Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas SD/MI
KISI-KISI MATERI PPG
Warta Tasela – Salam buat teman Kerang yang lagi
persiapan buat Tes Seleksi Pendaftaran Profesi Pendidikan Guru (PPG) Dalam
Jabatan Kemenag Tahun 2022. Postingan kali ini Kerang akan kasih bocoran untuk
Kisi-Kisi PPG Guru Kelas nih.. udah siap? Catat dan simak ya kisi-kisi pretesnya.
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
1 |
Pedagogik |
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual |
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya |
Menganalisis berbagai
aspek perkembangan peserta
didik berdasarkan ciri-cirnya. |
|
Pedagogik |
|
Mengetahui potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. |
Memetakanpotensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran |
|
Pedagogik |
|
Mengetahui kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. |
Menentukan kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran |
|
Pedagogik |
|
Mengetahui kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI. |
Mendiagnosis kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran |
2 |
Pedagogik |
Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik. |
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI. |
Menelaah prinsip-prinsip pembelajaran
yang mendidik, terkait lima mata pelajaran. |
|
Pedagogik |
|
Menguasai berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI. |
Menerapkan berbagai pendekatan pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran Menganalisis berbagai strategi
pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran. Menerapkan berbagai metode pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran |
|
Pedagogik |
|
Mennguasai pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI. |
Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas awal. |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
3 |
Pedagogik |
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan
yang diampu. |
Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. |
Menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum |
|
Pedagogik |
|
Mengetahui tujuan lima mata pelajaran SD/MI. |
Menentukan tujuan lima mata pelajaran SD/MI. |
|
Pedagogik |
|
Mengetahui pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai
tujuan lima mata pelajaran SD/MI |
Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI |
|
Pedagogik |
|
Menguasai materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. |
Menentukan materi lima mata pelajaran terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran. |
|
Pedagogik |
|
Memahami materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia SD/MI. |
Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan. Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan karakteristik peserta didik usia SD/MI. |
|
Pedagogik |
|
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian. |
Melakukan penyusunan indikator. Melakukan penyusunan instrumen penilaian |
4 |
Pedagogik |
Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik |
Memahami prinsip-prinsip perancangann pembelajaran yang mendidik. |
Mengurutkan
prinsip-prinsip perancangan
pembelajaran yang mendidik. |
|
Pedagogik |
|
Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran. |
Melakukan penyusunan komponen-komponen
rancangan pembelajaran. |
|
Pedagogik |
|
Menyusun rancangan
pembelajaran yang lengkap,
baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan. |
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam kelas. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di laboratorium, maupun lapangan. Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di lapangan. |
|
Pedagogik |
|
Memahami pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan. |
Menganalisis rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
|
|
kelas, lab, lapangan Melaksanakan rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di laboratorium. Melaksanakan rancangan pembelajarayang
lengkap untuk kegiatan di lapangan. |
|
Pedagogik |
|
Memahami media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran
secara utuh. |
Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta
didik untuk mencapai
tujuan pembelajaran secara utuh. Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai
tujuan pembelajaran secara utuh. |
|
Pedagogik |
|
Mengambil keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan situasi yang berkembang. |
Menerapkan pengambilan keputusan
transaksional dalam lima mata pelajaran. |
5 |
Pedagogik |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran. |
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. |
Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran. |
6 |
Pedagogik |
Memfasilitasi pengembangan Potensi peserta didik untuk meng- tualisasikan ber- bagai potensi yang dimiliki. |
Menyediakan berbagai
kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta Didik mencapai
prestasi belajar secara optimal. |
Menganalisis metode yang sesuai dengan ilustrasi proses pembelajaran di kelas. |
7 |
Pedagogik |
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik. |
Memahami berbagai
strategi berkomunikasi Yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan. |
Disajikan ilustrasi berupa proses diskusi, peserta dapat menentukan praktik komunikasi yang tepat sesuai dengan komunikasi tersebut |
|
Pedagogik |
|
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan Santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas sebagai undangan
kepada peserta didik untuk merespons,
(c) respons peserta didik, (d) reaksi guru |
Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan siswa membolos dan di dalam kelas. Peserta dapat mendiagnosis penyebab membolos |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
|
terhadap respon peserta didik, dan seterusnya. |
|
8 |
Pedagogik |
Menyelenggarakanp enilaiandan evaluasi proses danhasilbelajar. |
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI |
Mengemukakan
pengertian penilaian, pengukuran, tes, dan evaluasi dengankarakteristik lima matapelajaran SD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Menentukan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes dengankarakteristik lima matapelajaran SD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Mengklasifikasikan jenis dan bentuk penilaian karakteristik lima matapelajaranSD/MI |
|
Pedagogik |
|
Menentukanaspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima Mata pelajaran SD/MI. |
Memerinci aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar
sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI |
|
Pedagogik |
|
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar |
Menerapkan prosedur penilaian sikap sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Meneapkankan prosedur penilian pengetahuan sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Menerapkan prosedur penilaian keterampilan sesuai dengan
karakteristik lima matapelajaran SD/MI |
|
Pedagogik |
|
Mengembangkaninstrumenpenilaia ndan evaluasi proses danhasilbelajar. |
Menyusun kisi-kisi sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Menyusun Instrumen sikap sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Menyusun instrumen pengetahuan sesuai dengan
karakteristik lima matapelajaran SD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Menyusun instrumen keterampilan sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI |
|
Pedagogik |
|
|
Menganalisis instrumen penilaian secara kuanlitatif |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
Pedagogik |
|
|
Menganalisis instrumen penilaian secara kuantitatif |
|
Pedagogik |
|
Mengadministrasikan penilaian proses dan Hasil belajar secara berkesinambungan Dengan mengunakan berbagai instrumen. |
Menerapkan cara pengadministrasian penilaian sikap |
|
Pedagogik |
|
|
Menentukan cara pengadministrasian penilaian pengetahuan |
|
Pedagogik |
|
|
Menentukan cara pengadministrasian penilaian keterampilan |
|
Pedagogik |
|
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil Belajar untuk berbagai tujuan. |
Menganalisis hasil penilaian sikap |
|
Pedagogik |
|
|
Menganalisis hasil penilaian pengetahuan |
|
Pedagogik |
|
|
Menganalisis hasil penilaian keterampilan |
|
Pedagogik |
|
Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar. |
Menentukan Pencapaian kompetensi |
9 |
Pedagogik |
Memanfaatkan hasil penilaian dan Evaluasi untuk kepentingan pembelajaran. |
Menggunakan informasi hasil penilaian dan Evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar. |
Menyusun laporan hasil penilaian
berdasarkan ketuntasan belajar |
|
Pedagogik |
|
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan. |
Menyusun program remedial sebagai hasil dari penilaian dan evaluasi |
|
Pedagogik |
|
|
Melaksanakan program pengayaan sebagai hasil dari penilaian dan evaluasi |
|
Pedagogik |
|
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan. |
Mengkomunikasikanlaporan hasil penilaian dan evaluasi |
|
Pedagogik |
|
Memanfaatkan informasi hasil penilaiandan Evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan Kualitas pembelajaran. |
Menyusun program berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi |
10 |
Pedagogik |
Melakukantindakanr |
Melakukanrefleksiterhadappembel |
Menyusun program sebagai |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
eflektifuntukpening katankualitas pembelajaran. |
ajaran yang telah dilaksanakan. |
bagian dari peningkatan kualitas pembelajaran |
|
Pedagogik |
|
Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD/MI. |
Mengubah model pembelajaran dengan memadukan metode-metode atau teknik-teknik yang sesuai berdasarkan kesimpulan dari hasil refleksi yang dilakukan sebelumnya |
|
Pedagogik |
|
Melakukan penelitian tindakan kelasuntuk Meningkat kankualitas pembelajaran lima Mata pelajaran SD/MI. |
Mengaplikasi penelitian tindakan kelas lima matapelajaran SD/MI. |
|
Profesional |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
Memahami hakikat bahasa dan pemerolehan bahasa. |
Memecahkan hakekat bahasa Indonesia melalui ilustrasi kasus |
|
Profesional |
|
|
Mengemukakan hakekat pemerolehan bahasa melalui ilustrasi kasus |
|
Profesional |
|
Memahami kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia. |
Mengklasifikasikan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia melalui sebuah kasus |
|
Profesional |
|
|
Mengemukakan fungsi bahasa Indonesia
melalui sebuah kasus pada contoh kehidupan sehari-hari |
|
Profesional |
|
|
Menerapkan ragam bahasa Indonesia melalui pemaparan kasus |
|
Profesional |
|
Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa Indonesia sebagai
rujukan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. |
Mengkategorikan penggunaan huruf kapital yang benar dalam kalimat |
|
Profesional |
|
|
Menyusun huruf miring yang benar
dalam kalimat melalui ilustrasi. |
|
Profesional |
|
|
Mengurutkan kalimat yang menggunakan lambang bilangan yang benar melalui penyajian ilustrasi |
|
Profesional |
|
|
Menerapkan penggunaan tanda baca yang benar |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
|
|
melalui sajian kalimat . |
|
Profesional |
|
Memiliki keterampilan n berbahasa
Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis) |
Mengkategorikan menyimak sebagai sebuah keterampilan berbahasa |
|
Profesional |
|
|
Menkategorikan teknik pembelajaran menyimak melalui ilustrasi |
|
Profesional |
|
|
Menjelaskan hakekat berbicara di SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi melalui ilustasi |
|
Profesional |
|
|
Menerapkan teknik pembelajaran berbicara pada siswa kelas rendah dan kelas tinggi. |
|
Profesional |
|
|
Menegaskan keterampilan membaca di kelas tinggi dan rendah |
|
Profesional |
|
|
Menyimpulkan jenis-jenis membaca melalui
sebuah kasus |
|
Profesional |
|
|
Mengimplementasikan metode membaca permulaan dan lanjutan yang inovatif dan kreatif |
|
Profesional |
|
|
Menegaskan perbedaan menulis permulaan dan lanjutan |
|
Profesional |
|
|
Mengaplikasikan keterampilan menulis permulaan dan menulis lanjutan melalui ilustrasi |
|
Profesional |
|
Memahami teori dan genre sastra Indonesia. |
Menganalis hakekat sastra Indonesia |
|
Profesional |
|
|
Menganalisis jenis-jenis sastra Indonesia |
|
Profesional |
|
Mampu mengapresiasi karya sastra Indonesia, secara reseptif dan produktif. |
Mengisi puisi yang rumpang |
|
Profesional |
|
|
Mengkategorikan amanat yang terkandung di
dalam cerita |
|
Profesional |
|
|
Menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama |
|
Profesional |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran |
Menguasai pengetahuan konseptual dan prosedural serta keterkaitan keduanya dalam konteks materi aritmatika, aljabar, |
Memerinci konsep bilangan bulat dalam pemecahan masalah (termasuk prima, FPB, KPK) |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
yang diampu. |
geometri, trigonometri, pengukuran, statistika, dan logika matematika. |
|
|
Profesional |
|
|
Menerapkan konsep relasi dan fungsi linear dalam pemecahan
masalah |
|
Profesional |
|
|
Melatih konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan
masalah |
|
Profesional |
|
|
Membedakan konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan
masalah |
|
Profesional |
|
|
Menggunakan konsep persamaan/pertidak-samaan kuadrat dalam pemecahan masalah |
|
Profesional |
|
|
Menerapkan Konsep sudut secara kontektual |
|
Profesional |
|
|
Memecahkan masalah yang berkaitan dengan Sifat-sifat bangun datar |
|
Profesional |
|
|
Menentukan bayangan
titik- titik terhadap Transformasi geometri sederhana (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi) |
|
Profesional |
|
|
Menganalisis masalah yang berkaitan dengan Pengukuran panjang, luas, keliling, volume, suhu, berat, kecepatan, dan debit |
|
Profesional |
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan statistika |
|
Profesional |
|
Mampu menggunakan matematisasi horizontal dan vertikal untuk menyelesaikan masalah matematika dan masalah dalam dunia nyata. |
Memecahkan matematisasi horizontal untuk menyelesaikan masalah matematika sosial dalam dunia nyata. |
|
Profesional |
|
|
Menggunakan matematisasi vertikal untuk menyelesaikan masalah dalam dunia nyata. |
|
Profesional |
|
Mampu menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam pemecahan masalah matematika, serta. penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. |
Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Aritmatika |
|
Profesional |
|
|
Menggunakan pengetahuan |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
|
|
konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Aljabar |
|
Profesional |
|
|
Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Geometri |
|
Profesional |
|
|
Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi pengukuran |
|
Profesional |
|
|
Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Statistika |
|
Profesional |
|
|
Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan keduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika |
|
Profesional |
|
Mampu menggunakan alat peraga, alat ukur, alat hitung, dan piranti lunak komputer. |
Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan |
|
Profesional |
|
|
Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran |
|
Profesional |
|
|
Menentukan alat Ukur dalam pembelajaran geometri dan pengukuran |
|
Profesional |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu. |
Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, nilai, dan keterampilan IPS. |
Memecahkan Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut |
|
Profesional |
|
|
Menegaskan Fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD (diberikan kasus contoh) |
|
Profesional |
|
|
Membedakan pengertian IPS dan Ilmu sosial |
|
Profesional |
|
Mengembangkan materi, struktur, dan konsep keilmuan IPS. |
Mengurutkan karakteristik pembelajaran IPS SD |
|
Profesional |
|
|
Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
Profesional |
|
|
Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD |
|
Profesional |
|
Memahami cita-cita, nilai,
konsep, dan prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan
dinamika kehidupan global. |
Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa. |
|
Profesional |
|
|
Mengurutkan perkembangan sejarah di Indonesia. |
|
Profesional |
|
|
Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi (diberikan soal kasus) |
|
Profesional |
|
|
Menemukan makna Bhineka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari |
|
Profesional |
|
|
Mengali pengamalan Butir- butir Pancasila |
|
Profesional |
|
|
Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia. (diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia) |
|
Profesional |
|
Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan perkembangan masyarakat serta saling ketergantungan global. |
Membuktikan potensi Sumber daya Alam di Indonesia (diberikan soal kasus) |
|
Profesional |
|
|
Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD |
|
Profesional |
|
|
Menemukan kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari. (diberikan soal kasus terkait kegiatan ekonomi) |
|
Profesional |
|
|
Menyimpulkan hubungan keragaman kenampakkaan alam dan buatan |
|
Profesional |
|
|
Memperjelas sistem adminitrasi wilayah Indonesia (diberikan contoh studi kasus) |
|
Profesional |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang |
Mengetahui gejala alam baik secara langsung
maupun tidak langsung. |
- Menelaah beberapa gejala alam biotik. - Merancang penelitian tentang gejala alam biotik -
Melakukan observasi |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
diampu. |
|
beberapa gejala alam biotik. - Menyusun laporan hasil observasi beberapa gejala alam biotik. - Menilai hasil
observasi beberapa gejala alam biotik. - Menelaah beberapa gejala alam abiotik. - Merancang penelitian tentang gejala alam biotik - Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik. - Menyusun laporan hasil observasi beberapa gejala alam abiotik. - Menilai hasil observasi beberapa gejala alam biotik - Menelaah gejala balam biotik dan abiotik |
|
Profesional |
|
Memanfaatkan konsep-konsep
dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari. |
- Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut menjaga, lingkungan alam sekitar. - Meningkatkan perawatan/pemeliharaan lingkunan alam sekitar. - Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut mengelola lingkungan alam. - Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut melestarikan lingkungan alam - Menciptakan ide-ide untuk memperbaiki
lingkungan alam sekitar. -
Menganalisis hukum- hukum ilmu pengetahuan alam yang bisa digunakan |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
|
|
dalam kehidupan sehari- hari. 1. Menerapkan hukum- hukum ilmu pengetahuan alam melalui contoh yang digunakan
dalam kehidupan sehari-hari. |
|
Profesional |
|
Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan
fungsional antar konsep, yang berhubungan
dengan mata pelajaran IPA. |
- Menganalisis hubungan fungsional antar konsep dengan mata pelajaran IPA. - Menerapkan mata pelajaran IPA dalam kehidupan sehari-hari. |
|
Profesional |
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung
mata pelajaran yang diampu. |
Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn. |
-
Menganalisis kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia. -
Menganalisis sikap-sikap positif yang perlu dikembangkan dalam konteks pembelajaran PKn -
Menerapkan sikap-sikap positif yang perlu dikembangkan melalui pendidikan PKn. -
Menunjukkan/menampilka n perilaku positif yang harus dikembangkan sesuai tuntutan pembelajaran PKn. |
|
Profesional |
|
Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. |
- Menganalisi prinsip kepribadian nasional. - Menerapkan prinsip kepribadian nasional - Menafsirkan demokrasi konstitusional Indonesia. - Menunjukkan contoh perilaku wujud semangat semangat kebangsaan dan cinta tanah air - Menunjukkan contoh |
No |
Kompetensi Utama |
Standar Kompetensi Guru (SKG) |
|
|
Kompetensi Inti Guru (KI) |
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (KD) |
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK) |
||
A |
b |
C |
D |
E |
|
|
|
|
implementasi bela negara sesuai ketentuan hukum di Indonesia. 1. |
|
Profesional |
|
Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan
hukum secara adil dan benar. |
- Menganalisis sprinsip- prinsip HAM. - Menerapkan prinsip HAM di Indonesia - Menunjukkan dasar hukum Internasional tentang pengakuan HAM sedunia. - Menganalisi penegakan hukum di Indonsia. Penerapan penegakan hukum di Indonesia |
|
Profesional |
|
Menguasai konsep,
prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia |
- Menganalisis asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia. - Menenerapkan asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia. - Menganalisis kewarganegaraan seseorang. - Menentukan kewarganegaraan seseorang. - Membangun nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia. - Menganalisis norma- norma dalam kehidupan di Indonesia. - Menerapkan norma- norma dalam kehidupan di Indonesia. - Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan kepada UUD RI 1945 - Menerapkan nilai moral melalui pendidikan kewararganegaraan |
Semoga
Postingan ini bisa membantu buat Sahabat Warta Tasela dan Kerang11. See next
time!!!
Post a Comment for "Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas SD/MI"