang,
Kerang sudah posting Soal Pretest Akidah Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, semoga
bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun
ini, aamin.
Silahkan Share dan subcribe biar
mempermudahkan sahabat Kerang dapat notififikasi terkait info baru soal-soal
PPG tahun ini..
Sebelum Kerang akhiri postingan
ini kami tak henti-hentinya mengajak sahabat-sahabat Kerang untuk terus
memberikan dukungan kepada situs https://kerang11-bio.blogspot.com/ dengan cara
bagikan atau share postingan ini. Terima kasih.
DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022
- Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022
- Contoh Soal Pretes Tes Karakteristik Pribadi 2022
- Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas
- Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPA
- Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPS
- Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022
- Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
- Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK
- Contoh Soal 1 Pretes Guru RA PPG KEMENAG
- Contoh Soal 2 Pretes Guru RA PPG KEMENAG
- Contoh Soal 1 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG
- Contoh Soal 2 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG
- Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak
- Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak
- Contoh Soal 3 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah AKhlak
- Contoh Soal 4 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak
- Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Matematika
Post a Comment for "Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 4"