Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 3

 Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 3

 


Assalamualaikum, salam sukses Sahabat Kerang., pada postingan kali ini Kerang bagikan Soal Pretest PPG Guru Akidah Akhlak 2022 dan Kunci Jawaban, soal ini dilengkapi dengan kunci jawaban sehingga sangat cocok digunakan untuk persiapan mengikuti seleksi akademik (Pretest).

Sebenarnya Soal Pretest ini terdiri dari banyak soal, karena keterbatasan waktu Kerang hanya share beberapa soal dan akan repost kembali di waktu senggang nanti, doain Kerang sehat selalu hehe. Berikut ini soalnya Kerang bagikan.

 

 

61. Pendapat siapakah yang menyatakan bahwa ilmu kalam adalah ilmu yang berisi alasan- alasan mempertahankan kepercayaan-kepercayaan iman dengan menggunakan dalil fikiran dan juga berisi tentang bantahan-bantahan terhadap orang-orang yang mempunyai kepercayaan-kepercayaan menyimpang ?.

A.  Raghib al-Asfahani

B.  Quraisy Syihab

C.  Ibnu Khaldun

D.  Al Maraghi

E.  Ibnu Arabi

 

62. Penjelasan berikut yang tidak termasuk ajaran-ajaran dalam Murji’ah adalah....

A.  iman hanya membenarkan (pengakuan) di dalam hati

B.  orang Islam yang melakukan dosa besar tidak dihukumi kafir

C.  seorang muslim  tetap mukmin selama ia mengakui dua kalimat syahadat

D.  hukum terhadap perbuatan manusia ditangguhkan hingga hari kiamat

E.  al-Quran adalah qadim dan bukan makhluk yang diciptakan Allah

 

63. Berikut yang tidak termasuk tokoh-tokoh khawarij  terpenting adalah....

A.  Abdullah bin Wahab al-Rasyidi

B.  Abu Musa Al-Asyari

C.  Urwah bin Hudair

D.  Mustarid bin Saad

E.  Hausarah al-Asadi

 

64. Ajaran yang berdasarkan 5 Prinsip pokok ajaran berikut: Tauhid (keesaan Allah),  Al-

Adl (keadilan Tuhan), Al-Wa’d wa al-Wa’id (janji dan ancaman),  Al-Manzilah baina al- Manzilatain (posisi di antara posisi),  Amar Maruf dan Nahi Munkar, adalah ajaran dari aliran….

A.  Asy'ariyah

B.  Ahlussunnal wal jamaah

C.  Murjiah

D.  Mu'tazilah

E.  Jabariyah

 

65. .يب دبع نظ دتع انا Hadis Qudsi tersebut menjelaskan tentang ….

A.  syukur kepada Allah

B.  cinta kepada Allah

C.  tawadhu‘

D.  husnuzzan kepada Allah

E.  qanaah

 

66. Islam berpandangan bahwa baik dan buruk itu adalah sesuai dengan kehendak Allah dan yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw. Beberapa kalangan pengkaji etika maupun akhlak  menklasifikasi beberapa ukuran baik dan buruk menjadi beberapa teori. Berikut salah satu dari teori -teori pengkaji etika maupun akhlak tentang klasifikasi ukuran baik dan buruk yang tidak sesuai dengan pandangan Islam adalah….

A. Humanisme B. Sosialisme, C.  Vitalisme

D.  Utilitarisme

E.  Hedonisme

 

67. Dalam QS Yunus: 22-23 Allah menggambarkan tentang perbuatan yang tidak terpuji dari hamba-hamba-Nya. Akhlak mazmumah seperti apa yang dilukiskan ayat tersebut adalah....

A.  sering hasud

B.  adu domba

C.  memfitnah

D.  menjelekkan satu kaum

E.  tidak bersyukur

 

68. Akhlak madzmumah adalah tingkah laku tercela atau perbuatan jahat yang merusak iman seseorang dan menjatuhkan martabat manusia. Akhlak tercela dapat diartikan sebagi

sikap dan perbuatan yang buruk menurut pandangan agama dan buruk menurut masyarakat pada umumnya. Penilaian suatu perbuatan harus didasarkan dua kekuatan tersebut. Jika salah satu saja yang dijadikan ukuran, maka kemungkinan apakah yang akan terjadi?

A.  muncul banyak kebohongan

B.  muncul keragaman pemahaman

C.  adanya kerancuan dalil

D.  akan muncul kedengkian

E.  akan muncul sikap dan tingkah laku yang apologis

 

69. Judi termasuk dari akhlak mazmumah. Larangan Judi difirmankan Allah dalam surat….

A.  al-Maidah : 90-91

B.  al-Isro': 23

C.  al mu'minum : 8

D.  al-mumtahanah :8-9

E.  al Baqarah : 67

 

70. Salah satu bahaya syirik yang dijelaskan dalam surat Ar Ruum ayat 31-32 adalah….

A.  memecah belah umat

B.  menyebabkan masuk neraka

C.  sumber ketakutan dan kecemasan

D.  sarang khurafat dan kebatilan

E.  kedzoliman yang besar

 

71. Rasulullah menjelaskan sesuatu yang paling dikhawatirkan untuk para sahabat adalah syirik kecil. Apakah yang dimaksud dengan syirik kecil itu?.

A.  menyembah patung

B.  menjadi munafiq

C.  memfitnah

D.  mengakui kekuatan selain Allah

E.  riya'

 

72. Berdasarkan dimensi tauhid, syirik terbagi dalam 3 bagian. Salah satu bentuk syirik tersebut adalah syirik yang menyamakan sifat Allah dengan sifat

makhluk, padahal Allah tidak sama dengan makhluk-Nya(laisa kamitslihi syaiun). Syirik semacam ini disebut....

A.  syirik dalam Uluhiyah

B.  syirik dalam Rububiyah

C.  syirik dalam Asma‘ dan Sifat

D.  syirik dalam perbuatan

E.  syirik dalam perkataan

 

73. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak pada anak usia antara 7-17 tahun dapat dipilih model pembelajaran berdasarkan teori perkembangan intelektual peserta didik adalah ….

A.  fisik dan psikomotorik

B.  kognitif dan afektif

C.  sensorik dan motorik

D.  kognitif dan psikomotorik

E.  afeksi dan psikomotorik

75.  Terjadi tawuran pelajar dewasa ini merupakan cerminan dari perilaku menyimpang anak.  Perkembangan moral adalah perkembangan yang berkaitan dengan aturan dan konvensi mengenai apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia dalam interaksinya dengan orang lain. Perilaku menyimpang tersebut disebabkan oleh ….

A.  lingkungan sekitar yang mempengaruhi

B.  perkembangan moral anak yang tidak berhasil

C.  orangtua yang abai terhadap anaknya

D.  pengakuan akan jati diri dan idola

E.  kurangnya perhatian dari sekeliling anak

 

76. Pendidikan tidak boleh menghasilkan manusia bermental benalu dalam masyarakat,  yakni  lulusan  pendidikan  formal  yang  hanya  menggantungkan  hidup pada  pekerjaan  formal  semata.  Pendidikan  selayaknya  menanamkan  kemandirian, kerja keras dan kreatifitas yang dapat membekali manusianya agar bisa survive dan berguna dalam masyarakat.

 

Menurut  teori  perkembangan  emosional,  perilaku  peserta  didik  yang  sesuai  di masyarakat adalah ….

 

A.  merasa nyaman, berkata sopan, berakhak karimah, dan bersemangat

B.  mandiri, kreatif, memecahkan masalah dan bersemangat

C.  kreativitas, problem solving, berpikir kritis dan berakhlakuk karimah

D.  suka menolong, berkata sopan, kratif dan berpikir kritis

E.  memecahkan masalah, menganalisis, evaluasi dan bersemangat

 

77. Menurut pada ahli, gaya belajar anak beragam. Hal ini dapat dipahami dari makna belajar. Belajar adalah proses interaksi antara stimulus dan respon. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, atau tidak kongkrit yaitu yang tidak dapat diamati. Jenis teori belajar ini adalah .

 

A.  Behavioristik

B.  Kognitif

C.  Konstruktivistik

D.  Humanistik

E.  Sosial

 

78.       Para  ahli  pendidikan  mengatakan  bahwa  belajar  tidak  sekedar  melibatkan hubungan antara stimulus dan respon. Belajar merupakan suatu bentuk teori belajar yang sering disebut sebagai model perseptual. Tingkah laku seseorang ditentukan oleh  persepsi  serta  pemahamannya  tentang  situasi  lainnya.  Dengan  demikian, belajar merupakan suatu proses genetik, yaitu suatu proses yang didasarkan atas mekanisme biologis perkembangan sistem syaraf. Hal ini sesuai dengan jenis teori belajar ….

 

A.  Behavioristik

B.  Kognitif

C.  Konstruktivistik

D.  Humanistik

E.  Sosial

 

79. Proses belajar yang menekankan pada pemberian makna oleh siswa kepada pengalamannya melalui proses asimilasi dan akomodasi yang bermuara pada pemutahkiran struktur kognitifnya, merupakan jenis teori belajar ….

 

A.  Behavioristik

B.  Kognitif

C.  Konstruktivistik

D.  Humanistik

E.  Sosial

 

80.            Menurut Jurgen Habermas, belajar baru akan terjadi jika ada interaksi antara individu dengan lingkungannya. Lingkungan belajar yang dimaksud di sini adalah lingkungan alam maupun lingkungan sosial, sebab antara keduanya tidak dapat dipisahkan, sehingga dikenal dengan belajar teknis. Hal ini termasuk jenis teori belajar

….

 

A.  Behavioristik

B.  Kognitif

C.  Konstruktivistik

D.  Humanistik

E.  Sosial

 

81.  Dalam pembelajaran, guru harus memberikan rangsangan kepada anak sebagai makhluk sosial. Dorongan rasa ingin tahu anak muncul dari fenomena dan pengalaman hidup bermasyarakat. Hal ini termasuk jenis teori belajar ….

 

A.  Behavioristik

B.  Kognitif

C.  Konstruktivistik

D.  Humanistik

E.  Sosial

 

82.  Pembelajaran  Abad  21  mengikuti  model  pengembangan  kemampuan  berpikir kritis, kreatif, inovatif dan kolaboratif. Guru bertugas mengembangkan rencana pembelajaran yang berbasis model tersebut. Upaya guru tersebut tertuang dalam

….

 

A.  Kompetensi Inti

B.  Kompetensi Dasar

C.  Indikator Pencapaian Kompetensi

D.  Srategi Pembelajaran

E.  Media pembelajaran

 

 

83.  Dalam kegiatan pembelajaran Akidah Akhlak, pengetahuan tentang kognisi yang merupakan  tindakan  atas  dasar  suatu  pemahaman,  digunakan  guru  dalam menjelaskan materi. Disamping itu kesadaran dan pengendalian berpikir, serta penetapan keputusan tentang sesuatu juga dibelajarkan oleh guru. Sebagai contoh memperbaiki hubungan pertemanan yang rusak, membuat karya tulisan, berpikir mengapa masih banyak orang yang melakukan dosa, dan lain-lain. Model pembelajaran ini menekankan pada pengembangan kemampuan ….

 

A.  berpikir kritis

B.  memecahkan masalah

C.  membangkitkan kreatifitas

D.  berpikir kreatif

E.  berpikir inovatif

 

84.  Jika jumlah peserta didik yang mengikuti remedial lebih dari 50%, maka tindakan yang  dilakukan  adalah  pemberian  pembelajaran  ulang  secara  klasikal  dengan model dan strategi pembelajaran yang lebih inovatif berbasis pada berbagai kesulitan belajar yang dialami peserta didik yang berdampak pada peningkatan kemampuan untuk mencapai kompetensi dasar tertentu. Model pembelajaran ini menekankan pada pengembangan kemampuan .

 

A.  berpikir kritis

B.  memecahkan masalah

C.  membangkitkan kreatifitas

D.  berpikir kreatif

E.  berpikir inovatif

 

85.  Pengetahuan pendidik tentang teknologi, pedagogi dan konten yang integratif dapat menjadi salah satu kemampuan dahsyat dalam implementasi pendidikan (kurikulum) masa kini (era digital). Ketika abai terhadap penggunaan teknologi, maka akan dipastikan pengembangan pendidikan akan stagnan dan tidak dapat menyesuaikan dengan pengembangan jaman. Upaya mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbasis TPACK dapat ditempuh melalui ….

 

A.  penggunaan strategi yang tepat

B.  pemanfaatn media yang sesuai

C.  instrument implementasi kurikulum dalam ekosistem pendidikan

D.  pengembangan sumber belajar yang memadai

E.  dukungan metode dan strategi yang sesuai dengan kompetensi

 

86.    Implementasi TPACK di ruang kelas memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, agak rumit dan membutuhkan kemampuan komputer. Beberapa cara yang bisa digunakan adalah ….

 

A.  memimjam perpustakaan

B.  memanfaatkan sumber belajar

C.  meminta siswa membawa dari rumah

D.  menggunakan aplikasi yang bertebaran di internet

E.  mengundang jasa layanan internet


87.    Pada abad 21 terjadi perubahan strategi pengajaran yang dilakukan oleh guru dari cara yang tradisional kini mengarah pada pendekatan digital yang dirasa lebih relevan dalam memenuhi kebutuhan siswa. Akan tetapi proses transisi dari lingkungan kelas yang menerapkan cara tradisional ke cara digital sangat bervariasi tergantung pada cara guru dan sekolah yang bersangkutan dalam merespon dan menyikapinya. Langkah-langkah penentuan pendekatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan tuntutan K-13 dan perkembangan abad 21 adalah ….

 

A.  fokus pembelajaran pada praktik belajar lebih dalam dan belajar kemitraan baru

B.  fokus pada materi yang ada dan mengembangkannya sesuai dengan KD

C.  pembelajaran tidak langsung dan bisa dilakukan dengan berbasis web

D.  pemanfaatan teknologi untuk mengganti guru dalam pembelajaran

E.  pembelajaran aktif, menarik, kreatif dan menyenangkan

 

88. Dukungan  infrastruktur  pembelajaran  berperan  penting  dalam  pencapaian kompetensi  abad  21.  Ruang  fisik  dimana  dan  kapan  siswa  melakukan  proses belajar menjadi faktor pendukung yang signifikan. Ruang fisik tidak mencakup ….

 

A.  aspek desain yang fleksibel

B.  fasilitasi keterhubungan yang konstruktif

C.  konfigurasi perpustakaan yang menjadi pusat belajar

D.  desain yang memudahkan berhubungan dengan dunia luar

E.  desain komunitas yang lebih terbatas

 

89.  Berdasarkan   rumusan KI, KD dan IPK guru dapat menentuakan sumber belajar konvensional dan sumber belajar berbasis IT. Sumber belajar yang berbasis IT memerlukan … guru.

 

A.  keterampilan

B.  kemauan

C. kemampuan D.  keberanian E.  komitmen

 

90.    Model pembelajaran aktif yang mengarahkan siswa untuk memahami konsep, arti, dan hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu kesimpulan adalah model pembelajaran ….

 

A.   Pembelajaran Kontekstual

B.   Pembelajaran Inkuiri

C.   Project Based Learning

D.  Problem Based Learning

E.   Discovery Learning


DAFTAR POSTINGAN TERKAIT PPG KEMENAG 2022

 

1.          Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

2.          Contoh Soal Pretes Tes Karakteristik Pribadi 2022 

3.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Guru Kelas

4.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPA 

5.          Kisi-Kisi Pretes PPG KEMENAG 2022 untuk Mapel IPS 

6.          Contoh Soal Pretes Pedagogik 2022 

7.          Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK

8.          Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Guru BK

9.          Contoh Soal 1 Pretes Guru RA PPG KEMENAG

10.      Contoh Soal 2 Pretes Guru RA PPG KEMENAG

11.      Contoh Soal 1 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG

12.      Contoh Soal 2 Pretes Guru PJOK PPG KEMENAG

13.      Contoh Soal 1 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak

14.      Contoh Soal 2 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah Akhlak

15.      Contoh Soal 3 Pretes PPG KEMENAG untuk Akidah AKhlak


Post a Comment for "Contoh Soal Pretes PPG KEMENAG 2022 Guru Akidah Akhlak 3"