Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak

 

Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak

 

Assalamualaikum, salam sukses Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Akidah Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).

Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu hehe. Berikut ini soalnya Kerang bagikan.

 

 

1.      Defenisi akhlak merupakan mediator yang menjembatani komunikasi antar Khaliq (pencipta) dengan makhluk (yang diciptakan) secara timbal balik yang kemudian disebut sebagai hablum minallah. Dari produk hablum minallah yang benar, biasanya lahirlah pola hubungan antar sesama manusia yang disebut dengan hablum minannas (pola hubungan antar sesama makhluk). Dalam perspektif lain,  akhlak dapat dipandang sebagai ilmu. Berikut adalah pernyataan yang tidak mencerminkan makna akhlak sebagai ilmu:

 

A.  ilmu tentang kebiasaan

B.  ilmu tentang manusia

C.  ilmu tentang baik dan buruk.

D.  ilmu tentang keutamaan atau sifat-sifat utama

E.  ilmu tentang tingkah laku buruk

 

2.      Akhlak  merupakan  salah  satu  realisasi  tauhid.  Seorang  yang  bertauhid  dan  baik akhlaknya berarti ia adalah sebaik-baik manusia. Semakin sempurna tauhid seseorang, maka semakin baik akhlaknya. Sebaliknya, jika seseorang memiliki akhlak yang buruk, maka berarti tauhidnya lemah. Pernyataan di atas menunjukkan bahwa….

 

A.  tauhid adalah keyakinan, sedangkan akhlak adalah perilaku

B.  antara tauhid dan akhlak memiliki hubungan yang erat

C.  akhlak adalah bukti dari kuat atau lemahnya tauhid seseorang

D.  akhlak dan tauhid memiliki kedudukan yang penting

E.  manusia yang mulia adalah yang baik akhlaknya

 

3.   Salah   satu   pondasi   terbentuknya   akhlak   mulia   adalah   kemampuan   seseorang menggunakan akalnya secara maksimal. Sebab, dengan akal manusia dapat membedakan yang baik dan buruk, dan selanjutnya menentukan pilihan yang tepat. Hal ini termasuk salah satu potensi terbentuknya akhak al karimah yang disebut….

 

A.  Quwwah al ghadab

B.  Quwwah al ‘ilmi

C.  Quwwah al ‘adl

D.  Quwwah al syahwah

E.  Quwwah al khuluq

 

3.      Akhlak mulia terbentuk ketika seseorang dapat melakukan penolakan terhadap sesuatu yang tidak disenangi dan mendapatkan kenikmatan yang bersifat batiniyah. Kemampuan ini disebut….

 

A.   Quwwah al ghadab

B.   Quwwah al ‘ilmi

C.   Quwwah al ‘adl

D.   Quwwah al syahwah


E.   Quwwah al khuluq

 

4.      Seseorang yang beramal shalil selalu  melakukan perbuatan baik sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Sunnah, ditujukan semata-mata untuk menunjukkan kepatuhan dan ketundukan kepada Allah, dilakukan secara terus menerus sekalipun dalam jumlah yang sedikit. Berdasarkan narasi tersebut tujuan utama amal shalih adalah….

 

A.  melaksanakan perintah Allah

B.  dilakukan secara kontinyu

C.  merujuk kepada Al-Qur’an dan Sunnah

D.  memperoleh pahala dari Allah

E.  melakukan perbuatan baik

 

6.   Amal shalih adalah amalan yang dilakukan dalam bingkai dengan iman, diawali dengan rencana (niat), dilakukan dengan sabar, serta akhirnya dapat menerima dengan   ridha apapun hasilnya sebagai keputusan dari Allah s.w.t. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dasar pokok amal shalih adalah…

 

A.  niat B.  sabar C.  ridha D.  iman E.  taqdir

 

7.   Asa, dulunya merupakan seorang guru honorer yang pada akhirnya ia berhasil mendirikan sebuah yayasan. Lewat yayasan yang didirikan tersebut, ia berhasil membiayai ratusan siswa yang kurang mampu dengan beasiswa penuh. Tidak hanya itu, lewat yayasannya juga ia telah mendirikan beberapa lembaga pendidikan. Keberhasilannya tersebut tidak serta merta terjadi begitu saja, Asa terus menyandarkan usahanya tersebut kepada Allah swt. Asa juga selalu giat bekerja dan memperbanyak jaringan sehingga bisa mewujudkan impiannya mendirikan yayasannya. Asa terkenal dengan sosok pribadi pekerja keras. Dalam  proses  mewujudkan  impiannya,  Asa  sering  mengalami  jatuh  bangun,  namun karena tekad kuat akan impiannya ia tidak pernah patah semangat. Ia berusaha dan terus berusaha..   Berkat   ketekunan   dan   ketelatenannya   akhirnya   ia   dapat   mewujudkan impiannya selama ini. Tidak hanya itu ia juga suka menolong kepada sesamanya dan sering bersedekah kepada orang yang kurang mampu.

Dari kisah inspiratif di atas manakah yang merupakan perwujudan pengamalan dari sikap tawakal dari Asa?

 

A. Asa terkenal dengan sosok pribadi pekerja keras.

B. Asa orang yang tekun dan telaten dalam membangun usahanya

C. Asa orang yang suka bersedekah kepada sesama

D. Asa terus menyandarkan usahanya tersebut kepada Allah swt.

E. Asa tidak pernah patah semangat Pantang menyerah dalam mewujudkan impiannya

 

8.    Nabi Saw bersabda ءايحلا  ملَسلْا  قلخو  ،اقلخ  نيد  لكل  نإ hadits ini memiliki makna Setiap agama mempunyai ciri khas akhlak, dan ciri khas akhlak Islam itu rasa malu” (H.R. Ibnu Majah). Dalam riwayat lain Nabi Saw juga bersabda   ريخب لاإ  يتأي لا  ءايحـلا   hadits ini memiliki makna  Malu tidak mendatangkan sesuatu kecuali kebaikan. (Shahîh: HR.al-


Bukhâri (no. 6117).   Dari kedua hadits tersebut jika diilustrasikan, manakah di antara pernyataan-pernyataan di bawah ini yang menggambarkan manfaat perilaku al-haya’ (malu) dalam kaitannya dengan pembentukan akhlak pribadi?

 

A.    Ainun  adalah  seorang  santri  di  Pondok  Pesantren  Nurul  Islam.  Ainun  dikenal sebagai salah satu santri yang alim dan beprestasi di pondok tersebut. Seperti fitrah manusia pada umumnya Ainun jatuh cinta kepada Yusuf, namun karena rasa takut berbuat maksiat yang lebih besar, dibanding rasa cintanya, Ainun memilih untuk memendam perasaannya tersebut.

B.    Ketika ujian akhir semester Rohma memilih untuk mengerjakan sendiri dan tidak mencontek temannya meskipun dia sadar akan  kemampuan  akademisnya  biasa- biasa saja, karena dia malu kalau dianggap temannya tidak pintar.

C.    Wilda belajar saat ada orangtuanya saja, namun ketika orangtuanya tidak ada di rumah Wilda bermalas-malasan.

D.    Ida anak seorang buruh tani. Penghasilan kedua orangtuanya hanya cukup untuk memenuhi kehidupan hidup sehari-hari saja. Di sekolah Ida bergaya layaknya anak seorang yang kaya raya karena malu jika teman-temannya tahu bahwa ia hanyalah anak seorang buruh tani.

E.    Andi, seorang mahasiswa rantau yang kuliah di sebuah Perguruan Tinggi. Pada akhir bulan jatah uang sakunya habis. Andi berpikir bagaimana cara mencari uang agar kehidupannya tetap berlangsung. Daripada mencuri akhirnya Andi tidak malu mengamen di jalanan.

 

9.    Nabi saw. bersabda Allah swt. berfirman, Demi kemuliaan dan keagungan-Ku, Aku tidak menghimpun 2 macam rasa takut pada diri hamba-Ku, dan Aku juga tidak menghimpun 2 macam rasa aman bagi dirinya. Jika dia merasa aman dari-Ku di dunia, maka Aku membuat takut pada hari kiamat, dan jika dia merasa takut kepada-Ku di dunia, maka Aku membuatnya merasa aman pada hari kiamat.” (Diriwayatkan Ibnu Hibban).

Apabila  hadis  di  atas  diilustrasikan,     jawaban   yang  menggambarkan  perbuatan

khauf/takut adalah….

A. Rijal, seorang ilmuwan yang mampu menciptakan alat yang diklaim mampu menyelamatkan manusia saat kiamat tiba, sehingga dia menjadi sombong dan tidak memiliki khawatir terhadap takdir masa depan.

B.  Wisnu merupakan pekerja kantoran namun memiliki konflik batin yang luar biasa. Ia memiliki  kecemasan   yang  tinggi,  sehingga  ia  selalu   was-was  dan   khawatir berlebihan terhadap semua pekerjaannya. Setelah ditelusuri ternyata ia seorang yang mudah iri/tidak senang apabila temannya sedang mendapat kebahagiaan.

C.  Ali adalah tipe suami yang takut pada istrinya. Suatu hari ia terlilit hutang yang menjadikan  ia  semakin   tertutup   dengan   istrinya.   Ketika  sudah   jatuh   tempo pelunasan, pihak bank terpaksa menyita beberapa barang berharganya yang mereka punya. Pada akhirnya sang istri sadar bahwa keterbukaan dengan pasangan sangat dibutuhkan untuk memecahkan masalah bersama.

D.  Syauqi seorang mahasiswa yang taat pada  nasihat orang tuanya. Salah satu nasihat yang  ia selalu  pegang  adalah bahwa  Allah swt.  selalu  mengawasi  setiap gerak- geriknya. Oleh karena itu ia selalu berhati-hati dalam bertindak dan terus berusaha memperbaiki diri.

E.  Dono mengikuti organisasi ke-Islam-an dengan alasan takut kepada Allah dan cinta

kepada Rasul, padahal organisasi tersebut termasuk ilegal karena tidak mendapat izin pemerintah dan dapat membahayakan persatuan negaranya. Namun ia tetap mantapdan bertahan karena menurutnya ia bisa mengembalikan kejayaan Islam dengan wadah organisasi tersebut, meskipun sudah banyak nyawa menjadi taruhan.

 

10.  Suatu hari,  ada seorang  wanita  yang melakukan  donor darah.  Selesai  donor wanita tersebut langsung pulang menaiki bus ke rumahnya. Namun dalam perjalanan, dirinya merasakan ada sesuatu hal yang aneh. Wanita tersebut merasa pusing dan dia langsung pingsan tak tersadarkan diri di dalam bus. Karena pingsan tersebut, uang serta barang- barang berharga miliknya keluar dan berhamburan kemana-mana. Tetapi situasi ini tidak membuat penumpang bus lainnya  bertindak jahat dengan mengambil barang-barangnya. Semua barang wanita itu dikembalikan tanpa ada yang kurang sedikitpun.

 

Dari kisah di atas, pelajaran apakah yang dapat kita petik?

A.  Jika orang itu berbuat kebaikan akan mendapat pahala berlipat dari Allah swt. B.  Mendonorkan darah adalah perbuatan yang mulia.

C.  Mendonorkan darah akan mendapat perlindungan dari Allah swt. D.  Berbuat kebaikan kepada sesama akan berbuah kebaikan pula.

E.  Jika kita selesai mendonorkan darah, harus berhati-hati agar tidak terjadi kasus seperti dalam kisah di atas.

 

11.  Karena perceraian orangtuanya, Zakaria hidup dalam keadaan kondisi batin yang selalu tidak baik. Ia memutuskan untuk tidak lagi bertemu dengan ayahnya. Namun, ketika hendak menikah, Zakaria berfikir sebaliknya, Zakaria menemui ayahnya untuk dapat hadir  dipernikahannya.  Zakaria  berfikir  bahwa  anak-anaknya  kelak  harus  melihat ayahnya memiliki hubungan baik dengan kakeknya. Dan ketika telah memiliki anak, Zakaria pun senang melihat hubungan mesra anak-anaknya dengan kakeknya. Kisah di atas menunjukkan manfaat dari bersikap…

 

A.  Optimis

B.  Memaafkan

C.  Tenggang rasa

D.  Hormat pada orangtua

E.  Berperasangka baik

 

12.  Pak Mahmud memiliki banyak teman dari berbagai agama, mulai dari Kristen, Katolik, Hindu dan Budha. Suatu saat salah seorang temannya yang berbeda agama dengannya meminta diberi pekerjaan oleh Pak Mahmud. Pak Mahmud pun memberikan sebuah pekerjaan kepada temannya itu sesuai dengan kompetensinya. Sikap Pak Mahmud di atas mencerminkan pengamalan nilai-nilai yang sesuai dengan sifat Allah….

 

A.  Al-Basith

 

B.  Al-Rahman C.  Al-Rahim D.  Al-Malik

E.  Al-Ghaffar

 

13. Pak Ahmad adalah seorang kepala sekolah. Suatu hari ada salah satu guru yang membutuhkan pertolongan beliau. Dengan senang hati Pak Ahmad membantunya. Pada hari yang lain tiba-tiba sekolah mengalami masalah yang cukup pelik. Sebagai kepala sekolah, Pak Ahmad berusaha mencari jalan keluar mengatasi masalah yang sedang terjadi.  Walaupun  badan  lelah,  kurang  istirahat,  dan  masalah  yang  dihadapi  tidakkunjung  usai,  Pak  Ahmad  tidak  pernah  mengeluh  dan  berputus  asa,  Pak  Ahmad menjalankan tugasnya dengan ikhlas dan sepenuh hati.

 

Perilaku Pak Ahmad seperti di atas, menunjukkan perilaku yang meneladani nilai-nilai asmaul husna yang mana?

 

A.   Ar-Rahim 

B.   Al-Quddus 

C.   Al-Malik

D.   Ar-Rahman

E.    Al- Ghaffar

 

14.  Di  dalam  Al-Quran  diungkapkan  begitu  banyak  hal  yang  bersifat  ghaib  serta mengungkap kajadian yang terjadi pada masa lampau. Seperti halnya peristiwa ditenggelamkannya  Raja  Firaun  di  laut  merah  dan  diselamatkan  badannya  dengan tujuan untuk memberi pelajaran kepada umat sesudahnya terkait sifat keji dan kesombongan Fir’aun karena silau dengan kekuasaannya. Sesuai dengan firman Allah, Maka hari ini Kami selamatkan tubuhmu supaya kamu menjadi pelajaran bagi orang- orang yang datang sesudahmu dan sesungguhnya kebanyakan dari manusia lengah dari tanda-tanda kekuasaan Kami.” (QS. Yunus [10]: 92).

 

Dari pemaparan kisah Fir’aun yang sesuai dengan firman Allah tersebut berarti termasuk bukti keotentikan Al-Quran ditinjau dari…

 

A.  Kebenaran sejarahnnya B.  Keindahan bahasanya C.  Kemukjizatannya

D.  Keunikan redaksinya

E.  Isi kandungannya

 

15. Pada suatu hari yang cerah, telah dilaksanakan acara pengajian Maulid Nabi Muhammad saw. dengan pembicara seorang kyai yang tersohor yang akrab di sapa Mbah Sholeh. Di luar prediksi panitia, saat pengajian berlangsung tiba-tiba awan mulai gelap yang tak lama kemudian hujan turun dengan lebat sehingga membuat para jamaah berhamburan untuk mencari tempat berteduh. Mengetahui hal tersebut, kemudian Mbah Sholeh mengajak para jamaah untuk mengaminkan doa yang di bacanya. Seketika itu juga hujan yang tadinya sangat lebat pelan-pelan reda dan berhenti tidak lama setelah Mbah Sholeh selesai berdoa.

Peristiwa seperti diuraikan pada kisah di atas dapat diidentifikasi sebagai ….

 

A.  Mukjizat B.  Karomah C.  Maunah

D.  Irhas

E.  Sihir

 

 

16. Sihir telah ada pada budaya masyarakat zaman lampau. Praktik sihir pun pernah marak pada masa Arab jahiliyah. Para tukang sihir masih ditemukan bahkan saat kenabian. Rasulullah SAW juga pernah diserang tukang sihir. Dalam hadis riwayat Imam Ahmad disebutkan, Zaid bin Arqam pernah mengisahkan jika seorang lelaki Yahudi menyihir Nabi SAW. Nabi pun mengeluh sakit beberapa hari. Kemudian, Jibril mendatangi Nabi dan berkata, "Seorang Yahudi telah  menyihirmu. Dia membuat  buhul di sumur ini. Utuslah seseorang untuk mendatangi sumur itu  dan mengambilnya." Rasulullah pun mengutus   seorang  untuk   mengeluarkan   buhul   itu.   Orang  itu   lantas   mendatangi Rasulullah SAW. Lalu, Nabi SAW mengurainya. Rasulullah berdiri seakan-akan bangkit dari  ikatan.  Beliau  tidak  menyebutkannya  kepada  orang  Yahudi  itu,  tidak  pula melihatnya sampai Nabi SAW meninggal dunia.

 

Oleh karena itu Islam melarang umat mempraktikkan sihir. Dalam pandangan Islam orang yang mempraktikkan sihir termasuk syirik karena….

 

A.  Sihir itu dapat membahayakan orang lain, membuat orang terkenan sihir dapat sakit badanya bahkan sampai meninggal dunia.

B.  Orang yang melakukan sihir itu menyalahi syariat Islam

C.  Sihir itu merupakan sebuah tipuan pandangan mata

D.  Orang melakukan sihir itu mendapat dosa besar

E.  Orang yang melakukan sihir mengaku mengetahui perkara yang ghoib.

 

17. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1.   Banyak orang belomba-lomba meninggikan bangunan.

2.   Banyak wanita yang memakai pakaian tetapi tidak menutup aurat.

3.   Di masyarakat banyak terjadi kasus pembunuhan.

4.   Datangnya Dadjal

5.   Sering terjadi bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan tanah lonsor,

6.   Semakin maraknya praktik riba di masyarakat.

7.   Munculnya matahari dari arah matahari terbenam.

8.   Turunnya Nabi Isa ke bumi.

9.   Tenggelamnya bumi bagian barat, timur serta jazirah Arab.

 

Manakah di antara penyataan-pernyataan di atas yang merupakan tanda-tanda kiamat sughra?

A.  1,2,3,4 dan 6

B.  1,2,3, 5, dan 6

C.  2,5,6,7 dan 8

D.  4,5,6,7 dan 8

E.  3,4,5,6, dan 9

 

18. Perhatikan pernyataan di bawah ini!

1.   Banyak wanita yang memakai pakaian tetapi tidak menutup aurat.

2.   Semakin meluasnya kebodohan di tengah-tengah masyarakat.

3.   Sering terjadi bencana alam seperti banjir, gempa bumi, dan tanah lonsor,

4.   Munculnya asap di timur dan barat.

5.   Datangnya Dadjal.

6.   Turunnya Nabi Isa ke bumi.

7.   Munculnya matahari dari arah matahari terbenam.

8.   Tenggelamnya bumi bagian barat, timur serta jazirah Arab.

 

Manakah di antara penyataan-pernyataan di atas yang merupakan tanda-tanda kiamat kubra?

A.  1,2,3,5 dan 6

B.  2,3,4,7 dan 8

C.  2,5,6,7 dan 8

D.  4,5,6,7 dan 8

E.  3,4,5,6, dan 7

 

 

 

19. Perhatikan kutipan ayat-ayat di bawah ini!


 


 

A.     Problematika kehidupan manusia di dunia

B.     Gambaran kehidupan manusia di alam barzah

C.     Kehidupan menjelang hari kiamat

D.     Kedahsyatan peristiwa hari kiamat

E.     Gambaran kehidupan di surge dan neraka

 

 

20. Seorang mahasiswi di sebuah Perguuruan Tinggi di Yogyakarta akan mengikuti wisuda priode  Agustus  2019.  Segala  macam  keperluan  wisuda  telah  ia  persiapkan  dengan matang, mulai dari atribut wisuda, studio untuk berfoto dan acara tasyakuran. Keesokan harinya ketika ia hendak menyebrang jalan menuju gedung tempat diselenggarakannya wisuda, tiba-tiba sebuah mobil melaju dengan kencang dan menabrak mahasiswi tersebut hingga tewas. Pelajaran apa yang dapat kita ambil dari kisah tersebut?

 

A.     Manusia hanya bisa berencana, tapi Allahlah yang berkehendak

B.     Maut  merupakan takdir mubramnya Allah yang tidak dapat dirubah oleh manusia

C.     Kejadian tersebut merupakan merupakan takdir muallaq Allah

D.     Hidup harus selalu kita pasrahkan kepada Allah sebagai pengatur kehidupan

E.     Kita harus selalu bersikap ikhlas dalam menerima takdir Allah

 

 

21. Nasehat ini selalu diajarkan Pak Ahmad kepada anak-anaknya. Agar seseorang menjadi pandai, sehat, dan hidup makmur maka harus berusaha meraihnya, bukannya pasrah menunggu nasib. Tidak mungkin seseorang menjadi pandai kalau malas belajar, tidak mungkin seseorang menjadi sehat kalau tidak mengkonsumsi makanan sehat dan berolahraga, dan tidak mungkin seseorang menjadi kaya kalau malas bekerja, namun ketiga hal tersebut belum menjadi hal mutlak karena adanya kehendak Allah Yang Maha Kuasa. Jadi, meskipun Allah swt.. telah menentukan segalanya, manusia tetap harus berusaha mengubah nasibnya. Nasihat Pak Ahmad kepada anak-anaknya tersebut didasarkan pada keyakinan akan adanya ….

 

A.   Ketentuan nasib 

B. Takdir Mualla

C. Takdir Mubra

D.   Qada

E.   Qodar

 

22. Allah swt. berfirman, Siapa saja yang diberi petunjuk oleh Allah, maka ia adalah pihak yang mendapat petunjuk; dan siapa saja yang disesatkan-Nya, maka kalian tidak akan mendapatkan seorang pemimpin pun yang dapat memberi petunjuk kepadanya,” (QS Al- Kahfi: 17). Allah swt. memberi manusia anugerah berupa akal, pikiran, dan kehendak. Selain itu, Allah swt. juga memberi dua petunjuk. Ada yang baik, dan ada pula yang buruk. Kemana pun ia hendak pergi, maka ia boleh memilihnya dari salah satu di antara kedua petunjuk itu.Manakah sikap hidup yang seharusnya dimiliki seseorang mensikapi ayat di atas?

 

A.   Pak Roy menjalani hidup secara mengalir” apa adanya karena ia yakin bahwa

segala sesuatu yang terjadi di dunia ini sudah takdir Allah.

B.   Nenek Qariah tidak dapat menerima kenyataan bahwa cucu kesayangannya lebih dulu meninggal daripada dirinya yang sudah tua.

C.   Dokter  tidak  bisa  menyelamatkan  nyawa  Amin  meskipun  sudah  berusaha  yang terbaik.

D.   Ibu Meli melahirkan seorang bayi perempuan meskipun ia berharap bisa melahirkan bayi laki-laki.

E.    Bu Fatimah suka mendengarkan nasihat-nasihat yang baik, atau membaca buku- buku agama dan terus berdoa kepada Allah, sehingga ia hidupnya lebih  terarah.

 

23. Di dalam Al-Quran kata Al-Qadar muncul dalam beberapa bentuk dan makna. Berikut beberapa bentuk dan makna tersebut, kecuali ….

 

A.   at-Tadyiq (menyempitkan)

B.   at-Ta’dhim (mengagungkan) 

C.   at- tathwir ( mengembangkan

D.   at-Tadbir (mengatur).

E.   at-Tahdid (membatasi).

 

24. Manusia bebas mempergunakan pikiran dan berbuat sendiri. Buruk dan baik nasib manusia, janganlah selalu dipertanggungjawabkan kepada Tuhan. Nasib manusia adalah di tangan mereka sendiri. Ha ini termasuk pemahaman ….

 

A.  Mu'tazila

B.  Jabariya

C.  Qadariyah

D.  Al- maturidiyyah

E.  Asyaariyyah

 

25. Makna al-Karîm adalah apabila berkuasa akan mengampuni, apabila berjanji akan menepati, apabila memberi akan memberi lebih dari yang diminta. Allah tidak pernah berhitung berapa dan kepada siapa yang diberi. Penjelasan tersebut merupakan pendapat….

 

A.  M. Quraish Shihab

B.  Umar Sulaiman al-Asyqar

C.  Imam Al_Ghazali

D.  Ibn Katsir

E.  Imam An-Nawawi

 

26. Penyingkapan hakikat kebenaran atau marifah kepada Allah tidak diperoleh melalui logika tetapi melalui hati yang bersih (suci).  Konsep tersebut termasuk penjelasan tentang tasawuf….

 

A.  Akhlaqi 

B.  Falsaf

C.  Irfani

D.  Salafi

E.  Amali

 

27. Tasawuf yang ajaran-ajarannya memadukan antara visi mistis dan visi rasional merupakan

tasawuf….

 

A.  Akhlaqi


B. Falsafi

C.  Irfani

D.  Salafi

E.  Amali

 

28. Pendapat  siapakah yang menyatakan bahwa tiada sesuatupun yang wujud kecuali Allah, sehingga manusia dan alam semesta semuanya adalah Allah ?.

 

A.  Abu Yazid Albusthami

B.  Al-Kindi

C.  Imam Al Ghazali

D.  Ibnu Arabi

E.  Alhallaj

 

29. Berikut adalah argumentasi yang menyatakan mengapa kata tasawuf diambil dari kata

Ahlu suffah (ةفصلا لها ):

A.  karena orang-orang yang ketika shalat selalu berada di shaf paling depan

B.  karena kelompok orang yang ahli hikmah dan suka mengasingkan diri dari masyarakat

C.  karena sekelompok orang pada masa Rasulullah yang hidupnya diisi dengan banyak beribadah dan berdiam diri di serambi-serambi masjid

D.  karena sekelompok orang yang meninggalkan dunia mementingkan akhirat

E.  karena kelompok orang sufi yang memakai baju dari wol

 

30. Akhlak adalah Keadaan jiwa yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan- perbuatan tanpa melalui pertimbangan pikiran (lebih dulu). Definisi akhlak tersebut merupakan pendapat dari ….

A.  Imam Ghazali

B.  Ibnu Miskawaih

C.  Ahmad Amin

D.  Abdullah Darroz

E.  Abd. Hamid Yunus

 

Selamat belajar teman Kerang, Kerang sudah posting Soal Pretest Akidah Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin.

 

Silahkan Share dan subcribe biar mempermudahkan sahabat Kerang dapat notififikasi terkait info baru soal-soal PPG tahun ini..

 


Sebelum Kerang akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya mengajak sahabat-sahabat Kerang untuk terus memberikan dukungan kepada situs https://kerang11-bio.blogspot.com/ dengan cara bagikan atau share postingan ini. Terima kasih.

Salam Guru Profesional.


DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022

Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

2.         Contoh Soal Pretes Tes Karakteristik Pribadi 2022 

3.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas

4.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPA 

5.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPS 

6.          Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

7.          Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK

8.          Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK

9.          Contoh Soal 1 Pretes Guru RA PPG KEMENAG

10.      Contoh Soal 2 Pretes Guru RA PPG KEMENAG

11.      Contoh Soal 1 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG

12.      Contoh Soal 2 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG

13.      Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak

 

 


Post a Comment for "Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak"