Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Olahraga


Assalamualaikum, salam sukses Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Olahraga 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).

Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu hehe. Berikut ini soalnya Kerang bagikan.


 1. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani yang bertujuan mengembangkan secara organik, neuromuskuler, intelektual dan emosional. Dengan demikian seyogyanya dalam tujuan pembelajaran penjas guru PJOK sebaiknya lebih fokus pada .....


A. Orientasi penilaian pada proses pembelajaran

B. Orientasi penilaian pada Hasil pembelajaran

C. Orientasi penilaian pada aktivitas gerak

D. Orientasi penilaian pencapaian prestasi olahraga

E. Orientasi penilaian pada sikap dan keterampilan


2. Pendidikan jasmani merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan melalui berbagai kegiatan jasmani sedangkan  pendidikan olahraga adalah …


A. Suatu Aktifitas yang besifat kompetitif

B. Aktifitas pembelajaran jasmani

C. Aktifitas motorik-motorik

D. Pendidikan jasmani

E. Pendidikan karakter yang mengutaman hasil.


3. Pendidikan jasmani adalah disiplin yang berorientasi tubuh atau fisik manusia, di samping berorientasi pada disiplin mental dan sosial, hal ini sesuai dengan orientasi pendidikan jasmani sesuai ....


A. Landasan sosiologis dalam pendidikan jasmani

B. Landasan etimologis dalam pendidikan jasmani

C. Landasan psikologis pendidikan jasmani

D. Landasan biologis bagi pendidikan jasmani

E. Landasan emosional bagipendidikan jasmani


4. Mengembangkan kepercayaan diri dan kemampuan untuk menguasai keterampilan gerak dasar yang akan mendorong partisipasinya dalam aneka aktivitas jasmani, merupakan salah satu tujuan pendidikan jasmani. Berikut contoh bentuk ativitas yang dapat diterapkan adalah ....


A. Sebagai anggota tim sepak bola memberikan kontribusi strategipermainan jika instrusikan.

B. Melakukan latihan memanah dengan sungguh-sungguh jika dimasukkandalam tim panahan.

C. Sebagai anggota tim futsal, berpartisipasi aktif, menggunakanketerampilan bermain, menerapkan strategi, dan semangat dalam permainan kasti .

D. Melaksanakan sungguh-sungguh kegiatan latihan dalam tim sepak bola bila diamati oleh guru.

E. Berpatisipasi aktif dalm kegiatan ektrakurikuler bela diri pencak silat


5. Pendidikan jasmani memiliki berbagai pengertian menurut pandangan berbagai ahli maupun organisasi. Pengertian pendidikan jasmani pada prinsipnya merupakan ….


A. Pendidikan olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya

B. Pendidikan olahraga yang membina dan mengembangkan olahragawan secara terencana berjenjang dan berkelanjutan

C. Pendidikan olahraga yang dilakukan atas dasar kecintaan atau kegemaran berolahraga

D. Bagian intergral dari pendidikan secara umum, yang direncanakan secara sistematik bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan individu secara organic, neuromuskuler, persepsual, kognitif, dan emosional, dalam kerangka sisitem pendidikan nasional

E. Bagian  intergral  dari  pendidikan  nasional,  yang  direncanakan  secara sistematik   yang berlangsung sepanjang hayat.


6. Yang Menjadi ciri pembeda antara pendidikan jasmani, dan olahraga kompetitif antara lain….


A. Pendidikan jasmani menitikberatkan pada sistem penilaian final score, sedangkan olahraga kompetitif gain score

B. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada anak (child oriented), sedangkan olahraga kompetitif pada materi latihan (subject oriented)

C. Pendidikan jasmani membentuk individu sesuai dengan kebutuhan fungsional cabang olahraga, sedangkan olahraga kompetitif tidak

D. Olahraga kompetitif selalu dipertandingkan, sedangkan pendidikan jasmani tidak boleh sama sekali ada pertandingan

E. Pendidikan jasmani memiliki fokus orientasi pada gerak (movement), sedangkan olahraga kompetitif orientasi pada cabang olahraga


7. Dalam PJOK kita kenal ada tiga konstruk yaitu; pendidikan Jasmani, pendidikan olahraga, dan pendidikan kesehatan. Pernyataan mengenai pendidikan kesehatan dibawah ini yang benar adalah:


A. Suatu upaya pendidikan untuk mencapai kesehatan lingkungan

B. Pendidikan yang mengutamakan kesehatan

C. Upaya mempelajari bagaimana menciptakan kesehatan diri

D. Suatu upaya atau kegiatan untuk mencipkatan perilaku masyarakat (di sekolah,  anak didik) yang kondusif untuk kesehatan

E. Pendidikan yang mengutamakan kesehatan fisik dan mental.


8. Olympism ditetapkan sebagai filosofi dan prinsip dasar,dengan demikian diskriminasi atau perbedaan terhadap ras, suku, agama, ideologi dan warna kulit harus dihindarkan dalam setiap gerakan olimpiade. Dengan demikian sejatinya olimpism mengandung tiga makna yaitu;Living excellence, Living Respect, dan Living Friendsip. Ungkapan sistem nilai yang mengandung makna antara laian ; Persahabatan, Berempati dan bersimpati kepada orang lain, Kerjasama, Saling memberi dan melayani, serta Saling mendukung merupakan implementasi dari makna ....


A. Living excellence

B. Living Respect,

C. Living Friendsip

D. Visioner

E. Peacefull


9. Menurut Internasional olimpik komite (IOC), ada tujuh nilai-nilai olympiade (olympism) sebagai filosofi, mengandung arti tidak ada pembedaan dalam hal; ras, suku, agama, ideologi & warna kulit, serta merupakan usaha untuk menciptakan perdamaian dunia. Komponen standar yang tidak termasuk sasaran pembentukan moral dalam Olympism adalah; .....


A. Kesempurnaan Dalam Performansi (Excellence in performance),

B. Berpartisipasi Dengan Kegembiraan & Kesenangan (Joy and pleasure in participation).

C. Mengutamakan prestasi dalam berkompetisi.

D. Rasa Hormat Terhadap Sesama (Respect for other nations, cultures, religions, races and individuals).

E. Pengembangan Kualitas Manusia (Human quality development).


10. Kegiatan jasmani dilakukan mengandung unsur permainan, perjuangan atau kompetisi baik dengan diri sendiri, orang lain maupun alam dan dilakukan secara sportif dan fair, merupakan ciri umum dari….


A. Pendidikan Olahraga

B. Pendidikan Jasmani

C. Penjasorkes

D. Olahraga Kompetitif

E. Pendidikan Kesehatan dan Rekreasi


11. Yang tidak termasuk tiga belas prinsip pokok dalam pendidikan jasmani menurut Zeigler untuk dapat meningkatkan kualitas hidup manusia adalah:


A. reversibility

B. overload

C. relaxation

D. recreation

E. bone density


12. Beberapa prinsip umum dalam memberikan pembelajaran pendidikan jasmani adalah kecuali:


A. Pendidikan jasmani pada hakikatnya adalah proses pendidikan yang memanfaatkan aktivitas fisik

B. Model pembelajaran  pendidikan  jasmani  harus  seimbang  antara terpusat pada guru dan pada siswa

C. Orientasi pembelajaran harus disesuaikan dengan perkembangan anak, isi dan materi serta cara penyampaian harus menarik dan menyenangkan

D. Pendekatan holistik tubuh-jiwa ini termasuk pula penekanan pada ketiga domain kependidikan: psikomotor, kognitif dan afektif.

E. Model pembelajaran pendidikan jasmani tidak harus terpusat pada guru tetapi pada siswa


13. Empat konsep komponen dalam memberikan materi PJOK di sekolah, kecuali:


A. Komponen an organik

B. Komponen neuromuskuler

C. Komponen intelektual

D. Komponen emosional

E. Komponen organik


14. Khusus untuk materi teknik dan taktik dasar, saudara harus memperhatikan tiga prinsip utama, adalah:


A. memulai materi dari yang paling mudah menuju ke yang paling berat

B. memulai materi dari yang paling ringan menuju ke yang paling berat

C. memulai materi dari yang paling mudah menuju ke yang yang paling kompleks

D. memulai materi dari yang paling enteng menuju ke yang paling kompleks

E. memulai materi dari yang paling ringan menuju ke yang sukar


15. Yang  bukan  tujuan  pendidikan  jasmani  yang  disampaikan  Bucher’s adalah:


A. Tujuan pengembangan memulai fisik, berkaitan dengan kegiatan program yang membangun kekuatan fisik secara individu melalui pengembangan dari berbagai sistem organ tubuh

B. Tujuan pengembangan motorik, berkaitan dengan menjadikan gagasan fisik bermanfaat dan dengan sedikit pengeluaran energi yang mungkin, dan estetika dalam gerakan ini.

C. Tujuan pengembangan mental, berkaitan dengan akumulasi dari tubuh pengetahuan dan kemampuan berpikir untuk menafsirkan pengetahuan

D. Tujuan pengembangan sensorik, berkaitan dengan membantu individu dalam membuat penyesuaian dengan lingkungannya.

E. Tujuan pengembangan sosial, berkaitan dengan membantu individu dalam membuat penyesuaian pribadi, kelompok sebagai anggota masyarakat.


16. Tiga orang siswa Bembeng, Bambang dan Bolang melakukan aktivitas jasmani. Bambang berlari, Bembeng mengayunkan kedua tangannya di atas balok keseimbangan, sedangkan Bolang lagi menggiring bola. Siapakah yang melakukan gerakan non lokomotor menurut saudara.


A. Bambang

B. Bembeng

C. Bolang

D. Bambang dan Bembeng

E. Bambang dan Bolang


17. Tatkala seorang siswa belajar menguasai teknik sepakbola, maka urutan yang paling baik dalam belajar adalah sebagai berikut:


A. heading-shooting-passing-dribbling

B. shooting-passing-dribbling-heading

C. dribbling-heading-passing-shooting

D. dribbling-passing-heading-shooting

E. heading-passing,dribbling-shooting


18. Teknik dasar dalam bermain bolavoli adalah, kecuali:


A. passing bawah, smash, block, dan servis

B. passing atas, smash, block, servis, passing bawah

C. servis, passing atas, jumping-block-tosser

D. smash, block, servis, dan passing atas

E. passing bawah, servis, block, dan smash



19. Tindakan guru dalam memberikan pelajaran PJOK di sekolah yang paling tepat adalah:


A. Menjalankan   pembelajaran   sesuai   dengan yang   tertera   dalam kurikulum

B. Memberikan pembelajaran sesuai dengan minat dan keinginan peserta didik

C. Memberikan  pembelajaran  sesuai  dengan  kebiasaan  masyarakat sekitar sekolah

D. Memberikan  pembelajaran  sesuai  dengan  sarana  dan  prasarana, perkembangan peserta didik, dan situasi serta kondisi di sekolah

E. Memberikan pembelajaran sesuai dengan budaya masyarakat


20. Mengajarkan teknik dasar untuk olahraga permainan seperti sepakbola, bolavoli, bolabasket, bulutangkis dan tenis meja adalah:


A. Mutlak harus dilakukan karena sudah termaktub di dalam kurikulum

B. Tidak mutlak karena bukan untuk tujuan prestasi dalam berolahraga

C. Boleh dilakaukan asalkan disesuaikan dengan kebijakan yang diambil oleh pimpinan sekolah

D. Harus dilakukan  namun  disesuaikan  dengan  tingkat  kemampuan peserta didik, situasi dan kondisi yang ada di sekolah

E. Harus dilakukan walaupun situasi dan kondisi kurang memndukung


21. Suatu aktivitas yang dilakukan dengan sukarela, tanpa paksaan dan dalam waktu luang adalah definisi dari


A. Olahraga

B. Rekreasi

C. Pendidikan jasmani

D. Bermain

E. Pendidikan Olahraga


22. Atletik adalah olahraga yang sangat populer dan mendunia. Terjemahan dari atletik itu sendiri adalah:


A. Track and event

B. Track and Field

C. Action of Show

D. Fitness and Fit

E. Performance show

23. Dilihat dari nomor dan gerak dari atletik sungguh komplek, sehingga atletik disebut juga sebagai  Mother of Sport, alasanya adalah karena ....


A. Atletik adalah olahraga yang paling unggul dan bergengsi dimata dunia.

B. Cabang olahraga atletik didalamnya terdiri dari unsur jalan, lari, lompat dan lempar yang kesemuanya merupakan dasar yang diperlukan dalam cabang olahraga lain

C. Merupakan induk dari olahraga tertentu yang yang diperlukan sebagai dasar atau fondasinya

D. Unsur yang ada dalam olahraga atletik merupakan refleksi dari olahraga yang dipertandingkan


24. Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti disebut . . . .


A. kebugaran jasmani

B. ketahanan tubuh

C. daya tahan tubuh

D. kekuatan tubuh

E. kekebalan tubuh



25. Pembelajaran kebugaran jasmani berguna terutama untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan yakni . . .


A. daya tahan kardiovaskular, komposisi tubuh, kelentukan,kekuatan dan daya tahan otot

B. kelentukan persendian, kelincahan, koordinasi dan power

C. kekuatan otot, dayatahan otot, kecepatan, dan keseimbangan

D. daya tahan, kelenturan, kecepatan, kekuatan, dan kelincahan

E. kecepatan, daya ledak, kelincahan, koordinaso, dan keseimbangan.



26. Kemampuan fisik seseorang dalam melaksanakan tugas sehari-hari ditentukan oleh tingkat kebugaran jasmani individu tersebut. Sedangkan daya ledak (power) ditentukan oleh kemponen kebugaran berupa....


A. kekuatan dan dayatahan otot

B. kekuatan dan kecepatan

C. kekuatan dan kelincahan jasmani

D. kekuatan dan kelentukan

E. kekuatan dan koordinasi



27. Gerak dasar pencak silat adalah suatu gerak terencana, terarah, terkoordinasi dan terkendali, yang mempunyai empat aspek sebagai satu kesatuan, aspek tersebut adalah ...


A. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan seni budaya.

B. mental spiritual, beladiri, kebugaran, dan aspek seni budaya

C. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan nasionalis

D. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan religius

E. mental spiritual, beladiri, olahraga, dan karakter bangsa


28. Komponen kebugaran dikelompokan menjadi dua, yang pertama kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan (physical fitness related health) dan kedua Kebugaran yang berhubungan dengan keterampilan (physical fitness related skill). Berikut ini adalah komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan, kecuali:


A. daya tahan jantung dan paru-paru (cardiorespiratory)

B. komposisi tubuh (body composition)

C. daya tahan otot (muscle endurance)

D. daya ledak (explosive power)

E. Kekuatan otot (muscle streght)


29. Pencak silat sebagai olahraga terlihat pada kompetisi. Aspek olah raga terlihat dari pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu. Oleh karenannya aspek kebugaran jasmani yang dominan dalam pertandingan pencak silat adalah...


A. kekuatan dan kecepatan

B. daya ledak dan kecepatan

C. kekuatan dan kelentukan

D. daya tahan dan kekuatan

E. kelentukan dan kelincahan


30. , Dibawah ini yang bukan teknik serangan dalam bela diri adalah teknik. . . .


A. pukulan

B. guntingan

C. tendangan

D. tangkapan

E. ungkitan


31. Gerakan yang mengharuskan tubuh membentuk tubuh lurus adalah:


A. Kayang dan split

B. Split dan salto

C. Sikap lilin dan guling ke belakang

D. Handstand dan headstand

E. Guling ke depan dan handstand


32. Macam-macam guling adalah kecuali:


A. Guling depan gulung, guling belakang gulung dan guling depang kangkang

B. Guling belakang lurus, guling depan kangkang dan guling depan lurus

C. Guling depan kangkang, guling belakang lurus dan guling depan lurus

D. Guling belakang gulung, guling belakang samping, dan guling depan lurus

E. Guling depan lurus, guling belakang kangkang dan guling belakang gulung


33. Yang termasuk gerakan split pada senam lantai adalah:


A. Split depan dan split samping

B. Split depan dan split belakang

C. Split belakang dan split kangkang

D. Split kangkang dan split depan

E. Split depan dan split belakang


34. Alat yang digunakan dalam senam irama (ritmit) adalah:


A. Tali, gada, pita, bola, tongkat dan pedang

B. Gada, simpai, tongkat, bola, dan pita

C. Topi, tali, tongkat, bola dan pita

D. Bola, simpai, tongkat, tali, dan pedang

E. Tali, gada, bola, pita dan tongkat


35. Mengapa dalam tahapan belajar renang pada setiap gaya urutannya adalah gerakan tungkai terlebih dahulu


A. Agar lebih mudah belajar renang

B. Tungkai merupakan bagian yang paling penting

C. Tungkai merupakan sumber penggerak utama yang memiliki tenaga yang besar tetapi perlu waktu lama untuk dikembangkan

D. Agar tungkai lebih maksimal

E. Semua jawaban benar




Selamat belajar teman Kerang, Kerang sudah posting Soal Pretest PJOK 2022 dan Kunci Jawaban, semoga bermanfaat dan sukses selalu dan dimudahkan semuanya hingga lulus PPG tahun ini, aamin.

 Silahkan Share dan subcribe biar mempermudahkan sahabat Kerang dapat notififikasi terkait info baru soal-soal PPG tahun ini..

 Sebelum Kerang akhiri postingan ini kami tak henti-hentinya mengajak sahabat-sahabat Kerang untuk terus memberikan dukungan kepada situs https://kerang11-bio.blogspot.com/ dengan cara bagikan atau share postingan ini. Terima kasih.

Salam Guru Profesional.


DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022

 

1.          Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

2.          Contoh Soal Pretes Tes Karakteristik Pribadi 2022 

3.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas

4.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPA 

5.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPS 

6.          Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

7.          Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK

8.          Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK

9.          Contoh Soal 1 Pretes Guru RA PPG KEMENAG

10.      Contoh Soal 2 Pretes Guru RA PPG KEMENAG

11.      ContohSoal 1 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG

12.      ContohSoal 2 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG


Post a Comment for "Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Olahraga"