Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

KISI-KISI MATERI PPG DALAM JABATAN KEMENAG TAHUN 2022 MATA PELAJARAN IPA

KISI-KISI MATERI PPG DALAM JABATAN KEMENAG TAHUN 2022
MATA PELAJARAN IPA



Warta Tasela – Salam buat teman Kerang yang lagi persiapan buat Tes Seleksi Pendaftaran Profesi Pendidikan Guru (PPG) Dalam Jabatan Kemenag Tahun 2022. Postingan kali ini Kerang akan kasih bocoran untuk Kisi-Kisi PPG Mata Pelajaran IPA nih.. udah siap? Catat dan simak ya kisi-kisi pretesnya.

 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti Guru

(KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

(IPK)

a

b

c

d

e

1.

Pedagogi

Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.

Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.

Mengaitkan aspek intelektual peserta didik dengan pemilihan skenario pembelajaran IPA.

2.

Pedagogi

 

Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta

didik dalam mata pelajaran yang diampu

Menentukan bekal ajar awal peserta

didik untuk membelajarkan salah satu topik IPA.

3.

Pedagogi

 

Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu

Menentukan kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA berdasarkan contoh kasus.

4.

Pedagogi

Menguasai teori belajar dan prinsip- prinsip pembelajaran yang mendidik.

Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

Menerapkan pendekatan pembelajaran yang tepat pada salah satu topik IPA.

5.

Pedagogi

 

 

Menerapkan strategi pembelajaran yang yang tepat pada salah satu topik IPA.

6.

Pedagogi

 

 

Menerapkan metode pembelajaran yang tepat pada salah satu topik IPA.

7.

Pedagogi

Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran yang diampu.

Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diampu.

Menentukan pengalaman belajar yang sesuai berdasarkan kegiatan pembelajaran IPA yang dilakukan.

8.

Pedagogi

 

Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.

Menentukan materi pembelajaran yang sesuai dengan  tujuan pembelajaran.

9.

Pedagogi

 

Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian

Menganalisis kebutuhan bentuk instrumen penilaian yang sesuai dengan indikator salah satu Kompetensi Dasar (KD).

10.

Pedagogi

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.

Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.

Mengaplikasikan salah satu prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.

11.

Pedagogi

 

Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium, maupun lapangan.

Merancang langkah pembelajaran yang lengkap dan baik dengan menggunakan salah satu model pembelajaran.

12.

Pedagogi

 

Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu

Menentukan jenis media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik salah satu materi pelajaran IPA.


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti Guru

(KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

(IPK)

a

b

c

d

e

 

 

 

untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh

 

13.

Pedagogi

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran.

Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.

Menerapkan salah satu jenis teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan dalam pembelajaran IPA.

14.

Pedagogi

Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi

yang dimiliki.

Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya

Merancang kegiatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas peserta didik.

15.

Pedagogi

Berkomunikasi secara efektif,

empatik, dan santun dengan

peserta didik.

Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik dengan bahasa yang khas dalam interaksi kegiatan/permainan yang mendidik yang terbangun secara siklikal dari (a) penyiapan kondisi psikologis peserta didik untuk ambil bagian dalam permainan melalui bujukan dan contoh, (b) ajakan kepada peserta didik untuk ambil bagian, (c) respons peserta didik terhadap ajakan guru, dan (d) reaksi guru

terhadap respons peserta didik, dan seterusnya.

Mengaplikasikan langkah pembelajaran yang membangun kondisi psikologis peserta didik untuk terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

16.

Pedagogi

 

 

Mengaplikasikan langkah pembelajaran sesuai respons peserta didik terhadap ajakan guru.

17.

Pedagogi

Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.

Mengaplikasikan salah satu prinsip penilaian dalam pembelajaran

IPA.

18.

Pedagogi

 

Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu

Menentukan aspek-aspek keterampilan  yang penting untuk dinilai sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan.

19.

Pedagogi

 

Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.

Mengembangkan instrumen penilaian aspek sikap sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan.

20.

Pedagogi

 

 

Mengembangkan instrumen penilaian aspek keterampilan sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang direncanakan.

21.

Pedagogi

 

 

Mengembangkan instrumen penilaian aspek pengetahuan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

22.

Pedagogi

Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan

Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan.

Merancang program remedial berdasarkan data hasil penilaian yang diperoleh peserta didik.


 

 

 

No

 

 

Kompetensi

Utama

Standar Kompetensi Guru (SKG)

 

 

Kompetensi Inti Guru

(KI)

 

Kompetensi Guru Mata Pelajaran

(KD)

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

(IPK)

a

b

c

d

e

 

 

pembelajaran.

 

 

23.

Pedagogi

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

Merumuskan masalah penelitian tindakan kelas berdasarkan hasil penilaian pembelajaran.

24.

Pedagogi

 

Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.

Merancang prosedur penelitian tindakan kelas berdasarkan contoh  permasalahan.

25.

Profesional

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung

mata pelajaran yang diampu.

Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar

(baku) dalam pengukuran

Menjelaskan prosedur pengukuran berbagai besaran turunan.

26.

Profesional

 

Memahami konsep pengukuran berbagai besaran yang ada pada diri, makhluk hidup, dan lingkungan fisik sekitar sebagai bagian dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan terstandar

(baku) dalam pengukuran

Mengklasifikasikan besaran fisika yang termasuk kelompok besaran vektor.

27.

Profesional

 

Memahami prosedur pengklasifikasian makhluk hidup

dan benda-benda tak-hidup sebagai

bagian kerja ilmiah,serta mengklasifikasikan berbagai makhluk hidup dan benda-benda tak-hidup berdasarkan ciri yang diamati.

Menentukan kriteria pengelompokkan makhluk hidup.

28.

Profesional

 

Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel.

Mengidentifikasi komponen penyusun sel

29.

Profesional

 

Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme, serta komposisi utama penyusun sel

Membedakan struktur sel prokariotik dan eukariotik.

30.

Profesional

 

Memahami karakteristik zat, serta perubahan fisika dan kimia pada

zat yang dapat dimanfaatkan untuk

kehidupan sehari-hari.

Mengklasifikasikan zat berdasarkan  sifatnya.

31.

Profesional

 

 

Menentukan sifat asam basa dari bahan-bahan kimia sehari-hari menggunakan indikator alam atau buatan.

32.

Profesional

 

 

Menjelaskan gejala-gejala yang menyertai reaksi kimia.

33.

Profesional

 

Mengenal konsep energi, berbagai sumber energi, energi dari makanan, transformasi energi, respirasi, sistem pencernaan makanan, dan fotosintesis

Menganalisis transformasi energi yang terjadi pada suatu benda

34.

Profesional

 

 

Menjelaskan tahapan proses respirasi  sampai menghasilkan


Untuk lebih lengkap nya bisa di download di bawah ini;

KISI - KISI PPG DALAM JABATAN MAPEL IPA

Semoga postingan ini bisa membantu sahabat Kerang dan Warta Tasela.

Post a Comment for "KISI-KISI MATERI PPG DALAM JABATAN KEMENAG TAHUN 2022 MATA PELAJARAN IPA"