Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SOAL PRETEST BP PPG DALAM JABATAN KEMENAG 2022

SOAL PRETEST BP PPG DALAM JABATAN KEMENAG 2022



Assalamualaikum, salam sukses Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal 1 Pretest PPG BK 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).

Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu hehe. Berikut ini soal BP Kerang bagikan.


 1. Peserta didik sekolah menengah berada pada masa remaja. Pada masa ini perkembangan fisik berjalan sangat cepat dengan ditandainya ciri- ciri primer dan skunder. Di bawah ini yang merupakan ciri-ciri skunder pada remaja adalah ...............


a. Menstruasi pada remaja wanita

b. Mimpi basah pada remaja laki laki

c. Tumbuhnya jakun pada remaja laki-laki dan wanita

d. Perubahan suara menjadi semakin rendah-besar pada remaja laki- laki


2. Tina merupakan siswa kelas X di SMA Melati jurusan IPA, Sebenarnya Tina lebih suka jurusan Bahasa karena nanti Tina ingin menjadi seorang transleter profesional dengan kemampuan yang dimiliki, Tina masuk jurusan IPA karena mengikuti saran orang tua dan tidak ingin mengecewakan orang tua. Berdasarkan cerita tersebut, apa yang dialami oleh Tina?


a. Identity Achievement

b. Identity Diffusion

c. Identity Foreclosure

d. Identity Moratorium



3. Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?


a. Pra Konvensional

b. Konvensional

c. Konservasi

d. Pasca Konvensional


4. Profil perkembangan agama peserta didik SMP dibawah ini yang paling tepat adalah:


a. Mengenali eksistensi sifat kemurahan dan keadilan Tuhan mulai dipertanyakan secara kritis dan skeptis

b. Mulai menemukan pegangan hidup yang definitif

c. Percaya bahwa Tuhan itu Ada tetapi tidak mau menjalankan perintahnya

d. Penghayatan  kehidupan  kegamaan  sehari-hari  dilakukan  atas pertimbangan iman dan taqwa


5. Profil Perkembangan intelektual SMA di bawah ini yang benar adalah


a. Kecakapan dasar khusus (bakat) mulai menunjukkan kecenderungan-kecenderungan lebih jelas

b. Kecakapan dasar umum (general intellegence) menjalani laju perkembangan yang terpesat

c. Sudah mampu mengoperasikan kaidah -kaidah logika formal

d. Mampu membuat generalisasi yang lebih konklusi dan komprehensif


6. Pemahaman terhadap tugas-tugas perkembangan sangat berguna bagi pengembangan progam BK karena ...........


a. Menjadi kriteria keberhasilan layanan bimbingan dan konseling

b. Membantu dalam menemukan dan menentukan tujuan progam BK,

c. Menentukan kapan waktu upaya bimbingan dapat dilakukan.

d. Semua jawaban benar


7. Kemampuan Remaja dalam mengambil keputusan merubahan sebuah hasil dari proses ............


a. Bersikap

b. Bertindak

c. Berfikir

d. Tidak ada jawaban yang benar


8. Peserta didik memperoleh pemaknaan, internalisasi atas standar kompetensi yang harus dikuasai sebagai bagian dari kemampuan dirinya pengertian internalisasi tujuan ...................


a. Pengenalan

b. Akomodasi

c. Tindakan

d. Berfikir


9. Riko merupakan remaja yang suka menolong temanya yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran dan kegiatan sosial. Pribadi Riko yang ramah, peduli membuat dia disukai teman-temanya. Apa yang dicerminkan oleh Riko dalam SKKPD merupakan capaian aspek perkembangan.........................


a. Kematangan Emosi

b. Kematangan Intelektual

c. Landasan Perilaku Etis

d. Kesadaran Tanggung Jawab Sosial.


10. Menurut Kohlberg tahap perkembangan moral pada usia remaja masuk pada tahap?


a. Pra Konvensional

b. Konvensional

c. Konservasi

d. Pasca Konvensional


11. Konseli memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. Perbedaan karakteristik konseli juga akan berpengaruh pada kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Untuk membantu konseli memenuhi kebutuhannya, guru BK perlu melakukan asesmen kebutuhan. Guru BK dapat melakukan asesmen kebutuhan dalam dua teknik, yaitu ......


a. Tes dan observasi

b. Inventory dan skala psikologis

c. Tes dan non tes

d. Tes psikologis dan non tes


12. Memberikan informasi tentang efektivitas progam sehingga dapat mengoptimalkan hasil, efisiensi, dan kualitas merupakan tujuan dilakukannya:


a. Evaluasi

b. Tes

c. Non Tes

d. Pengukuran


13. Perhatikan beberapa pernyataan dibawah ini:


1) Salah satu metode pengumpul data

2) Terstandar

3) Alat ukur yang objektif

4) Alat untuk menyimpulkan


1. Berdasarkan pernyataan di atas, manakah pernyataan yang tepat mengenai pengertian tes psikologi?


a. 1), 2) dan 4)

b. 2), 3), dan 4)

c. 1), 2) dan 3)

d. Semua jawaban benar


14. Jenis tes intelegensi yang digunakan untuk mengukur anak anak usia 5 – 11 tahun adalah.


a. Tes The Standard Progressive Matrices (SPM)

b. Tes The Colored Progressive Matrices (CPM)

c. Tes The Advanced Progressive Matrices (APM)

d. Tes The Middle Progressive Matrices (MPM)


15. Tes intelegensi yang dikembangkan oleh David Wechsler digunakan untuk orang dewasa adalah...


a. Tes WISC

b. Tes CFIT

c. Tes SPM

d. Tes WAIS


16. Observer tidak bisa melakukan observasi hanya secara tiba-tba dan tanpa perencanaan yang jelas, harus jelas apa tujuannya, bagaimana karakteristiknya, gejala-gejala apa saja yang perlu diamati, model pencatatannya, analisisnya, dan pelaporan hasilnya. Oleh karena itu observasi harus dilakukan secara :


a. Bertujuan dan tepat

b. Sistematis dan cermat

c. Sistematis dan bertujuan

d. Cermat dan tepat


17. Observee bisa jadi tidak mengetahui bahwa mereka sedang diobservasi, sehingga perilaku yang nampak diharapkan wajar atau tidak dibuat-buat merupakan kelebihan dari observasi yang dilakukan secara:


a. Partisipan

b. Kuasi Partispan

c. Non Partisipan

d. Alami


18. Wawancara sebagai alat untuk mengumpulkan data yang tidak bisa dilakukan dengan metode lain, maka wawancara berfungsi sebagai...


a. Metode pelengkap

b. Metode primer

c. Metode kriterium

d. Metode tersier


19. Sosiometri ditujukan untuk meneliti hubungan antara anggota kelompok dengan anggota lainnya dalam suatu kelompok. Dengan demikian sosiometri dapat digunakan untuk hal-hal berikut ini:


a. Mengetahui popularitas seseorang dalam kelompok

b. Menyelidiki kesukaan seseorang

c. Menyelidiki perilaku anggota kelompok

d. Menyelidiki ada tidaknya sikap dalam kelompok


20. Angket dan skala psikologis pada hakekatnya merupakan jenis instrumen yang berbeda, namun sering dianggap sama oleh sebagian oranc. Perbedaan angket dan skala psikologis terletak pada:


a. Data yang diungkap angket berupa konstrak psikologis, sedangkan skala psikologis mengungkap data faktual

b. Hasil data angket perlu dilakukan uji reliabilitas, sedangkan hasil data skala psikologis bisa langsung digunakan

c. Angket bisa digunakan untuk mengungkap banyak hal, sedangkan skala psikologis hanya mengungkap satu atribut tunggal

d. Angket digunakan untuk mengukur aspek afektif, sedangkan skala psikologis digunakan untuk mengukur aspek kognitif.


21. Pak Rudi sudah mengabdi menjadi guru BK selama 15 tahun, sebagai guru BK yang kekinian, pak Rudi selalu mengikuti perubahan jaman, awalnya pak Rudi memberikan layanan secara konvensional, sekarang beliau sudah memberikan layanan yang berbasis teknologi Informasi. Kemampuan Pak Rudi dalam pemanfaatan TI merupakan kompetensi:


a. Pribadi

b. Akademik

c. Sosial

d. Profesional


22. Contoh aplikasi online yang bisa dimanfaatkan oleh guru BK secara free dalam melakukan asesmen diantaranya adalah adalah :


a. Survey monkey

b. Qualtrics

c. Job Street.com

d. Google form


23. Ketika guru BK ingin melakukan asesmen berbasis TI dengan memanfaatkan media online misalnya pemanfaatan google form, survey monkey atau yang lainnya, hal dasar yang harus perhatikan terlebih dahulu oleh guru BK?


a. Memiliki akun gmail

b. Mampu membuat desainya

c. Menyiapkan intrumennya

d. Mampu membuat link dan menyebarkan ke siswa


24. Guru BK ingin melakukan need asesmen dengan aplikasi online sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya. Atas dasar tersebut maka yang dilakukan guru BK adalah:


a. Nirkertas

b. Ekonomis

c. Lebih efektif

d. Mempersingkat waktu


25. Bu susan sudah melakukan need assesmen berbasis online, menurut bu Susan dengan online asessmen maka turut membantu melestarikan lingkungan. Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru BK adalah:


a. Nirkertas

b. Lebih efektif

c. Mempersingkat waktu

d. Ekonomis


26. Hasil asesmen kebutuhan peserta didik menunjukan sekitar 15% peserta didik mengalami masalah yang harus segera diselesaikan. Sarana yang mendesak harus segera disiapkan guru bimbingan dan konseling atau konselor adalah:


a. Alat assessment

b. Ruang konseling

c. Laporan tes psikologi

d. Alat rekam dan sound system


27. Yang bukan termasuk aspek perkembangan sebagai dasar perumusan kebutuhan peserta didik untuk penyusunan program bimbingan adalah:


a. Landasan perilaku etis

b. Kematangan emosional

c. Perkembangan pribadi-sosial

d. Kesadaran tangung jawab


28. Identifikasi masalah konseling menunjukan data sebagai berikut.


1. Konseli belajar jika ada ulangan,

2. Mengerjakan PR jika disuruh

3. Lebih suka lihat media sosial dibanding belajar


2. Atas dasar tersebut yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling adalah:


a. Mengirim konseli ke dokter

b. Berharap guru mata pelajaran memberikan remidi

c. Membantu siswa meregulasi cara belajarnya

d. Memanggil orang tua untuk konseling


29. Hasil asesmen kebutuhan peserta didik menunjukan sekitar 75 % peserta didik membutuhkan keterampilan mencari kerja online. Bidang Layanan yang penting dan mendesak harus segera disiapkan guru bimbingan dan konseling adalah:


a. Pribadi

b. Sosial

c. Karir

d. Belajar


30. Hasil identifikasi peserta didik dalam satu kelas adalah


1. Siswa grogi bicara di depan umum

2. Pasif dalam dikusi

3. Bertanya jika ditunjuk


3. Atas dasar kebutuhan di atas maka yang dilakukan oleh guru BK adalah


a. Melakukan konseling

b. Memberikan materi tips percaya diri

c. Memberikan keterampilan asertif

d. Memaksa dia untuk berbicara di depan kelas setiap hari


31. Berdasarkan pada soal tersebut, layanan apa yang harus diprioritaskan?


a. Layanan Responsif

b. Layanan Dasar

c. Layanan peminatan dan Perencanaan individual

d. Dukungan sistem


32. Urutan layanan yang perlu diproritaskan berdasarakan kebutuhan peserta didik di atas adalah?


a. Layanan responsive – layanan dasar – layanan Peminatan dan perencanaan individual – dukungan sistem

b. Layanan dasar- layanan peminatan dan perencanaan individual – layanan responsive dan dukungan system

c. Layanan peminatan dan perencanaan individual – layanan dasar –

4. Layanan responsive

d. Dukungan sistem – layanan dasar – layanan responsif


33. Prasarana yang mendesak untuk segera dipenuhi agar progam BK bisa berjalan dengan optimal adalah?


a. Ruang konseling

b. Inventori studi habit

c. Inventori tugas perkembangan

d. sosiemetri


34. Aspek perkembangan dalam Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik yang paling dibutuhkan adalah


a. Pengembangan pribadi

b. Berperilaku etis

c. Kematangan emosi

d. Kematangan karier


35. Dasar untuk menentukan tujuan progam BK yang paling penting untuk diperhatikan oleh guru BK adalah?


a. Kebutuhan peserta didik

b. Masalah peserta didik

c. Kebutuhan lingkungan

d. a dan c benar

Selamat belajar teman Keran, Kerang sudah posting Soal Pretest PPG BK KEMENAG 2022 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin.

Silahkan Share dan subcribe biar mempermudahkan sahabat Kerang dapat notififikasi terkait info baru soal-soal PPG tahun ini..

Sebelum Kerang akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya mengajak sahabat-sahabat Kerang untuk terus memberikan dukungan kepada situs https://kerang11-bio.blogspot.com/ dengan cara bagikan atau share postingan ini. Terima kasih.

Salam Guru Profesional.

 KUNCI JAWABAN


DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022

1. Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

2. Contoh Soal Pretes Tes Karakteristik Pribadi 2022 

3. Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas

4. Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPA 

5. Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPS 

6. Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

7. Contoh Soal 2 PPG KEMENAG 2022 BK 

Post a Comment for "SOAL PRETEST BP PPG DALAM JABATAN KEMENAG 2022"