Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas SD/MI

 KISI-KISI MATERI PPG

 MATA PELAJARAN GURU KELAS SD dan MI

 

Warta Tasela – Salam buat teman Kerang yang lagi persiapan buat Tes Seleksi Pendaftaran Profesi Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan Kemenag Tahun 2022. Postingan kali ini Kerang akan kasih bocoran untuk Kisi-Kisi PPG Guru Kelas nih.. udah siap? Catat dan simak ya kisi-kisi pretesnya.

   

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

1

Pedagogik

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek

fisik, moral,

spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual

Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar

belakang sosial-budaya

Menganalisis berbagai aspek perkembangan peserta didik berdasarkan ciri-cirnya.

 

Pedagogik

 

Mengetahui potensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.

Memetakanpotensi peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran

 

Pedagogik

 

Mengetahui kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.

Menentukan kemampuan awal peserta didik usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran

 

Pedagogik

 

Mengetahui kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran SD/MI.

Mendiagnosis  kesulitan peserta belajar usia sekolah dasar dalam lima mata pelajaran

2

Pedagogik

Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik.

Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan lima mata pelajaran SD/MI.

Menelaah prinsip-prinsip pembelajaran  yang mendidik, terkait lima mata pelajaran.

 

Pedagogik

 

Menguasai berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran SD/MI.

Menerapkan berbagai pendekatan pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran

 

 

Menganalisis berbagai strategi pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran.

 

Menerapkan berbagai metode  pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam lima mata pelajaran

 

Pedagogik

 

Mennguasai pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas-kelas awal SD/MI.

Menerapkan pendekatan pembelajaran tematis, khususnya di kelas awal.


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

3

Pedagogik

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran/bidang pengembangan yang diampu.

Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.

Menelaah prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

 

Pedagogik

 

Mengetahui tujuan lima mata pelajaran SD/MI.

Menentukan tujuan lima mata pelajaran SD/MI.

 

Pedagogik

 

Mengetahui pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI

Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan lima mata pelajaran SD/MI

 

Pedagogik

 

Menguasai materi lima mata pelajaran SD/MI yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.

Menentukan materi lima mata pelajaran terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.

 

Pedagogik

 

Memahami materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan yang dipilih dan karakteristik peserta didik usia SD/MI.

Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan pendekatan.

 

 

 

 

 

 

 

Menata materi pembelajaran secara benar sesuai dengan karakteristik peserta didik usia SD/MI.

 

Pedagogik

 

Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.

Melakukan penyusunan indikator.

Melakukan penyusunan instrumen penilaian

4

Pedagogik

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

Memahami prinsip-prinsip perancangann pembelajaran yang mendidik.

Mengurutkan prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.

 

Pedagogik

 

Mengembangkan komponen- komponen rancangan pembelajaran.

Melakukan penyusunan komponen-komponen rancangan pembelajaran.

 

Pedagogik

 

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam kelas.

 

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di laboratorium, maupun lapangan.

 

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di lapangan.

 

Pedagogik

 

Memahami pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan.

Menganalisis rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

 

 

kelas, lab, lapangan

 

Melaksanakan rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di laboratorium.

 

Melaksanakan rancangan pembelajarayang lengkap untuk kegiatan di lapangan.

 

Pedagogik

 

Memahami media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik dan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

 

Menggunakan media pembelajaran sesuai dengan lima mata pelajaran SD/MI untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.

 

Pedagogik

 

Mengambil keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran SD/MI sesuai dengan situasi yang berkembang.

Menerapkan pengambilan keputusan transaksional dalam lima mata pelajaran.

5

Pedagogik

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran.

6

Pedagogik

Memfasilitasi pengembangan Potensi peserta didik untuk meng- tualisasikan ber- bagai potensi yang dimiliki.

Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta

Didik mencapai prestasi belajar

secara optimal.

Menganalisis metode yang sesuai dengan ilustrasi proses pembelajaran di kelas.

7

Pedagogik

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan

peserta didik.

Memahami berbagai strategi berkomunikasi

Yang efektif, empatik dan santun, baik secara lisan maupun tulisan.

Disajikan ilustrasi berupa proses diskusi, peserta dapat menentukan praktik komunikasi yang tepat sesuai dengan komunikasi tersebut

 

Pedagogik

 

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan

Santun dengan peserta didik dengan bahasa

yang khas dalam interaksi pembelajaran yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik, (b) memberikan pertanyaan atau tugas

sebagai undangan kepada peserta

didik untuk merespons, (c) respons peserta didik, (d) reaksi guru

Disajikan ilustrasi tentang kebiasaan siswa membolos dan di dalam kelas. Peserta dapat mendiagnosis penyebab membolos


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

 

terhadap respon peserta didik, dan seterusnya.

 

8

Pedagogik

Menyelenggarakanp enilaiandan

evaluasi proses danhasilbelajar.

Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI

Mengemukakan  pengertian penilaian, pengukuran, tes, dan evaluasi dengankarakteristik lima matapelajaran

SD/MI

 

Pedagogik

 

 

Menentukan penilaian, pengukuran, evaluasi, dan tes dengankarakteristik lima matapelajaran SD/MI

 

Pedagogik

 

 

Mengklasifikasikan jenis dan bentuk penilaian karakteristik lima matapelajaranSD/MI

 

Pedagogik

 

Menentukanaspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik lima

Mata pelajaran SD/MI.

Memerinci aspek-aspek penilaian proses dan hasil belajar  sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI

 

Pedagogik

 

 

Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi

proses dan hasil belajar

Menerapkan prosedur penilaian sikap sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI

 

Pedagogik

 

 

Meneapkankan prosedur penilian pengetahuan sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI

 

Pedagogik

 

 

Menerapkan prosedur penilaian keterampilan sesuai dengan karakteristik lima matapelajaran

SD/MI

 

Pedagogik

 

Mengembangkaninstrumenpenilaia ndan

evaluasi proses danhasilbelajar.

Menyusun kisi-kisi sesuai dengan karakteristik lima matapelajaranSD/MI

 

Pedagogik

 

 

Menyusun Instrumen sikap sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran SD/MI

 

Pedagogik

 

 

Menyusun instrumen pengetahuan

sesuai dengan karakteristik

lima matapelajaran SD/MI

 

Pedagogik

 

 

Menyusun instrumen keterampilan sesuai dengan karakteristik lima mata pelajaran

SD/MI

 

Pedagogik

 

 

Menganalisis instrumen penilaian secara kuanlitatif


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

Pedagogik

 

 

Menganalisis instrumen penilaian secara kuantitatif

 

Pedagogik

 

Mengadministrasikan penilaian proses dan

Hasil belajar secara berkesinambungan

Dengan mengunakan berbagai instrumen.

Menerapkan cara pengadministrasian penilaian sikap

 

Pedagogik

 

 

 

Menentukan cara pengadministrasian penilaian pengetahuan

 

Pedagogik

 

 

Menentukan cara pengadministrasian penilaian keterampilan

 

Pedagogik

 

Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil

Belajar untuk berbagai tujuan.

Menganalisis hasil penilaian sikap

 

Pedagogik

 

 

Menganalisis hasil penilaian pengetahuan

 

Pedagogik

 

 

Menganalisis hasil penilaian keterampilan

 

Pedagogik

 

Melakukan evaluasi proses dan hasil belajar.

Menentukan        Pencapaian kompetensi

9

Pedagogik

Memanfaatkan hasil penilaian dan Evaluasi untuk kepentingan pembelajaran.

Menggunakan informasi hasil penilaian dan

Evaluasi untuk menentukan

ketuntasan belajar.

Menyusun laporan hasil penilaian berdasarkan ketuntasan belajar

 

Pedagogik

 

Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.

Menyusun program remedial sebagai hasil dari penilaian dan evaluasi

 

Pedagogik

 

 

Melaksanakan program pengayaan sebagai hasil dari penilaian dan evaluasi

 

Pedagogik

 

Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan.

Mengkomunikasikanlaporan hasil penilaian dan evaluasi

 

Pedagogik

 

Memanfaatkan informasi hasil penilaiandan

Evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan

Kualitas pembelajaran.

Menyusun program berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi

10

Pedagogik

Melakukantindakanr

Melakukanrefleksiterhadappembel

Menyusun program sebagai


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

eflektifuntukpening katankualitas pembelajaran.

ajaran yang telah dilaksanakan.

bagian dari peningkatan kualitas pembelajaran

 

Pedagogik

 

Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan lima mata pelajaran SD/MI.

Mengubah model pembelajaran dengan memadukan metode-metode atau teknik-teknik yang sesuai berdasarkan kesimpulan dari hasil

refleksi yang dilakukan sebelumnya

 

Pedagogik

 

Melakukan penelitian tindakan kelasuntuk

Meningkat kankualitas pembelajaran lima Mata pelajaran SD/MI.

Mengaplikasi penelitian tindakan kelas lima matapelajaran SD/MI.

 

Profesional

Menguasai materi, struktur,

konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Memahami hakikat  bahasa dan pemerolehan bahasa.

Memecahkan hakekat bahasa Indonesia melalui ilustrasi kasus

 

Profesional

 

 

Mengemukakan hakekat pemerolehan bahasa melalui ilustrasi kasus

 

Profesional

 

Memahami  kedudukan, fungsi, dan ragam

bahasa Indonesia.

Mengklasifikasikan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia melalui sebuah kasus

 

Profesional

 

 

Mengemukakan fungsi bahasa Indonesia  melalui sebuah kasus  pada contoh kehidupan sehari-hari

 

Profesional

 

 

Menerapkan ragam bahasa Indonesia melalui pemaparan kasus

 

Profesional

 

Menguasai dasar-dasar dan kaidah bahasa

Indonesia  sebagai  rujukan penggunaan

bahasa Indonesia yang baik dan benar.

 

 

 

Mengkategorikan penggunaan huruf kapital yang benar dalam  kalimat

 

Profesional

 

 

Menyusun huruf miring yang benar dalam kalimat melalui ilustrasi.

 

Profesional

 

 

Mengurutkan kalimat yang menggunakan lambang bilangan yang benar melalui penyajian ilustrasi

 

Profesional

 

 

Menerapkan penggunaan tanda baca yang benar


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

 

 

melalui sajian kalimat .

 

Profesional

 

Memiliki keterampilan

n berbahasa Indonesia (menyimak, berbicara, membaca, dan

menulis)

Mengkategorikan  menyimak sebagai sebuah

keterampilan berbahasa

 

Profesional

 

 

Menkategorikan teknik pembelajaran menyimak melalui ilustrasi

 

Profesional

 

 

Menjelaskan hakekat berbicara di SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi melalui ilustasi

 

Profesional

 

 

Menerapkan  teknik pembelajaran berbicara

pada siswa kelas rendah dan kelas tinggi.

 

Profesional

 

 

Menegaskan keterampilan membaca di kelas tinggi dan rendah

 

Profesional

 

 

Menyimpulkan jenis-jenis membaca melalui sebuah kasus

 

Profesional

 

 

Mengimplementasikan metode membaca

permulaan dan lanjutan yang inovatif dan kreatif

 

Profesional

 

 

Menegaskan perbedaan menulis permulaan dan lanjutan

 

Profesional

 

 

Mengaplikasikan keterampilan menulis permulaan dan menulis lanjutan melalui ilustrasi

 

Profesional

 

Memahami  teori  dan genre sastra

Indonesia.

Menganalis hakekat sastra

Indonesia

 

Profesional

 

 

Menganalisis jenis-jenis sastra Indonesia

 

Profesional

 

Mampu mengapresiasi karya sastra

Indonesia, secara reseptif dan produktif.

Mengisi puisi yang rumpang

 

Profesional

 

 

Mengkategorikan amanat yang terkandung di dalam cerita

 

Profesional

 

 

Menentukan karakter tokohnya berdasarkan sajian tampilan drama

 

Profesional

Menguasai materi, struktur,

konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran

Menguasai pengetahuan konseptual dan

prosedural serta keterkaitan keduanya

dalam konteks materi aritmatika, aljabar,

Memerinci konsep bilangan bulat dalam pemecahan masalah (termasuk prima, FPB, KPK)


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

yang diampu.

geometri, trigonometri, pengukuran,

statistika, dan logika matematika.

 

 

Profesional

 

 

Menerapkan konsep relasi dan fungsi linear dalam pemecahan masalah

 

Profesional

 

 

Melatih konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah

 

Profesional

 

 

Membedakan konsep sistem persamaan linear dalam pemecahan masalah

 

Profesional

 

 

Menggunakan konsep persamaan/pertidak-samaan kuadrat dalam pemecahan masalah

 

Profesional

 

 

Menerapkan Konsep sudut secara kontektual

 

Profesional

 

 

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan Sifat-sifat bangun datar

 

Profesional

 

 

Menentukan bayangan titik- titik terhadap Transformasi geometri sederhana (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi)

 

Profesional

 

 

Menganalisis masalah yang berkaitan dengan Pengukuran panjang, luas, keliling, volume, suhu, berat, kecepatan, dan debit

 

Profesional

 

 

Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan statistika

 

Profesional

 

Mampu menggunakan matematisasi

horizontal dan vertikal untuk

menyelesaikan masalah matematika dan

masalah dalam dunia nyata.

Memecahkan  matematisasi horizontal untuk menyelesaikan masalah matematika sosial dalam dunia nyata.

 

Profesional

 

 

Menggunakan matematisasi vertikal untuk

menyelesaikan masalah dalam dunia nyata.

 

Profesional

 

Mampu menggunakan pengetahuan

konseptual, prosedural, dan

keterkaitan

keduanya dalam pemecahan masalah

matematika, serta. penerapannya

dalam

kehidupan sehari-hari.

Menguji pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan

keduanya dalam konteks materi Aritmatika

 

Profesional

 

 

Menggunakan pengetahuan


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

 

 

konseptual, prosedural, dan keterkaitan

keduanya dalam konteks

materi Aljabar

 

Profesional

 

 

Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan

keduanya dalam konteks materi Geometri

 

Profesional

 

 

Menerapkan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan

keduanya dalam konteks materi pengukuran

 

Profesional

 

 

Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan

keduanya dalam konteks

materi Statistika

 

Profesional

 

 

Menggunakan pengetahuan konseptual, prosedural, dan keterkaitan

keduanya dalam konteks materi Logika/Penalaran Matematika

 

Profesional

 

Mampu menggunakan alat peraga, alat

ukur, alat hitung, dan piranti lunak komputer.

Menentukan alat peraga dalam pembelajaran bilangan

 

Profesional

 

 

Mengklasifikasikan alat peraga dalam pembelajaran Geometri dan pengukuran

 

Profesional

 

 

Menentukan alat

Ukur dalam pembelajaran geometri dan pengukuran

 

Profesional

Menguasai materi, struktur,

konsep, dan pola

pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi keilmuan yang meliputi

dimensi pengetahuan, nilai, dan

keterampilan IPS.

Memecahkan  Pembelajaran IPS SD (diberikan kasus dalam pembelajaran, peserta dapat menyimpulkan pembelajaran dalam kasus tersebut

 

Profesional

 

 

Menegaskan Fokus utama kajian pembelajaran IPS di SD (diberikan kasus contoh)

 

Profesional

 

 

Membedakan pengertian IPS

dan Ilmu sosial

 

Profesional

 

Mengembangkan materi, struktur, dan

konsep keilmuan IPS.

Mengurutkan karakteristik pembelajaran IPS SD

 

Profesional

 

 

Mengurutkan ruang lingkup pembelajaran IPS SD


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

Profesional

 

 

Mengklasifikasikan tujuan IPS dalam pembelajaran di SD

 

Profesional

 

Memahami cita-cita, nilai, konsep, dan

prinsip-prinsip pokok ilmu-ilmu sosial dalam

konteks kebhinnekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global.

Menganalisis nilai kegunaan mempelajari sejarah Indonesia bagi siswa.

 

Profesional

 

 

Mengurutkan perkembangan sejarah di Indonesia.

 

Profesional

 

 

Menjelaskan hubungan pembelajaran sejarah dengan antropologi (diberikan soal kasus)

 

Profesional

 

 

Menemukan makna  Bhineka

Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari

 

Profesional

 

 

Mengali pengamalan Butir- butir Pancasila

 

Profesional

 

 

Mengemukakan suku bangsa yang ada di Indonesia. (diberikan kasus salah satu suku bangsa di Indonesia)

 

Profesional

 

Memahami fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan agama, dan

perkembangan masyarakat serta

saling

ketergantungan global.

Membuktikan potensi Sumber daya Alam di Indonesia (diberikan soal kasus)

 

Profesional

 

 

Merencanakan penggunaan ICT dalam pembelajaran IPS SD

 

Profesional

 

 

Menemukan kegiatan ekonomi dalam kehidupan sehari. (diberikan soal kasus terkait kegiatan ekonomi)

 

Profesional

 

 

Menyimpulkan hubungan keragaman kenampakkaan alam dan buatan

 

Profesional

 

 

Memperjelas sistem adminitrasi wilayah Indonesia (diberikan contoh studi kasus)

 

Profesional

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang

Mengetahui gejala alam baik secara langsung maupun tidak langsung.

-    Menelaah beberapa gejala alam biotik.

 

-    Merancang penelitian tentang gejala alam biotik

 

-   Melakukan observasi


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

diampu.

 

beberapa gejala alam biotik.

 

-    Menyusun laporan hasil observasi beberapa gejala alam biotik.

 

-    Menilai hasil  observasi beberapa gejala alam biotik.

 

-    Menelaah beberapa gejala alam abiotik.

 

-    Merancang penelitian tentang gejala alam biotik

 

-    Melakukan observasi beberapa gejala alam abiotik.

 

-    Menyusun laporan hasil observasi beberapa gejala alam abiotik.

 

-    Menilai hasil observasi beberapa gejala alam biotik

 

-    Menelaah gejala balam biotik dan abiotik

 

Profesional

 

Memanfaatkan konsep-konsep dan hukum-hukum ilmu pengetahuan alam dalam berbagai situasi kehidupan sehari-hari.

 

-    Menerapkan ilmu pengetahuan alam

dengan cara ikut menjaga,

lingkungan alam sekitar.

 

-    Meningkatkan perawatan/pemeliharaan lingkunan alam sekitar.

 

-    Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut mengelola lingkungan alam.

 

-    Menerapkan ilmu pengetahuan alam dengan cara ikut melestarikan lingkungan alam

 

-    Menciptakan ide-ide untuk memperbaiki  lingkungan alam sekitar.

 

-  Menganalisis hukum- hukum ilmu pengetahuan alam yang bisa digunakan


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

 

 

dalam kehidupan sehari- hari.

 

1. Menerapkan hukum- hukum ilmu pengetahuan alam melalui contoh yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Profesional

 

Memahami struktur ilmu pengetahuan alam, termasuk hubungan fungsional antar konsep, yang berhubungan dengan mata pelajaran IPA.

 

-     Menganalisis hubungan fungsional antar konsep dengan mata pelajaran IPA.

 

-     Menerapkan mata pelajaran IPA dalam kehidupan sehari-hari.

 

Profesional

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu.

Menguasai materi keilmuan yang meliputi dimensi pengetahuan, sikap, nilai, dan perilaku yang mendukung kegiatan pembelajaran PKn.

-  Menganalisis kedudukan Pancasila bagi bangsa Indonesia.

 

 

-  Menganalisis sikap-sikap positif yang perlu dikembangkan dalam konteks pembelajaran PKn

 

-  Menerapkan  sikap-sikap positif yang perlu dikembangkan melalui pendidikan PKn.

 

-  Menunjukkan/menampilka n perilaku positif yang harus dikembangkan sesuai tuntutan pembelajaran PKn.

 

Profesional

 

Menguasai konsep dan prinsip kepribadian nasional dan demokrasi konstitusional Indonesia, semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara.

 

-     Menganalisi prinsip kepribadian nasional.

 

-     Menerapkan prinsip kepribadian nasional

 

-     Menafsirkan  demokrasi konstitusional Indonesia.

 

 

 

 

-     Menunjukkan contoh perilaku wujud semangat semangat kebangsaan dan cinta tanah air

 

-    Menunjukkan contoh


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti

Guru (KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian

Kompetensi (IPK)

A

b

C

D

E

 

 

 

 

implementasi bela negara sesuai ketentuan hukum di Indonesia.

1.

 

Profesional

 

Menguasai konsep dan prinsip perlindungan, pemajuan HAM, serta penegakan hukum secara adil dan benar.

 

-     Menganalisis sprinsip- prinsip HAM.

 

-    Menerapkan prinsip HAM

di Indonesia

 

-     Menunjukkan dasar hukum Internasional tentang pengakuan HAM sedunia.

 

 

-     Menganalisi penegakan hukum di Indonsia.

 

Penerapan penegakan hukum di Indonesia

 

Profesional

 

 

Menguasai konsep, prinsip, nilai, moral, dan norma kewarganegaraan Indonesia yang demokratis dalam konteks kewargaan negara dan dunia

 

 

-     Menganalisis asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia.

 

-     Menenerapkan asas-asas kewarganegaraan yang dianut di Indonesia.

 

-     Menganalisis kewarganegaraan seseorang.

 

-     Menentukan kewarganegaraan seseorang.

 

-     Membangun  nilai-nilai kewarganegaraan Indonesia.

 

-     Menganalisis norma- norma dalam kehidupan di Indonesia.

 

-     Menerapkan  norma- norma dalam kehidupan di Indonesia.

 

-     Menganalisis moral warga negara melalui pendidikan kewarganegaraan yang berlandaskan kepada

UUD RI 1945

 

-     Menerapkan  nilai moral melalui pendidikan kewararganegaraan

 

Semoga Postingan ini bisa membantu buat Sahabat Warta Tasela dan Kerang11. See next time!!!

                                                                                                                                                        


 

Post a Comment for "Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas SD/MI"