Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 4

 Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 4



Assalamualaikum, salam sukses Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Akidah Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).

Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu hehe. Berikut ini soalnya Kerang bagikan.

  

91.    Perhatikan pernyataan ciri pembelajaran holistik berikut ini!

(1) Tujuan  pembelajaran   holistik  adalah  terbentuknya  manusia  seutuhnya   dan masyarakat seutuhnya.

(2) Materi pembelajaran holistik mengandung kesatuan pendidikan jasmani-ruhani, mengasah kecerdasan intelektual-spritual-emosionalkesatuan materi pendidikan pribadi-sosial-ketuhanan.(3) Proses pendidikan holistik mengutamakan kesatuan kepentingan anak didik dan masyarakat.

(4) Evaluasi Pendidikan holistik mementingkan tercapainya perkembangan anak didik dalam bidang penguasaan ilmu.

(5) Media pembelajaran menekankan aspek psikomototik

 

Dari pernyataan tersebut yang merupakan pembelajaran holistik ditunjukkan nomor

A.   (1), (2) dan (3)

B.   (1), (2) dan (4)

C.   (1), (3) dan (4)

D.  (2), (4) dan (5)

E.   (3), (4) dan (4)

92.    Perhatikan konsep pembelajaran kontekstual dan futuristik berikut ini!

(1) Materi   pembelajaran   tidak   hanya   tekstual   melainkan   dikaitkan   dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari siswa

(2) Lingkungan keluarga, masyarakat, alam sekitar, dan dunia kerja menjadi basis pembelajaran

(3) Pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. (4) Pengetahuan menjadi dasar perubahan

(5) Anak lebih menyukai belajar sendiri dengan menggunakan alat komunikasi yang bisa menjangkau dunia yang tak terbatas.

(6) Anak harus diberi kebebasan untuk memilih metode dan teknik-tekniknya, untuk mereka   jalani   dan   pada   akhirnya   akan   mampu   menyiapkan   laporanDari pernyataan tersebut yang merupakan pembelajaran kontekstual dan futuristik ditunjukkan nomor

A.   (1) dan (2)

B.   (1) dan (3)

C.   (1) dan (5)

D.  (4) dan (5)

E.   (4) dan (6)

93.  Rancangan pembelajaran yang menggunakan teknologi dan informasi abad 21

digunakan media ….

A.   alat peraga

B.   komputer

C.   android

D.  smartphone

E.   web

94.  Perhatikan aplikasi kegiatan belajar (learning event) berikut ini!

 

Dalam kegiatan ini, guru membuka secara luas dan bervariasi kesempatan peserta didik   untuk   melakukan   pengamatan   melalui   kegiatan:   melihat,   menyimak, mendengar, dan membaca. Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan pengamatan, melatih mereka untuk memperhatikan (melihat, membaca, mendengar) hal hal yang penting dari suatu benda atau objek pendidikan agama Islam, misalnya, menyimak video qiraah atau film Islami.

 

Learning event ini termasuk pada unsur ….

 

A.  mengamati

B.  menanya

C.  mengumpulkan informasi D.  mengasosiasikan informasi E.  mengkomunikasikan hasil

 

95.  Perhatikan aplikasi kegiatan belajar (learning event) berikut ini!

 

Dalam kegiatan ini,  guru membuka kesempatan  secara luas kepada peserta didik untuk bertanya mengenai apa yang sudah dilihat, disimak, dibaca atau dilihat. Guru perlu membimbing peserta didik untuk dapat  mengajukan pertanyaan: pertanyaan tentang hasil pengamatan objek yang konkret sampai kepada yang abstrak berkenaan dengan fakta, konsep, prosedur, ataupun hal lain yang lebih abstrak. Pertanyaan yang bersifat faktual sampai kepada pertanyaan yang bersifat hipotetik.

 

Learning event ini termasuk pada unsur ….

 

A.  mengamati

B.  menanya

C.  mengumpulkan informasi D.  mengasosiasikan informasi E.  mengkomunikasikan hasil

 

96.    Guru   melaksakan   aktivitas   pembelajaran   yang   menekankan   pada   proses mengasosiasi   atau   memproses   informasi.   Tujuannya   untuk   menemukan keterkaitan satu informasi dengan informasi lainnya serta menemukan pola dari keterkaitan informasi dan bahkan mengambil berbagai kesimpulan dari kumpulan data yang telah ditemukan.

 

Learning event ini termasuk pada unsur ….

 

A.  mengamati

B.  menanya

C.  mengumpulkan informasi D.  mengasosiasikan informasi E.  mengkomunikasikan hasil

 

97. Diantara upaya guru untuk mengatasi masalah pembelajaran Aqidah Akhlak dengan pendekatan saintifik adalah melalui penerapan TPACK. TPACK memfasilitasi peserta didik untuk belajar secara langsung dan tidak langsung. Peserta didik tidak hanya bisa belajar melalui tatap muka, tetapi juga bisa belajar di   mana   saja   melalui   fasilitas   teknologi   yang   memadai.   Dalam   rangka mengajarkan materi-materi yang gaib dalam bidang Aqidah Akhlak, maka fokus yang dipelajari bisa merujuk pada objek-objek yang dapat dikaitkan dengan keberadaan yang gaib itu. Misalnya, mengajar materi tema Tuhan (Allah), maka pendekatannya tidak langsung menghadirkan Allah secara empirik, tetapi bisa membuat analogi-analogi yang bisa dikaitkan dengan keberadaan Tuhan.

      

Langkah yang tepat dalam penerapan TPACK pada pembelajaran adalah ….

 

A.   menanya,   mengamati, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan informasi, mengkomunikasikan hasil

B.   mengamati,  menanya,  mengumpulkan  informasi,  mengasosiasikan  informasi, mengkomunikasikan hasil

C.   mengamati,  menanya,  mengasosiasikan  informasi,  mengumpulkan  informasi,

mengkomunikasikan hasil

D.   mengamati,  menanya,  mengumpulkan  informasi,  mengkomunikasikan  hasil, mengasosiasikan informasi,

E.   menanya,  mengamati,  mengumpulkan  informasi,  mengkomunikasikan  hasil, dan mengasosiasikan informasi.

 

98. Dalam pembelajaran tahap ini, aktivitas guru bertumpu pada penyampaian informasi sebagai dasar bagi kegiatan berikutnya yaitu mengasosiasi atau memproses informasi. Tujuannya untuk menemukan keterkaitan satu informasi dengan  informasi  lainnya,  menemukan  pola  dari  keterkaitan  informasi  dan bahkan   mengambil   berbagai   kesimpulan   dari   kumpulan   data   yang   telah ditemukan. Langkah ini termasuk dalam penerapan pembelajaran abad 21 pada tahap ….

 

A.   mengamati

B.   menanya

C.   mengumpulkan informasi D.   mengasosiasikan informasi E.   mengkomunikasikan hasil

 

99.  Pak Rusdi selaku guru Akidah Akhlak menyelenggarakan kegiatan pembelajaran materi makna iman kepada malaikat pada kelas 7 SMP. Selepas melaksanakan pembelajaran  Pak  Rusdi  memberikan  tes  dengan  menggunakan  bentuk  soal uraian kepada peserta didik. Setelah para peserta didik selesai mengerjakan soal- soal yang diberikan, Pak Rusdi kemudian mengumpulkan pekerjaan para peserta didik tersebut, lalu ia mengoreksi dan memberikan skor atas jawaban para peserta didik sesuai dengan pedoman penskoran yang telah disiapkan. Kegiatan yang dilakukan Pak Rusdi termasuk termasuk kegiatan ….

A.     pengukuran pembelajaran

B.     penilaian pembelajaran C.     asesmen pembelajaran D.     evaluasi pembelajaran E.     appraisal pembelajaran

 

100.  Pak Salman setelah mengoreksi hasil ulangan harian yang ia lakukan pada kelas

11 SMA, ia mendapati salah seorang peserta didiknya mendapat skor 70. Berdasarkan hasil tersebut kemudian Pak Salman memberikan kegiatan remidial karena skor tersebut   masih di bawah KKM yang telah ditetapkan  yakni 80. Kegiatan yang dilakukan Pak Salman dengan tahapan seperti itu termasuk kegiatan….

A.     pengukuran pembelajaran

B.     penilaian pembelajaran

C.     asesmen pembelajaran

D.     evaluasi pembelajaran

E.     appraisal pembelajaran

 

101.  Pak Usman baru saja melaksanakan kegiatan pembelajaran tentang akhlak terpuji.

Kemudian ia hendak melakukan penilaian hasil belajar peserta didik untuk mengetahuai sejauhmana kemampuan mereka dalam mempraktikkan tata cara menghormati orang tua yang baru saja dibelajarkan tersebut. Teknik penilaian yang paling cocok digunakan oleh Pak Usman adalah….

A.     Tes unjuk kerja

B.     Penugasan C.     Tes lisan D.     Proyek

E.     Portofolio

 

102. Melalui pola pembelajaran hibrida yang memanfaatkan IT, seperti penggunaan perangkat komputer  atau  smartphone  yang  terkoneksi  pada  jaringan  internet  memberikan  peluang  seluas- luasnya bagi guru dan siswa untuk melakukan aktivitas belajar sambil melakukan aktivitas yang lainnya, termasuk rekreatif secara bersama-sama. Inilah yang dimaksud dengan pembelajaran...

A.  Multidimensi

B.  Multitasking

C.  Multidisipliner

D.  Multiinterdisipliner

E.  Multilearner

 

 

 

103. Hasil uji validitas soal tes hasil belajar yang dilakukan Bu Siti Aminah diperoleh data sebagai berikut.

 

No. Soal

Koefisien Korelasi

1

.036

2

.314

3

.267

4

.091

5

.259

6

.166

7

.421*

8

.158

9

.224

10

.306

 

Berdasarkan data di atas soal-soal yang dinyatakan valid menurut kriteria umum

adalah…..

A.     soal nomor 3, 5, 9

B.     soal nomor 2, 7, 10

C.     soal nomor 2, 5, 7

D.     soal nomor 3, 8, 10

E.     soal nomor 5, 9, 10


104.  Pada ulangan harian, Aminah mendapat skor 74 dari skor maksimum 80. Dengan menggunakan pendekatan penilaian beracuan patokan (PAK) dan dengan skala 0-

100. Berapa nilai yang diperoleh Aminah tersebut? A.   74

B.   83,5

C.   87,5

D.   92,5

E.    96,5

 

105.  Implementasi teori belajar sosial dalam pembentukan akhlak anak dapat dilihat dari proses belajar, dimana proses belajar menekankan pada konsep modelling. Umpan balik yang bersifat memperbaiki memiliki peran penting untuk membentuk perilaku yang diinginkan. Umpan balik ini bukan hanya ditujukan pada aspek-aspek yang benar pada penampilan, tapi yang lebih penting ialah ditujukan pada aspek-aspek yang salah pada penampilan. Secara cepat memberi tahu siswa tentang respon yang tidak tepat sebelum berkembang menjadi kebiasaan yang tidak diinginkan merupakan pengajaran yang baik. Model belajar ini termasuk belajar pada fase....

a.   Perhatian b.   Retensi

c.   Reproduksi d.   Penguatan e.   Motivasi

 

106.  Di bawah ini, contoh implementasi penggunaan Technological Pedagogical and Content

Knowledge (TPACK) yaitu....

A.  Guru memasukkan nilai siswa menggunakan microsoft exel agar sistematis dan mudah dalam proses pengolahannya

B.  Guru menyampaikan materi Akidah Akhlak menggunakan tayangan video pada slide power point

C.  Guru membuat soal evaluasi menggunakan microsoftword agar tertata rapi dan mudah digandakan

D.  Guru memberikan rangkuman materi pecahan dalam bentuk modul

E.  Guru mencatatkan materi keanekaragaman hayati dengan metode dikte

 

107. Peserta didik diera digital dapat menggunakan perangkat nirkabel bergerak (internet) sebagai media peralatan interaktif kapanpun dan dimanapun saat diperlukan. Hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital berbasis komputer yang disebut ..

A.  Interactive tools

B.  Situational tools

C.  Interacting with others

D.  Media tools

E.  Alternative tools

 

108.Pak Agus melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas sehingga dimungkinkan muncul berbagai alternatif pendapat. Kegiatan yang dilakukan Pak Agus tersebut merupakan implementasi model pembelajaran….

A.  Contextual Teaching and Learning

B.  Cooperative Learning

C.  Problem Based Learning


D.  Project Based Learning

E.  Role Playing

 

109.  Kemampuan untuk menciptakan, memiliki daya cipta atau mampu menciptakan sesuatu yang baru baik berupa gagasan maupun alat yang relatif  berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya dalam pembelajaran merupakan sikap kreatif guru ketika menyampaikan ilmu kepada siswa. Model yang sesuai dengan sikap kreatif memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar adalah….

A.  Contextual Teaching and Learning

B.  Cooperative Learning

C.  Problem Based Learning

D.  Project Based Learning

E.  Role Playing

 

110.      Perhatikan pernyataan berikut ini:

1.   Pembelajaran   kontekstual   peserta   didik   bersentuhan   langsung   dengan   obyek   belajar, sedangkan pembelajaran futuristik tidak bersentuhan langsung dengan obyek belajar

2.   Pembelajaran  kontekstual  sumber  belajar  menggunakan  media  elektronik,  pembelajaran futuristic sumber belajar menggunakan internet

3.   Pembelajaran   kontekstual   menggunakan   model   probelm   based   learning,   sedangkan pembelajaran futuristik menggunakan model blended learning

4.   Pembelajaran kontekstual mengutamakan keaktifan peserta didik, sedangkan pembelajaran futuristik mengutamakan keaktifan peserta didik dan guru

5.   Pembelajaran   kontekstual   menggunakan   pendekatan   inquiry,   pembelajaran   futuristik menggunakan pendekatan problem solving

Dari pernyataan di atas, manakah perbedaan pembelajaran kontekstual dengan futuristik yang benar....

A.  1

B.  2

C.  3

D.  4

E.  5

 

111.   Disajikan beberapa pernyataan sebagai berikut:

1.   Memotivasi siswa untuk memperbaiki meningkatkan prestasi

2.   Mencari faktor-faktor keberhasilan dan kegagalan seorang guru

3.   Mendapatkan data-data pembuktian tentang kemajuan siswa

4.   Mengetahui tingkat efektivitas metode pembelajaran

5.   Mengetahui kualitas kompetensi seorang guru

Dari pernyataan di atas yang termasuk tujuan evaluasi adalah...

A.  1, 2, 3

B.  1, 3, 4

C.  3,4, 5

D.  1,2,5

E.  2,3,4

 

 

 

 

 

 

113.Guru Aqidah Akhlak ditekankan untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas, karena dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas banyak manfaat yang akan dirasakan  oleh guru.

 

Di  antara manfaat  tersebut  adalah guru dituntut banyak membaca buku/literatur ataupun artikel-artikel hasil penelitian dan yang lainnya. Disamping itu, dengan melaksanakan penelitian tindakan kelas, guru juga terbiasa untuk menulis karya ilmiah dan mempublikasikannya.

Apa yang akan diperoleh guru Aqidah Akhlak seperti diuraikan di atas berarti penelitian

tindakan kelas memberikan manfaat bagi guru, yaitu ….

A.

membangun budaya akademik

 

B.

meningkatkan mutu pendidikan/pembelajaran

C.

guru    terbiasa    menyelesaikan    persoalan-persoalan    yang

dihadapi

dalam

 

melaksanakan proses pembelajaran di kelas

 

 

D.

guru akan terbantu dalam proses kenaikan pangkatnya

 

 

E.

guru akan mengembangkan profesinya secara berkelanjutan

 

 

 

 

114.    Model rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud adalah .

A.   observasi --> refleksi --> perencanaan -->  pelaksanaan tindakan

B.   observasi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> refleksi

C.   refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi

D.   perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi

E.    perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi

 

115.     Bu Zulaika hendak mengajukan proposal penelitian tindak kelas (PTK) dalam rangka memperoleh dana bantuan yang diberikan oleh pihak sekolah, Langkah pertama yang ia lakukan   adalah merumuskan judul PTK, yaitu: Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII dalam Materi Pernikahan melalui Penerapan Metode Diskusi. Kemudian ia menyusun proposal lengkap dan mengajukannya ke sekolah. Setelah proposal diseleksi dan dinyatakan diterima, serta dana penelitian sudah  dicairkan,  ia  bermaksud  akan  melaksanakan  penelitian  sesuai  dengan proposal yang telah disusunnya. Tetapi ia mengalami masalah serius karena ia tidak dapat melaksanakan penelitiannya dikarenakan ia tidak menemukan masalah seperti yang dimunculkan dalam proposal penelitiannnya tersebut.

Manakah  pernyataan-pernyataan  di  bawah  ini  yang  diduga  kuat  sebagai  penyebab masalah yang dihadapi oleh Bu Zulaika di atas?

A.Jumlah  dana  penelitian  yang  diberikan  sekolah  ternyata  tidak  sesuai  dengan kebutuhan dana yang diajukan.

B.  Penelitian tindakan kelas yang dilakukan Bu Zulaikha tersebut tidak dilakukan secara berkolaborasi dengan mitranya.

C.  Penyusunan  proposal  penelitian  tindakan  kelas  tersebut  tidak  diawali  dengan identifikasi dan perumusan permasalahan penelitian.

D.  Judul penelitian tindakan kelas tersebut tidak menarik dan menantang.

E.  Sampel  yang dipilih dalam penelitian tersebut kurang tepat dan kurang memadai jumlahnya.

 

 

 

116.Peneliti tindakan kelas setelah melakukan proses pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan telaah dokumen-dokumen yang relevan dengan penelitiannya  akhirnya  memperoleh  data  yang  sangat  banyak.  Dari  data  yang banyak tersebut kemudian dipilah-pilah dan dipilih mana data yang yang relevan dengan masalah yang diteliti dan mana yang tidak relevan. Data kuantitatif disusun dalam bentuk tabel sedangkan data kualitatif dinarasikan agar memudahkan pembaca membaca data-data tersebut. Kegiatan terakhir yang dilakukan peneliti tersebut dalam analisis data penelitian tindakan kelas dikenal dengan istilah….

A.     reduksi data

B.     display data

C.     uji validitas data

D.     verifikasi data

E.     uji reliabilitas data

 

117.  Karya   Ilmiah   merupakan   karya   tulis   yang   dibuat   untuk   memecahkan   suatu permasalahan dengan landasan teori dan metode-metode ilmiah. Biasanya berisikan data, fakta dan solusi mengenai suatu masalah yang diangkat. Pernyataan di bawah ini merupakan ciri karya tulis ilmiah, kecuali….

A.   Menggunakan pola pikir ilmiah

B.   Bersifat persuasif

C.   Disusun secara sistematis

D.   Berdasarkan fakta hasil pengamatan/penelitian

E.    Menggunakan bahasa indonesia ilmiah

 

118.  Bu Retno selaku guru Pendidikan Agama Islam setelah mengikuti kegiatan pelatihan menulis di berbagai media koran, mencoba menuliskan pengalaman-pengalamannya yang menarik berkaitan dengan mengatasi perilaku bullying (perundungan) di kalangan para siswanya di sekolah. Hasil tulisannya ternyata dimuat di sebuah media koran yang ada di kota tempat ia mengajar. Betapa senang dan bangganya tulisannya dimuat di media koran tersebut. Berdasarkan pengalamannya tersebut Bu Retno terus mencoba menulis  dan  banyak  di  antara  tulisannya  yang  kemudian  di  muat  di  media  koran, majalah dan tabloid. Ragam tulisan yang dihasilkan bu Retno tersebut taermasuk ….

A.   artikel ilmiah populer

B.   artikel ilmiah

C.   makalah ilmiah

D.   paper ilmiah

E.    opini ilmiah

119.Karya tulis dari suatu hasil penelitian atau ulasan tentang topik tertentu yang diterbitkan melalui jurnal ilmiah atau menjadi bagian dari prosiding. Termasuk dalam karya tulis ilmiah jenis....

A.  Artikel

B.  Buku

C.  Makalah

D.  Paper

E.  Skripsi

 

 

 

120. Segala keterangan yang dikemukakan dalam tulisan karya ilmiah adalah benar dan apa adanya sesuai dengan data dan fakta yang diperoleh, hal ini merupakan salah satu ciri karya ilmiah….

A. Bernas

B.  Logis

C.  Mendalam

D. Objektif

E. Sistematis

 

Selamat belajar teman Kerang, Kerang sudah posting Soal Pretest Akidah Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin.

 

Silahkan Share dan subcribe biar mempermudahkan sahabat Kerang dapat notififikasi terkait info baru soal-soal PPG tahun ini..

 

Sebelum Kerang akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya mengajak sahabat-sahabat Kerang untuk terus memberikan dukungan kepada situs https://kerang11-bio.blogspot.com/ dengan cara bagikan atau share postingan ini. Terima kasih.

DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022


Post a Comment for "Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 4"